Sukses


Liga Inggris: Perbandingan Statistik Dean Henderson dan David De Gea pada Laga Pertama Manchester United, Siapa Lebih Hebat?

Bola.com, Jakarta - Manchester United punya dua penjaga gawang tangguh di skuadnya pada musim 2019/2020, yaitu David De Gea dan Dean Henderson. Keduanya telah sama-sama mendapat kesempatan bermain pada awal musim ini, pada ajang yang berbeda.

Fans pun mulai memprediksi siapa kah yang nantinya akan lebih banyak mendapat kepercayaan dari Ole Gunnar Solskjaer sepanjang musim ini. Performa dan waktu yang akan menjawabnya.  

Pada musim 2019/2020, David de Gea tidak tergoyahkan sebagai kiper nomor satu Manchester United. Ole Gunnar Solskjaer tidak pernah menggantinya ketika Manchester United bermain di Premier League.

David de Gea hanya mendapat jeda saat United bermain di Liga Europa, Piala FA, dan Carabao Cup. Namun, saat masuk babak-babak krusial, David de Gea bakal kembali dimainkan. Sergio Romero kembali ke bangku cadangan.

Situasi diyakini berbeda pada musim 2020/2021. Manchester United kini punya Dean Henderson. Kiper berusia 23 tahun tampil bagus bersama Sheffield musim lalu. Dia bisa menjadi pesaing bagi De Gea.

Mari kita tengok statistik kedua pemain yang telah sama-sama memainkan satu laga bersama Manchester United pada awal musim ini. 

 

2 dari 3 halaman

Statistik Dean Henderson

Solkjaer memainkan Dean Henderson pada laga babak ketiga Carabao Cup 2020/2021. Lawan yang dihadapi adalah Luton Town, klub yang berada di divisi lebih bawah. United meraih kemenangan 3-0, Henderson mencatat cleansheet.

Henderson memang cleansheet, akan tetapi dia tidak mendapat banyak ujian di laga ini. Luton Twon mampu melepas 10 tendangan, tetapi hanya dua yang mengarah ke gawang Henderson.

Henderson membuat satu penyelamatan penting.

Satu hal yang diperlu disorot yakni akurasi umpan Henderson. Dari 20 umpan yang dilepas, 18 di antaranya sukses. Akurasinya mencapai 90. Ini sangat penting untuk memaksimalkan penguasaan bola.

Luton Twon memang bukan lawan yang sepadan bagi United. Henderson pun tidak mendapat banyak tugas. Akan tetapi, dia menunjukkan bahwa United punya opsi lain di bawah mistar. David de Gea perlu bekerja keras.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Statistik David de Gea 

Akhir pekan lalu, David de Gea kebobolan tiga gol. Manchester United kalah dengan skor 1-3 dari Crystal Palace. Performa David de Gea buruk, tetapi lini belakang United juga tidak tampil bagus di laga ini.

David de Gea punya dua penyelamatan penting di laga ini, dari lima shots on target yang dilepaskan pemain West Ham.

David de Gea melepaskan 21 umpan, 18 di antaranya sukses. Akurasi umpan kiper asal Spanyol itu mencapai 86 persen. Catatan yang bagus dari David de Gea karena selama ini dia dikenal buruk dalam distribusi bola.

Sekali lagi, kualitas lawan yang dihadapi David de Gea dan Dean Henderson tidak sama. Statistik di atas tidak bisa menjadi acuan siapa yang lebih.

Sumber: Whoscored

Disadur dari: Bola.net (Penulis Asad Arifin, published 23/9/2020)

Video Populer

Foto Populer