VIDEO: Profil Bintang Bruno Fernandes, Gelandang Andalan Manchester United yang Pernah Jadi Bek

Oleh Okie Prabhowo pada 01 Agu 2020, 19:53 WIB
Diperbarui 01 Agu 2020, 19:53 WIB

Bola.com, Jakarta - Bruno Fernandes menjadi sorotan pada paruh musim Premier League 2019-2020. Gelandang andalan Manchester United tersebut ternyata mengawali karier sepak bolanya sebagai bek tengah. Oleh karena itu, tentunya menarik dibahas dalam profil bintang kali ini.

Fakta soal posisi bek tengah tersebut diungkap pelatih Bruno Fernandes saat masih bermain di level junior, Antonio Peres. Menurut Perez, perubahan posisi itu terjadi karena Fernandes berani mengambil tantangan dan punya skill yang menunjangnya untuk menjadi gelandang serang.  

Bruno Fernandes menghabiskan masa juniornya di Infesta, Bovista dan Novara. Saat memperkuat Boavista, dia sempat dipinjamkan ke Pasteleira pada 2005-2010.

Setelah menghabiskan masa peminjaman di Pasteleira, Fernandes pindah ke Novara dan berhasil menembus tim senior. Dia kemudian bertualang ke Udinese, Sampdoria, dan hijrah Sporting Lisbon. Pada Januari 2020, barulah Fernandes merapat ke Manchester United.

Di masa remajanya, Fernandes cukup lama dipinjamkan ke Pasteleira, yang merupakan tim satelit Sporting Lisbon. Peminjaman itu ternyata atas permintaan Fernandes sendiri karena frustrasi dimainkan sebagai bek tengah. 

Antonio Perez mengatakan keberuntungan yang dikombinasikan dengan skill mumpuni membuat Fernandes akhirnya mendapatkan posisi baru, alias tak lagi menjadi bek tengah. 

"Kami mengevaluasi pemain-pemain, di posisi mana mereka bisa tampil baik, di posisi mana mereka seharusnya bermain. Kami melakukannya setiap musim," kenang Perez, seperti dilansir Four Four Two, beberapa waktu lalu. 

"Jika kami memiliki pemain nomor 10, mungkin dia tak akan bergeser maju dari posisinya (bek tengah). Tapi kami tak memiliki pemain posisi 10, dan dia mengambil peluangnya. Dia dengan cepat berkembang, dan mencetak gol hampir di setiap pertandingan," sambung Perez, tentang perubahan posisi Bruno Fernandes, yang kini menjadi gelandang andalan Manchester United. Video profil bintang asal Portugal tersebut dapat dilihat dalam tayangan di atas.