Donny van de Beek Menggenapi Starting XI Serdadu Belanda di Manchester United, Berikut Ini Komposisi Lengkapnya

Oleh Ario Yosia pada 08 Sep 2020, 09:10 WIB
Diperbarui 08 Sep 2020, 09:10 WIB
Manchester United - Eks MU dari Belanda: Edwin Van der Sar, Jaap Stam, Robin Van Persie, Ruud Van Nistelrooy
Manchester United - Eks MU dari Belanda: Edwin Van der Sar, Jaap Stam, Robin Van Persie, Ruud Van Nistelrooy (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Manchester United baru saja menuntaskan transfer Donny van de Beek. Gelandang asal Belanda itu didatangkan dari klub raksasa Eredivisie Ajax Amsterdam.

Setan Merah tidak menyebutkan berapa mahar yang dikeluarkan untuk membawa Van de Beek ke Old Trafford. Namun, Manchester United diyakini menebus sang pemain dengan harga 45 juta euro.

Pemain berusia 23 tahun itu diikat kontrak selama lima tahun oleh Setan Merah. Van de Beek menjadi rekrutan pertama United pada bursa transfer musim panas ini.

Van de Beek bukanlah pemain asal Belanda pertama yang membela Setan Merah. Sebelumnya sudah cukup banyak pemain dari Negeri Kincir Angin itu yang bermain di MU.

Menurut data Transfermarkt, Manchester United memiliki 13 pemain asing asal Belanda di tim utama termasuk Van de Beek. Jika mereka dikumpulkan bisa membentuk sebuah tim yang kuat.

Berikut ini starting XI pemain asal Belanda yang pernah memperkuat Manchester United dengan formasi 4-3-3.

2 dari 6 halaman

Kiper

Edwin Van Der Sar
Edwin Van Der Sar (AFP/Frank Fife)
  • Edwin van der Sar

Edwin van der Saar merupakan salah satu kiper terbaik yang dimiliki Manchester United. Ia datang ke Old Trafford pada tahun 2005 dari Fulham.

Van der Sar mempunyai karier yang sukses bersama Setan Merah. Ia berhasil memenangkan dua gelar Premier League dan juga satu trofi Liga Champions.

Secara kesuluruhan, Van der Sar mencatatkan 266 penampilan untuk Setan Merah. Mantan kiper timnas Belanda itu meninggalkan klub pada tahun 2011.

3 dari 6 halaman

Belakang

Manchester United, Derby County, Piala FA
Bek Manchester United, Daley Blind (tengah) berebut bola dengan pemain Derby County, Tom Lawrence pada laga PIala FA di Old Trafford, Manchester, (5/1/2018). Manchester United menang 2-0. (Martin Rickett/PA via AP)
  • Daley Blind

Daley Blind menghabiskan empat musim di Manchester United. Ia berhasil mencatatkan 141 penampilan untuk Setan Merah setelah didatangkan dari Ajax Amsterdam pada 2014.

Selama waktunya di Old Trafford, Blind ikut memenangkan FA Cup, EFL Cup, Community Shield dan Liga Europa. Mantan pemain Groningen itu kemudian kembali ke Ajax pada tahun 2018.

  • Jaap Stam

Jaap Stam menjadi pemain andalan lini belakang Manchester United setelah didatangkan dari PSV Eindhoven pada 1998. Selama tiga tahun di Old Trafford, ia berhasil memenangkan enam trofi, termasuk treble pada musim 1998-1999.

Akan tetapi, hubungan Stam dengan Sir Alex Ferguson kemudian memburuk. Hal itulah yang membuat sang pemain dijual ke Lazio pada 2001.

  • Timothy Fosu-Mensah

Timothy Fosu-Mensah membuat debut di tim utama Manchester United di era Louis va Gaal pada tahun 2016. Namun, karier pemain asal Belanda itu di Old Trafford tidak berlangsung lama.

Fosu-Mensah dilepas ke Crystal Palace pada tahun 2017. Pemain berusia 22 tahun itu hanya tampil sebanyak 27 kali dengan seragam Setan Merah.

  • Alexander Buttner

Alexander Buttner bergabung dengan Manchester United dari Vitesse pada 2012. Namun, karier Buttner di Old Trafford bisa dibilang tidak berjalan sukses.

Buttner hanya membuat 28 penampilan untuk Setan Merah. Ia kemudian meninggalkan klub pada tahun 2014 dengan bergabung Dynamo Moscow.

4 dari 6 halaman

Tengah

Manchester United - Donny van de Beek
Manchester United - Donny van de Beek (Bola.com/Adreanus Titus)
  • Donny van de Beek

Donny van de Beek merupakan rekrutan terbaru Manchester United. Ia didatangkan dari klub Eredivisie Ajax Amsterdam.

Van de Beek mengenakan nomor punggung 34 di Old Trafford. Sang pemain sepertinya akan membentuk trio gelandang bersama Bruno Fernandes dan Paul Pogba.

  • Jordi Cruyff

Jordi Cruyff adalah anak dari legenda sepak bola Belanda Johan Cruyff. Ia pernah menjadi pemain Manchester United antara tahun 1996-1999.

Jordi Cruyff bergabung dengan Setan Merah dari Barcelona. Ia mencatatkan 55 penampilan untuk MU sebelu melanjutkan kariernya di Celta Vigo.

  • Arnold Muhren

Arnold Muhren adalah pemain Belanda pertama yang membela Manchester United. Ia bermain di Old Trafford dari 1982-1985.

Muhren diboyong Setan Merah dari Ipswich Town. Ia mencatatkan 28 penampilan dengan mencetak sembilan gol untuk MU.

5 dari 6 halaman

Depan

FOTO: 7 Penyerang Manchester United Andalan Sir Alex Ferguson
Robin van Persie, gagal meraih gelar Premier League bersama Arsenal membuatnya hijrah ke Manchester United. Pada musim pertamanya, RVP bersama Sir Alex Ferguson langsung meraih juara Liga Inggris. (AFP/Paul Ellis)
  • Robin van Persie

Robin van Persie bergabung dengan Manchester United pada tahun 2012. Ia diboyong Sir Alex Ferguson dari klub rival Arsenal.

Van Persie berhasil membantu Setan Merah memenangkan gelar Premier League pada musim perdananya di Old Trafford. Sang pemain mampu melesakkan 58 gol dari 105 penampilan untuk MU.

  • Ruud van Nistelrooy

Ruud van Nistelrooy merupakan salah satu striker yang cukup disegani di Premier League. Ia membela Setan Merah antara tahun 2001-2006.

Van Nistelrooy membantu Setan Merah meraih gelar Premier League pada musim 2002/2003. Ia mencetak 150 gol dari 219 penampilan sebelum melanjutkan kariernya di Real Madrid.

  • Memphis Depay

Memphis Depay diboyong Louis van Gaal ke Manchester United pada tahun 2015. Ia datang ke Old Trafford setelah direkrut dari PSV Eindhoven.

Depay hanya mencatatkan 53 penampilan bersama Setan Merah. Jose Mourinho kemudian melepas sang pemain ke Lyon pada Januari 2017.

Sumber asli: Berbagai Sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 3/9/2020)

6 dari 6 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Serunya Mengoleksi Kartu Bola Manchester United, Edisi David Beckham Sulit Didapat