Sukses


5 Klub Liga Inggris Terboros di Bursa Transfer Awal Musim, Saat Manchester United Kalah Royal dibanding Klub Gurem dan Promosi

Bola.com, Jakarta - Drama perpindahan pemain di bursa transfer awal musim 2020-2021 telah berakhir pada 5 Oktober silam. Bursa kali ini terasa berbeda dibanding musim-musim sebelumnya. Banyak klub yang menahan diri mengeluarkan uang gemuk karena krisis finansial yang ditimbulkan pandemi corona. Walau tetap saja ada yang boros.

Klub-klub Premier League jadi yang terboros dalam mengeluarkan uang belanja pemain baru. Pengeluaran mereka tertinggi seantero Eropa. Secara kumulatif kontestan Liga Inggris menghabiskan 1,24 miliar poundsterling musim panas ini.

Keputusan membeli pemain-pemain anyar dilakukan demi menjaga eksistensi di pentas kompetisi domestik.

Klub seperti Chelsea misalnya. Mereka merekrut sebanyak tujuh pemain sebagai bagian dari proyek juara Frank Lampard di Stamford Bridge setelah musim lalu mereka tertatih-tatih di jajaran papan atas.

Di sisi lain, rival mereka Manchester United pergerakannya terasa mengecewakan di bursa transfer musim panas ini. Mereka sangat kontras dengan The Blues. Mereka mendatangkan lima pemain baru, di mana mayoritas di antaranya bukan incaran utama.

Klub mana saja yang paling boros di Liga Inggris? Beberapa di antaranya pasti akan mengejutkan pembaca Bola.com.

Video

2 dari 6 halaman

Arsenal: 64,5 Juta Poundsterling

Arsenal asuhan Mikel Arteta membuat kejutan pada hari terakhir jendela transfer. Dengan hanya beberapa jam tersisa, The Gunners membayar klausul pelepasan Thomas Partey di Atletico Madrid senilai 45 juta poundsterling,

Total The Gunners mendatangkan tiga pemain. Selain Partey ada Willian dan Gabriel Magalhaes seharga 27 juta poundsterling.

Di sisi lain Arsenal melepas Henrikh Mkhitaryan, Matteo Guendouzi, Lucas Torreira dengan status pinjaman atau malah gratisan. Hanya kepindahan Emi Martinez ke Aston Villa memberi mereka biaya transfer yang cukup besar yaitu 17 juta poundsterling.

3 dari 6 halaman

Manchester City: 76,5 Juta Poundsterling

Manchester City sejak awal diprediksi bakal belanja gila-gilaan musim panas ini seiring kegagalan mereka menjadi juara Premier League musim lalu. Dan hal itu benar-benar kejadian.

Mereka mencoba memperbaiki masalah musim lalu dengan membeli Nathan Ake dan Ferran Torres seharga  41 juta dan 20,8 juta poundterling di awal bursa transfer.

Saat pengujung bursa Pep Guardiola mendatangkan stoper mahal  Ruben Dias dari Benfica senilai 65 juta poundsterling.

Kepergian Leroy Sane ke Bayern Munchen (54,8 juta poundsterling) serta Nico Otamendi ke Benfica (13,7 juta poundsterling) memungkinkan City untuk menutup hampir setengah dari pengeluaran musim panas mereka.

4 dari 6 halaman

Leeds United: 84,5 Juta Poundsterling

Setelah absen selama 16 tahun di kasta elite sepak bola Inggris, Leeds United kembali ke Premier League secara bersejarah dengan status jawara Championship. Marcelo Bielsa berbelanja pemain di musim panas ini bergaya klub elite (lepas keterpurukan mereka selama belasan tahun, Leeds tetap merupakan salah satu klub raksasa di Inggris).

Leeds memecahkan rekor transfer mereka untuk menyegel tanda tangan pemain internasional Spanyol Rodrigo Moreno seharga 27 juta poundsterling. Mereka juga membuat rekrutan nama besar lainnya yang mengesankan seperti Diego Llorente dari Real Sociedad seharga 20 juta poundsterling. Dan baru-baru ini, penyerang Brasil, Rafinha dari Rennes seharga 17 jutapoundsterling.

5 dari 6 halaman

Aston Villa: 85 Juta Poundsterling

Nama yang relatif mengejutkan di posisi tinggi dalam daftar ini, klub medioker yang musim lalu nyaris degradasi Aston Villa. Mereka melakukan beberapa bisnis yang sangat mengesankan di jendela musim panas ini.

Pasukan Dean Smith musim 2018-2019 juga mengelontorkan uang gemuk di bursa, namun mayoritas rekrutan Villa mengecewakan.

Musim panas ini Aston Villa memilih berubah strategi. Mereka tetap menghabiskan banyak uang namun dengan fokus pada pemain-pemain berkualitas.

Villa menghadirkan empat rekrutan besar di bursa transfer.

Mereka membeli bek Inggris Matty Cash (16 juta poundsterling) dari Nottingham Forest, kiper Emi Martinez (17 juta poundsterling) dari Arsenal, penyerang Olympique Lyon Bertrand Traore (19 juta poundsterling), dan memecahkan rekor transfer klub untuk bintang Championship Ollie Watkins (33 juta poundsterling) dari Brentford. Selain itu, Villa juga mendapatkan Ross Barkley dengan status pinjaman selama satu musim dari Chelsea.

6 dari 6 halaman

Chelsea: 212,6 Juta Poundsterling

Klub mana lagi yang bisa menyangi Chelsea musim panas ini? The Blues mencatatkan salah satu jendela transfer paling menakjubkan dalam sejarah sepak bola Inggris dengan meresmikan tujuh amunisi anyar sekaligus.

Musim lalu, karena kena hukuman setengah musim gara-gara kasus perekrutan pemain muda secara ilegal, Chelsea agak hati-hati berbelanja pemain. Frank Lampard bahkan sama sekali tak beli pemain saat bursa transfer paruh musim.

Namun, mereka menandai kembalinya mereka ke pasar dengan cara yang eksplosif.

Edouard Mendy (22 juta poundsterling), Hakim Ziyech (33,3 juta poundsterling), Timo Werner (45 juta poundsterling), Ben Chilwell (50 juta poundsterling), dan Kai Havertz (75,8 juta  poundsterling) semua tiba di klub dengan total gabungan lebih dari pengeluaran menembus angka 200 juta poundsterling.

Selain itu, The Blues juga mengontrak bek veteran Thiago Silva (eks PSG) dan Malang Sarr dengan status bebas transfer untuk meningkatkan opsi pertahanan mereka.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer