James Rodriguez dan 4 Penjualan Mahal Real Madrid ke Klub Liga Inggris: Bapuk di Los Blancos, Bersinar di Klub Baru

Oleh Ario Yosia pada 15 Sep 2020, 11:50 WIB
Diperbarui 15 Sep 2020, 11:50 WIB
Everton Permalukan Tuan Rumah Tottenham Hotspur
Gelandang serang Everton, James Rodriguez berebut bola dengan gelandang Totttenham Hotspur, Dele Alli pada pertandinga Liga Inggris di i Stadion Tottenham Hotspur di London, Minggu, (13/9/2020). Everton menang 1-0 atas Totttenham. (Cath Ivill/Pool via AP)

Bola.com, Jakarta - Real Madrid tidak terlalu aktif di bursa transfer musim panas ini. Mereka terlihat masih belum membeli pemain bintang. Sebaliknya, Los Blancos justru sibuk menjual atau meminjamkan pemainnya ke klub lain.

Total sudah ada 13 pemain yang dilepas Madrid pada bursa transfer musim panas ini.

Salah satu pemain yang dilepas Madrid adalah James Rodriguez. Pemain asal Kolombia itu sudah bergabung dengan Everton.

James memang sudah terpinggirkan dari skuad utama Los Blancos. Sang pemain sekarang bereuni kembali dengan Carlo Ancelotti di Goodison Park.

Dalam sejarah, Madrid memang cukup sering melepas pemain ke klub Premier League. Bahkan, beberapa di antaranya bisa dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Berikut ini 5 pemain termahal yang pernah dijual Real Madrid ke klub-klub kontestan Liga Inggris. Bagaimana kiprah mereka di kompetisi baru?

 

2 dari 7 halaman

Robinho

robinho
Mantan striker Manchester City, Robinho. (AFP/Paul Ellis)

Robinho dijual Real Madrid ke Manchester City pada musim 2008/2009. Saat itu usianya masih 24 tahun.

The Citizens mengeluarkan mahar 43 juta euro untuk memboyong Robinho ke Etihad Stadium. Robinho pun menjadi pemain dengan harga transfer paling mahal musim panas itu.

Robinho mencetak 28 gol dari 53 penampilannya untuk City di semua ajang. Ia kemudian meninggalkan Inggris pada tahun 2010.

3 dari 7 halaman

Mateo Kovacic

Pesepak Bola Top Dunia yang Pernah Menjadi Anak Gawang
6. Mateo Kovacic – Pemain Chelsea ini pernah dibaikan oleh legenda Liverpool, Steven Gerrard, saat menjadi anak gawang. Namun, dari kejadian tersebut bintang Timnas Kroasia ini semakin bertekad untuk menjadi pesepak bola berkelas. (AFP/Daniel Leal-Olivas)

Mateo Kovacic awalnya bergabung ke Chelsea dengan status pinjaman pada musim 2018/2019. The Blues akhirnya mempermanenkan sang pemain dari Real Madrid pada musim berikutnya.

Chelsea harus mengeluarkan 45 juta euro untuk mempermanenkan gelandang Kroasia itu. Sejauh ini Kovacic sudah mencatatkan 98 penampilan untuk The Blues di semua kompetisi.

Sebelum datang ke Stamford Bridge, Kovacic memainkan 109 penampilan untuk Los Blancos. Ia juga bisa mencetak tiga gol dan delapan assist.

4 dari 7 halaman

Mesut Ozil

Chelsea Vs Arsenal
Gelandang Arsenal, Mesut Ozil, menggiring bola saat menghadapi Chelsea pada laga Premier League pekan ke-24 di Stamford Bridge, London, Rabu (22/1). Arsenal tahan imbang Chelsea 2-2. (AFP/Ben Stansall)

Mesut Ozil direkrut Real Madrid dari Werder Bremen pada Januari 2008. Namun, gelandang asal Jerman tersebut dilepas Los Blancos ke Arsenal pada musim panas 2013.

The Gunners mengeluarkan dana sebesar 47 juta euro untuk mendapatkan jasa Ozil. Saat itu Ozil masih berusia 24 tahun.

Ozil saat ini masih berada di Arsenal. Ia terikat kontrak hingga 2021 dan sudah mencatatkan 254 penampilan untuk klub dengan mencetak 44 gol dan 77 assist.

5 dari 7 halaman

Alvaro Morata

Chelsea Vs Southampton
Penyerang Chelsea, Alvaro Morata, mengontrol bola saat melawan Southampton pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, Kamis (3/1). Kedua tim bermain imbang 0-0. (AP/Frank Augstein)

Alvaro Morata pernah mencicipi kerasnya kompetisi Premier League. Ia bermain di kasta tertinggi sepak bola Inggris itu bersama Chelsea.

Chelsea merekrut Morata dari Real Madrid pada musim 2017/2018. Bomber asal Spanyol itu ditebus dengan biaya transfer sebesar 66 juta euro.

Morata mencatatkan 72 penampilan bersama The Blues dengan mencetak 24 gol dan enam assist. Morata saat ini sudah kembali ke Spanyol dengan memperkuat Atletico Madrid.

  

6 dari 7 halaman

Angel Di Maria

Carlos Tevez dan Sepak Terjang Pemain Manchester United Asal Amerika Latin
Angel Di Maria, didatangkan dengan transfer yang terbilang mahal, 60 juta pounds dari Real Madrid. Namun setengah musim kemudian Di Maria dijual ke Paris Saint-Germain. (AFP/Paul Ellis)

Pemain termahal yang dijual Real Madrid ke tim Premier League adalah Angel Di Maria. Ia dijual Los Blancos ke Manchester United pada musim 2014-2015.

Madrid mendapatkan 75 juta euro dari penjualan Di Maria tersebut. Sebelum dijual, pemain asal Argentina itu membela Madrid selama empat musim.

Di Maria sekarang bermain untuk PSG. Namun, ia sempat mencatatkan 32 penampilan untuk Setan Merah dengan mencetak empat gol dan 12 assist.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 14/9/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓