Sukses


10 Jagoan Tendangan Bebas di Sepanjang Sejarah Liga Inggris: Saat Cristiano Ronaldo Menyembah Kaki David Beckham

Bola.com, Jakarta - Gol-gol yang dihasilkan lewat tendangan bebas memesona selalu terasa menghibur. Tak sembarang pemain bisa melakukannya. Butuh keahlian khusus untuk bisa melepaskan sebuah tendangan dari jarak jarak jauh di luar kotak penalti yang kemudian mengoyak gawang lawan.

Diego Maradona, Roberto Carlos, Lionel Messi, sosok jagoan tendangan bebas berbagai era yang menyuguhkan keindahan saat mengesekusi bola mati yang berujung gol.

Premier League memiliki banyak pengambil tendangan bebas legendaris dalam sejarahnya. Aksi mereka memesona, menambah keindahan permainan sepak bola.

Berikut ini 10 eksekutor bebas terbaik dalam sejarah Liga Inggris. Berapa gol yang mereka ciptakan dalam situasi bola mati? Simak ulasannya di bawah ini.

Video

2 dari 7 halaman

5. Thierry Henry (12 Gol)

Henry adalah salah satu pencetak gol terbanyak dalam sejarah Liga Inggris. Ia dikenal sebagai penyerang yang mengandalkan kecepatan saat membela Arsenal.

Pemain Prancis satu ini juga seorang spesialis tendangan bebas telah mencetak 12 gol tendangan bebas selama waktunya bersama The Gunners.

Apa yang membuat tendangan bebas Henry begitu istimewa adalah kesadaran permainannya dan tekniknya yang nakal dan cepat. Penyerang Arsenal membuat melakukan tendangan bebas terlihat mudah, bukan hanya tentang menipu lawan.

Pada satu kesempatan, wasit Graham Poll meminta Henry menunggu untuk menghindari tendangan bebas cepat tapi begitu dia meniup peluit, pemain no.14 itu mengirim bola dari jarak 30 yard dan bertanya kepada Poll: “Apakah itu cukup?” kata Henry.

3 dari 7 halaman

4. Cristiano Ronaldo (11 Gol)

Ronaldo melakukan banyak hal luar biasa saat berkiprah di Premier League. Mulai dari pencetak banyak gol, penggiring bola yang sulit dihentika, dan seorang spesialis tendangan bebas. Dia bahkan menciptakan 'teknik tendangan bebas knuckleball' yang memesona.

CR7 sebelum melakukan tendangan bebas membuat lawan gemetar. Dia mencetak 11 gol tendangan bebas untuk Setan Merah, yang mencakup segala sesuatu mulai dari tipuan di bawah tembok bek hingga gol jarak jauh 30 meter.

Tendangan bebas terbaiknya saat Manchester United bersua Portsmouth pada Januari 2008. Tendangan bebas yang membuat penjaga gawang membeku dan sejak itu dianggap sebagai tendangan bebas terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

4 dari 7 halaman

3. Laurent Robert (11 Gol)

Laurent Robert mencetak total 22 gol di Newcastle United dan setengahnya (11) berasal dari tendangan bebas.

Pemain sayap Prancis tidak selalu menjadi penyerang terbaik di lapangan tetapi dari situasi bola mati, dia adalah pemain yang sama sekali berbeda. Ia bisa melakukan tendangan bebas di berbagai posisi sisi kanan, sayap kiri, tiang dekat, tiang jauh.

Robert mencetak 11 tendangan bebas dengan rata-rata 13,6 pertandingan per gol tendangan bebas, jumlah yang tidak tertandingi oleh pemain lain dalam sejarah Liga Inggris.

5 dari 7 halaman

Gianfranco Zola (12 Gol)

Gianfranco Zola pemain legendaris Chelsea di awal-awal masa Premier League. Kreativitas sang gelandang serang dirindukan sampai saat ini. Pemain asal Italia mengubah peradaban sepak bola Inggris, yang tadinya hanya mengandalkan teknik kemudian perlahan juga mengedapankan teknik. Zola bisa dibilang maestro.

Chelsea telah melihat banyak spesialis tendangan bebas selama bertahun-tahun tetapi tidak ada yang bisa mendekati Zola. Selama waktunya di Chelsea, pemain Italia itu mencetak 12 tendangan bebas, terbaik kedua dalam sejarah Premier League.

Dan di mana dia mempelajari trik-trik perdagangan? Di Napoli, saat sempat bermain dengan maestro bola mati Diego Maradona. Ia kerap dijuluki Maradona dari Italia, karena perawakannya dan gaya bermainnya mirip.

6 dari 7 halaman

1. David Beckham (18 Gol)

Beckham adalah eksekutor tendangan bebas terbaik di Liga Inggris. Dengan 18 gol yang dicetak dari tendangan bebas, mantan pemain Man United  tak tertandingi hingga saat ini.

Becks memiliki aura tertentu di sekitar tekniknya; dia melakukan curl pada bola untuk menjauhkannya dari gawang dan itu bukan kebetulan. Dia berlatih tendangan bebas selama berjam-jam setelah latihan dengan menggunakan ban sebagai target.

 

7 dari 7 halaman

Siapa Lagi Jagoan Tendangan Bebas Lainnya?

  • 6. Sebastian Larsson (11 Gol)
  • 7. Morten Gamst Pedersen (10 Gol)
  • 8. Ian Harte (10 Gol)
  • 9. Christian Eriksen (8 Gol)
  • 10. Juan Mata (8 Gol)

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer