Liga Inggris: Bruno Fernandes dan 3 Pemain Manchester United Bernilai Pasar Termahal

Oleh Yus Mei Sawitri pada 09 Sep 2020, 17:15 WIB
Diperbarui 09 Sep 2020, 17:15 WIB
Manchester United - Bruno Fernandes
Manchester United - Bruno Fernandes (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Manchester - Skuad Manchester United dipenuhi pemain muda bertalenta yang penuh ambisi besar. Sejak dulu, MU memang dikenal sebagai klub yang memiliki segudang bakat muda bertalenta di skuadnya.

Tak jarang juga pemain binaan The Red Devils menjelma sebagai pemain top dunia dengan nilai pasar yang tinggi. Ryan Giggs, Paul Scholes, David Beckham, Gary Neville, Michael Carrick, dan Cristiano Ronaldo adalah nama-nama besar yang berhasil berkembang bersama Manchester United kala itu.

Di balik suksesnya mereka, ada Sir Alex Ferguson yang mempunyai peran besar dalam karier sepak bola mereka hingga menjadi pemain top dunia.

Keahlian Ferguson turun-menurun hingga menjadi identitas klub bagi Manchester United. Terbukti di era Louis van Gaal, ia berhasil mengembangkan talenta muda United yaitu Marcus Rashford yang saat itu baru berusia 18 tahun.

Selain itu, ada Anthony Martial yang juga didatangkan dari AS Monaco oleh manajer asal Belanda tersebut dan berhasil menjelma sebagai pemain top dunia. Terbukti di era Solskjaer, kedua pemain tersebut menjadi tumpuan utama di lini depan The Red Devils.

Rashford dan Martial masuk dalam daftar pemain dengan nilai pasar termahal di United. Lantas, siapa saja empat pemain di skuad Manchester United yang memiliki nilai pasar termahal? 

 

2 dari 5 halaman

1. Paul Pogba (Rp1,39 Triliun)

Kapten Manchester United
Paul Pogba. (Paul Ellis)

Selama berseragam Setan Merah, Pogba turut mengambil peran besar di lini tengah United. Oleh karena performanya itu, banyak klub yang berminat untuk mendatangkannya, salah satunya adalah raksasa Spanyol, Real Madrid.

Dilansir transfermarkt, Pogba mempunyai nilai pasar paling tinggi di skuad United dengan mahar 80 juta euro atau setara Rp1,39 triliun.

 

3 dari 5 halaman

2. Marcus Rashford (Rp1,39 Triliun)

Marcus Rashford mendadak menjadi bintang baru di dunia sepak bola pada 2015. Kemonceran Rashford tak terlepas dari peran sang manajer kala itu, Louis van Gaal, yang dapat melihat kemampuan dirinya dan mendapat kesempatan bermain di tim utama.

Pemain asal Inggris ini merupakan produk asli dari akademi Manchester United. Ketika itu, ia promosi dari tim U18 United dan berhasil tampil gemilang.

Seiring berjalannya waktu, pemain berusia 22 tahun ini semakin tampil impresif dengan Setan Merah dengan telah membukukan total 67 gol dan 39 assist.

Tak heran, dirinya dibanderol dengan harga 80 juta euro (Rp1,39 triliun), apabila ada klub yang ingin mendatangkannya.

 

4 dari 5 halaman

3. Bruno Fernandes (Rp1,22 Triliun)

7 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah Manchester United
Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes. (AFP/Glyn Kirk/pool)

Bruno Fernandes menjadi bintang baru di United. Ia berhasil membawa Setan Merah lolos ke Liga Champions di musim depan. Tak sampai di situ saja, pemain asal Portugal ini pun menjadi aktor utama dalam skema penyerangan United.

Bruno ditebus dengan mahar 55 juta euro dari Sporting Lisbon, Januari 2020 lalu. Tetapi, dengan performanya yang terus konsisten dan mempunyai peran yang besar membuat nilai pasarnya perlahan pun terus naik.

Hingga puncaknya, nilai pasar pemain berusia 26 tahun ini pun menyentuh angka 70 juta euro (Rp1,22 triliun). Angka tersebut akan terus naik, apabila di musim depan ia berhasil mendongkrak performa United.

 

5 dari 5 halaman

4. Anthony Martial (Rp1,01 Triliun)

7 Pembelian Termahal Sepanjang Sejarah Manchester United
Pemain Manchester United, Anthony Martial. (AFP/Peter Powell/pool)

Setelah ditinggal oleh Romelu Lukaku yang berlabuh ke Inter Milan, Manchester United tidak perlu khawatir akan lini depannya. Anthony Martial yang sudah lima musim bersama The Red Devils berhasil mengisi kekosongan tersebut.

Musim lalu menjadi puncak bagi kariernya selama di Manchester United. Ia berhasil menjadi pilihan utama sang manajer di lini depan. Hal itu tidak ia sia-siakan dan berhasil membukukan total 23 gol dari 48 pertandingan yang dimainkan di semua kompetisi.

Performanya yang terus konsisten membuat nilai pasarnya terus naik dan sudah berada di angka 58 juta euro. Angka tersebut akan terus naik, mengingat ia sekarang menjadi tumpuan di lini depan United.

Sumber: Transfermarkt.com

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 8/9/2020)

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights Mola TV: Manchester United 0 vs 0 Chelsea | Liga Inggris | (24/10/2020)