VIDEO: Nathan Ake dan 4 Pemain Potensial yang Terbuang dari Premier League

Oleh Pradipta Rama Baskara pada 28 Jul 2020, 20:37 WIB
Diperbarui 28 Jul 2020, 20:37 WIB

Bola.com, Jakarta Kegagalan Bournemouth, Norwich City, dan Watford bertahan di Premier League tidak berarti pemain mereka punya kualitas buruk. Sebab, ada beberapa pemain yang terlalu bagus untuk bermain di level Championship. Salah satunya adalah Nathan Ake yang ikut terdegradasi dengan klubnya.

Liverpool pernah membeli Georginio Wijnaldum dan Andrew Robertson dari klub yang terdegradasi. Keduanya menghabiskan dana transfer mencapai 31 juta pounds. Mereka menjadi pilar penting di balik sukses The Reds dua musim terakhir.

Keputusan itu sempat dikritik oleh pendukung Liverpool. Pasalnya, baik Wijnaldum dan Robertson gagal membawa timnya bertahan di Premier League.

Namun, manajer Jurgen Klopp berhasil membuktikan bahwa pilihannya sudah tepat. Bukan tidak mungkin, lima pemain ini bisa mengulang hal serupa saat bergabung dengan tim Premier League musim depan.

Nathan Ake merupakan pemain paling konsisten sejak bergabung dengan Bournemouth sejak kepindahannya dari Chelsea. Pesepak bola asal Belanda itu sering diisukan dengan sejumlah klub besar seperti Manchester City dan Manchester United, namun ia memilih setia hingga akhirnya klubnya terdegradasi.

Nathan Ake memiliki kelebihan seperti Declan Rice dan Andreas Christiansen, yakni bisa bermain di sejumlah posisi, utamanya lini pertahanan. Ya, ia sanggup bermain sebagai gelandang bertahan, bek tengah, dan bek kiri.

Ketika dibeli dari Chelsea pada 2017, ia langsung menjadi pemain reguler dan tak pernah sekalipun absen di pentas Premier League. Kini Nathan Ake harus ikut terdegradasi bersama klubnya di Bournemouth.