VIDEO: Ngolo Kante, Ryan Fraser dan Pemain Bertubuh Mungil di Liga Inggris

Oleh Diatama Ibduansa pada 07 Okt 2020, 13:14 WIB
Diperbarui 07 Okt 2020, 13:14 WIB

Bola.com, Jakarta Liga Inggris dikenal dengan kompetisi sepak bola yang menekankan kekuatan fisik. Karena itu, tidak semua pemain bertalenta besar bisa sukses di sana. Sebuah tuntutan yang tak bisa dihindari di mana bahwa pemain yang terlibat di dalamnya harus kuat secara fisik untuk adu fisik dengan kubu lawan. Video spotlight kali ini akan membahas pemain sukses dengan postur tubuh mungil di Liga Inggris diantaranya Ngolo Kante dan Ryan Fraser

N'Golo Kante adalah pemain tak dikenal ketika dia tiba di Leicester City pada musim panas 2015. Namun, setelah memainkan peran kunci dalam dongeng menjadi juara The Foxes di Liga Inggris musim itu, popularitas sang gelandang bertahan meroket tajam

Semusim berselang ia direkrut Chelsea pada 2016. Pemain Prancis bertubuh mungil itu juga tampil mengesankan untuk The Blues di musim debutnya di London saat ia bergabung dengan sekelompok pemain terpilih untuk memenangkan gelar Liga Inggris berturut-turut dengan dua klub berbeda.

Kante, yang juga memenangkan Piala FA dan Liga Europa bersama Chelsea, telah tampil dalam 130 pertandingan Liga Inggris untuk klub tersebut. Ia mencetak sembilan gol dan memberikan enam assist. Sang pemain dikenal dengan kehebatannya menghentikan permainan menyerang lawan dengan intersepsi dan tekelnya yang tepat waktu, walau posturnya terhitung kecil.

Ryan Fraser melakukan debutnya bersama Aberdeen di Liga Skotlandia pada 2010 sebelum melakukan debut di Liga Inggris bersama Bournemouth tiga tahun kemudian.

Pemain sayap mungil, yang saat ini menjadi pemain aktif terpendek di Liga Inggris. Ia tampil mengesankan selama empat tahun bersama The Cherries, mencetak 16 gol dan 29 assist, dengan 14 di antaranya datang di musim 2018-2019 saja.

Namun, dengan Bournemouth menderita degradasi pada musim berikutnya, pemain tersebut menerima banyak kritik karena menolak tampil untuk klub di Liga Inggris dimulai kembali setelah wabah COVID-19. Fraser sejak itu pindah ke Newcastle United untuk siapa pemain berusia 26 tahun itu melakukan debutnya di Liga Inggris dalam kekalahan kandang 0-3 dari Brighton. 

Pendekatan bola panjang, aspek klasik dari permainan Inggris, juga cukup lazim tersaji di Liga Inggris , yang menjelaskan keberadaan pemain tinggi di pertahanan untuk melawan bola udara.

Namun, sifat kompetisi yang serba cepat berarti bahwa para pemain, terutama di sisi sayap, harus cukup cepat untuk dapat berlari di belakang pertahanan lawan dan memberikan umpan silang kepada rekan-rekan di area sepertiga ofensif.

Untuk mengisi posisi yang satu ini biasanya dipilih pemain-pemain yang tubuhnya mungil, yang dianggap memiliki pusat gravitasi rendah yang memberi mereka lebih banyak stabilitas dan keseimbangan yang lebih baik daripada lawan yang secara fisik lebih tinggi. Berikut lima pemain yang memiliki postur tubuh mungil di Liga Inggris termasuk Ngolo Kante dan Ryan Fraser.

#Naskah Spotlight: Iqri Widya & Firstnadya Pramesthi (*)