James Rodriguez Bakal Menjadi Lawan Tangguh Bagi Para Gelandang di Liga Inggris

Oleh Nurfahmi Budi pada 08 Sep 2020, 15:52 WIB
Diperbarui 08 Sep 2020, 15:52 WIB
Espanyol vs Real Madrid
Real Madrid berhasil meraih kemenangan 2-0 melawan Espanyol pada laga pekan keempat La Liga 2016-2017 di Estadi Cornella-El Prat, Senin (19/9/2016) dini hari WIB. Gol Madrid dicetak James Rodriguez dan Karim Benzema. (AFP/Pau Barrena)

Bola.com, Jakarta - Everton mendatangkan James Rodriguez dengan asumsi kebintangan yang belum meluntur dari pemain berkebangsaan Kolombia ini. Kedatangan James identik dengan permintaan sang manajer, Carlo Ancelotti.

Cerita manis sudah pernah mengikat Carletto dan James Rodriguez. Tak heran jika para pendukung Everton berharap James bisa bersinar lagi di panggung Liga Inggris.

Carletto yakin wajah baru James di Liga Inggris akan memberi nuansa penyegaran dalam setiap strategi Everton. Oleh karena itu, James seolah sudah mengirim sinyal terhadap deretan pemain berposisi gelandang yang sudah lebih dulu mendarat di Premier League.

Pengamat sepak bola Inggris, Phil McNulty mengatakan, kesepakatan Everton dengan James Rodriguez adalah momen signifikan bagi klub. Tak sekadar keperluan global, tetapi menggambarkan kekuatan tim.

Satu yang pasti, dan tak mungkin dipungkiri, kedatangan James berlatar keberadaan Carletto di Goodison Park. Artinya, Carletto sudah memberi gambaran kalau Everton akan bermain lebih stylish lagi di Liga Inggris 2020/2021.

 

2 dari 4 halaman

Pilihan Jitu

Real Madrid
3. James Rodriguez - Selama masa peminjaman bersama Bayern Munchen dirinya tampil biasa saja, kemungkinan besar dirinya akan kembali dilego oleh Real Madrid dan mungkin ke Napoli untuk gabung bersama Carlo Ancelotti. (AFP/Christof Stache)

Ini juga persis seperti yang dipikirkan pemilik klub Farhad Moshiri ketika menunjuk Ancelotti pada bulan Desember. Dia tahu pelatih asal Italia itu sangat tenang dan mempunyai kharisma menarik pemain agar mau mempertimbangkan setiap tawaran dari klub.

Peran Rodriguez adalah menambah kreatifitas dan gol untuk Everton. Selain itu, Ancelotti ingin membangun kembali lini depan tim dan menyuntikkan dorongan baru ke lini tengah demi membantu serangan dan kekuatan saat bertahan.

Secara teknis, Phil McNulty memrediksi James bermain tepat di belakang duet stiker Everton, yang kemungkinan berisi Richarlison dan Dominic Calvert-Lewin. Jika ini berlangsung mulus, bukan tak mungkin James akan produktif, sekaligus meningkatkan performa Calvert-Lewin.

Sekadar gambaran, ketika berkostum Real Madrid, James Rodriguez tergolong oke memerankan fungsi sebagai gelandang serang serta playmaker. Pada 2014/2015, Rodriguez mencatatkan 29 penampilan di Liga Spanyol, plus mencetak 13 gol dan menyumbang 13 asis.

 

3 dari 4 halaman

Statistik Lumayan

FOTO: Bermain di Kandang, Munchen Kalah Telak dari Liverpool
Gelandang Bayern Munchen, James Rodriguez, tampak kecewa usai kalah dari Liverpool pada laga Audi Cup di Stadion Allianz Arena, Munchen, Selasa (1/8/2017). Munchen kalah 0-3 dari Liverpool. (AFP/Christof Stache)

Statistik James Rodriguez selama tampil di Liga Spanyol dan Liga Jerman terhitung cukup baik. Tampil 4 musim di Liga Spanyol, ia masuk sepuluh pemain paling kreatif berdasarkan data Opta,

Saat berkarier di Liga Jerman, Rodriguez kembali masuk sebagai sepuluh pemain paling kreatif dengan menyumbang 11 asis dan 115 peluang. Ia Kalah dari mantan rekan setimnya Joshua Kimmich dan Thomas Muller.

Lalu, bagaimana ketika dia berjibaku di panggung Liga Inggris. Kita simak saja saat kick-off sampai musim 2020/2021 berakhir. (Reinaldo Ortensio)

Sumber: BBC Sport

4 dari 4 halaman

Video James

Lanjutkan Membaca ↓