Starting XI Pemain Pendatang Baru Terbaik di Premier League Versi WhoScore, Ada Bruno Fernandes

Oleh Yus Mei Sawitri pada 01 Agu 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 01 Agu 2020, 11:00 WIB
Logo Premier League
Logo Premier League (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Kompetisi Premier League musim 2019/2020 telah berakhir dan ditandai keberhasilan Liverpool menyabet trofi juara. Hasil itu menuntaskan penantian The Reds kembali menikmati titel liga setelah 30 tahun. 

Cerita menarik lain datang dari zona Liga Champions. Manchester United akhirnya meraih tiket ke Liga Champions setelah finis ketiga. Artinya wakil Inggris di kompetisi itu pada musim depan terdiri atas Liverpool, Manchester City, Manchester Unitd, dan Chelsea. 

Selain itu, masih ada banyak cerita dari semusim liga terbaik di dunia ini.

Salah satu yang menarik dari Premier League musim 2019/2020 adalah kehadiran beberapa pemain pendatang baru yang mampu langsung tampil moncer.

Menukil dari situs statistik WhoScored, berikut ini starting XI para pendatang baru terbaik, berisikan 11 pemain di posisi berbeda-beda.

Sebagai catatan, para pemain yang dinilai adalah mereka yang tampil sedikitnya 50 persen dari jumlah pertandingan yang bisa mereka mainkan di Premier League.

 

2 dari 6 halaman

Kiper 

Dean Henderson Sheffield United
Dean Henderson adalah kiper muda yang tampil gemilang bersama Sheffield United. (AFP/Glyn Kirk)

Satu nama yang bisa dipastikan menjadi sorotan di sektor kiper musim ini adalah penjaga gawang andalan Sheffield United, Dean Henderson.

Menjalani musim pertamanya di Premier League, Henderson yang merupakan kiper pinjaman dari Manchester United langsung tampi mengesankan.

Henderson sukses mencatatkan clean sheet sebanyak 13 kali, hanya kalah dari Ederson dan Nick Pope. WhoScored memberikan rating 6,72 untuk Henderson.

 

3 dari 6 halaman

Bek

FOTO: Sempat Unggul 2-0, Chelsea Ditahan Imbang Sheffield United
Gelandang Chelsea, Christian Pulisic, berusaha melewati bek Sheffield United, John Egan, pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, London, Sabtu (31/8). Kedua klub bermain imbang 2-2. (AP/John Walton)

Penampilan luar biasa Dean Henderson di bawah mistar gawang Sheffield United juga tak lepas dari impresifnya performa duet bek tengah John Egan dan Jack O'Connell.

Baik Egan maupun O'Connell sama-sama mendapat rating 6,93 dan berandil membawa Sheffield menjadi tim dengan angka kemasukan terendah keempat (39 gol) di musim 2019/2020.

Di sektor bek kiri, terpilih nama Jetro Willems dari Newcastle United. Ia mendapat rating 6,84 meski absen panjang karena mengalami cedera ligamen.

Sementara itu, untuk posisi bek kanan ada nama Djibril Sidibe, bek pinjaman Everton dari AS Monaco. Ia mendapat raing 6,92.

 

4 dari 6 halaman

Gelandang

Bruno Fernandes Selamatkan Manchester United dari Kekalahan di Kandang Tottenham
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, melakukan tendangan penalti ke gawang Tottenham Hotspor pada laga lanjutan Premier League 2019/20 di Tottenham Hotspur Stadium, Sabtu (20/6/2020) dini hari WIB. Manchester United bermain imbang 1-1 atas Tottenham. (AFP/Glyn Kirk/pool)

Berbicara sektor gelandang, tentu tidak ragu untuk menyebut Bruno Fernandes menjadi yang terbaik. Baru bergabung dengan Manchester United sejak Januari, Fernandes langsung menunjukkan performa impresif dan mendapat rating 7,73.

Dalam 14 laga di Premier League, Bruno Fernandes tercatat menyumbang delapan gol dan tujuh assist bagi Manchester United. Setan Merah tercatat meraih 32 poin sejak Fernandes menjalani debut, poin terbanyak di antara tim lainnya.

Nama lain yang masuk dalam daftar pendatang baru terbaik adalah gelandang anyar Manchester City, Rodri. Gelandang asal Spanyol itu mendapat rating 7,09.

Satu nama lain di sektor gelandang adalah pemain baru West Ham, Tomas Soucek yang direkrut dari Slavia Praha pada Januari lalu. Soucek tercatat mendapat rating 7,14.

 

5 dari 6 halaman

Penyerang

Chelsea Hajar Burnley 4-2, Pulisic Hattrick
Pemain Chelsea Christian Pulisic melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Burnley pada laga Liga Inggris di Turf Moor, Burnley, Inggris, Sabtu (26/10/2019). Chelsea menang 4-2 dengan Pulisic mencetak hattrick. (Anthony Devlin/PA via AP)

Jika ada Bruno Fernandes di lini tengah, maka jika membahas pendatang baru terbaik di sektor depan, sudah pasti akan tertuju pada bintang anyar Chelsea, Christian Pulisic.

Di musim pertamanya di Premier League, Pulisic sukses menciptakan sembilan gol dan empat assist. Ia pun mendapat rating 7,18 dari WhoScored.

Penyerang lain yang masuk dalam tim terbaik ini adalah bomber Newcastle, Allan Saint-Maximin dengan rating 7,29. Sayang, musim Saint-Maximin banyak terganggu karena cedera.

Satu nama terakhir di tim pendatang baru terbaik ini adalah penyerang Norwich City, Emiliano Buendia yang mendapat rating 7,08.

Sumber: WhoScored

Disadur dari: Bola.net (Penulis Ari Prayoga, published 1/8/2020)

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓