Deretan Angka Jelang Duel Arsenal Vs Chelsea pada Final Piala FA

Oleh Rizki Hidayat pada 31 Jul 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 31 Jul 2020, 16:30 WIB
Piala FA - Arsenal Vs Chelsea - Head to Head Pelatih
Piala FA - Arsenal Vs Chelsea - Head to Head Pelatih (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, London - Arsenal dan Chelsea akan bersua pada laga final Piala FA di Stadion Wembley, Sabtu (1/8/2020) malam WIB. Bagi kedua tim, ini adalah pertemuan ketiga dalam partai puncak Piala FA.

The Gunners berhasil melenggang ke final setelah meraih kemenangan 2-0 atas Manchester City, pada laga semifinal di Stadion Wembley, 19 Juli lalu. Sepasang gol Arsenal disarangkan Pierre-Emerick Aubameyang pada menit ke-19 dan 71'.

Sementara itu, Chelsea sukses melewati hadangan Manchester United. Bermain di Stadion Wembley pada 20 Juli 2020, The Blues membungkam The Red Devils dengan skor 3-1.

Ketiga gol Chelsea dicetak Olivier Giroud pada menit ke-45+11, Mason Mount menit ke-46, dan gol bunuh diri Harry Maguire menit ke-74. Adapun gol tunggal MU disarangkan Bruno Fernandes pada menit ke-85.

Bakal saling berhadapan, Arsenal dan Chelsea sama-sama bertekad memetik kemenangan sekaligus merengkuh trofi Piala FA. Meski begitu, The Gunners memiliki catatan yang lebih oke ketika bersua The Blues di final.

Dari dua pertemuan sebelumnya, Arsenal berhasil merengkuh kemenangan dan keluar sebagai juara, yakni pada Piala FA 2002 dan 2017.

Meski begitu, Chelsea tidak akan begitu saja mudah dikalahkan. Pasalnya, Tim London Biru tak terkalahkan dalam dua laga terakhir kontra Arsenal pada musim ini, dengan perincian sekali menang dan satu kali kalah.

2 dari 4 halaman

Data dan Fakta

Chelsea Vs Arsenal
Striker Chelsea, Tammy Abraham, berebut bola dengan bek Arsenal, Shkodran Mustafi, pada laga Premier League pekan ke-24 di Stamford Bridge, London, Rabu (22/1). Arsenal tahan imbang Chelsea 2-2. (AFP/Ben Stansall)

21 - Arsenal untuk ke-21 kalinya tampil pada laga final Piala FA. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak dibandingkan klub lainnya. The Gunners juga menjadi klubĀ tersukses di Piala FA (13 gelar juara).

14 - Chelsea akan menjalani pertandingan ke-14 di final Piala FA, serta penampilan yang ketujuh sejak new Wembley Stadium dibuka pada 2007.

7 - Chelsea meraih tujuh kemenangan dan menelan dua kekalahan dari sembilan laga terakhir di final Piala FA. Akan tetapi, dua kekalahan tersebut terjadi ketika bersua Arsenal.

3 - Ini adalah untuk ketiga kalinya Arsenal dan Chelsea saling berhadapan pada final Piala FA. Dalam dua laga sebelumnya, The Gunners meraih kemenangan, yakni pada 2002 dan 2017.

8 - Arsenal meraih delapan kemenangan dari sembilan laga terakhir di final Piala FA, termasuk enam partai final terakhir secara beruntun. Tim Gudang Peluru hanya kalah dari Tottenham (7 final antara 1901 dan 1982), yang meraih lebih banyak kemenangan pada partai final Piala FA secara beruntun.

3 dari 4 halaman

Data dan Fakta

Chelsea Vs Arsenal
Striker Arsenal, Gabriel Martinelli, berebut bola dengan pemain Chelsea pada laga Premier League pekan ke-24 di Stamford Bridge, London, Rabu (22/1). Arsenal tahan imbang Chelsea 2-2. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

1 - Chelsea hanya meraih satu kemenangan dari 13 pertandingan terakhir kontra Arsenal di Piala FA (4 imbang; 8 kalah). Satu-satunya kemenangan The Blues atas The Gunners terjadi pada semifinal Piala FA 2009

2 - Di semua kompetisi, Chelsea hanya menelan dua kekalahan dari 10 pertemuan terakhir kontra Arsenal (3 kemenangan; 5 imbang). Adapun di Premier League musim ini, Chelsea tak terkalahkan melawan Arsenal (1 menang; 1 imbang).

1 - Duel ini akan menjadi final Piala FA perdana, di mana manajer kedua tim (Mikel Arteta/Arsenal dan Frank Lampard/Chelsea) juga bermain untuk tim mereka saat ini pada final. Terakhir kali hal serupa terjadi adalah pada final Piala FA 2012 (Roberto di Matteo/Chelsea Vs Kenny Dalglish/Liverpool).

24 - Penyerang Chelsea, Olivier Giroud, terlibat dalam 24 gol dari 30 penampilan di Piala FA (16 gol; 8 assist). Giroud juga menorehkan tiga gol dari empat penampilan terakhirnya di Piala FA (1 gol; 2 assist).

3 - Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, telah mencetak tiga gol hanya dalam dua penampilan di Piala FA. Dua dari tiga gol Aubameyang tercipta ketika The Gunners menang atas Manchester City, pada partai final Piala FA musim ini.

Sumber: Piala FA

4 dari 4 halaman

Saksikan video menarik di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓
Starting XI Pemain U-21 Paling Berharga di Liga Inggris 2020-2021