Sukses


Reformasi Radikal Liga Inggris yang Diinisiasi Liverpool dan Manchester United Ditentang

Bola.com, Jakarta - West Ham United dengan tegas menolak rencana reformasi Liga Inggris yang diinisiasi Liverpool dan Manchester United. Dalam proposal yang bocor ke publik, disebutkan bahwa ada beberapa wacana strategis, di antaranya soal penyusutan jumlah peserta Premier League.

Adapun dalam proposal tersebut, muncul usulan pemangkasan jumlah peserta Premier League dari 20 menjadi 18 tim saja. English Football League (EFL), operator Liga Inggris kasta kedua (Divisi Championship) dan seterusnya yang beranggotakan 72 tim membutuhkan suntikan dana besar.

Pemilik Liverpool, John Henry, dan co-chairman Manchester United, Joel Glazer, diketahui menjadi sosok yang menginginkan adanya rencana tersebut.

Dilansir dari BBC, Football League memerlukan 250 juta pounds untuk menstabilkan kondisi keuangan anggota timnya. Premier League akan mengalokasikan sekitar 25 persen dari total kebutuhan tim-tim English Football League.

West Ham, klub Premier League yang masuk daftar sembilan tim yang memiliki 'hak istimewa' menolak keras wacana tersebut. Kepada BBC, 'orang dalam' The Hammers mengatakan sangat menentang kebijakan itu.

Pemerintah Inggris, di sisi lain, mendukung proposal tersebut. Pihaknya menilai bahwa diikutsertakannya pemerintah dalam hal ini menunjukkan betapa fundamentalnya rencana yang tengah digodok Manchester United dan Liverpool.

"Kami diberikan mandat oleh Premier League dan EFL untuk memastikan bahwa jangan sampai ada tim-tim anggota EFL yang bangkrut karena COVID-19. Dari sini kami tahu ada tujuan mulia," ujar juru bicara Perdana Menteri Boris Johnson.

"Kami meminta operator Liga Inggris, Premier League, dan EFL untuk terus bekerja keras secara konstruktif untuk mendukung sepak bola Inggris."

Video

2 dari 3 halaman

Butir-Butir Proposal

  • Premier League dipangkas dari 20 menjadi 18 klub. Championship Division, League One, dan League Two tetap 24 tim.
  • Dua tim terbawah Premier League (peringkat 17 dan 18) otomatis terdegradasi. Posisi 16 akan ikut play-off degradasi-promosi dengan tim Championship Division.
  • Piala Liga dan Community Shield dihapuskan.
  • Pembayaran parasut dibatalkan.
  • Uang sebanyak 250 juta pounds harus segera disediakan untuk menyelamatkan English Football League.
  • Uang sebanyak 100 juta pounds dibayarkan ke FA (PSSI-nya Inggris) untuk mengganti pendapatan yang hilang.
  • Sembilan klub dibelikan 'hak spesial voting' pada beberapa isu.
3 dari 3 halaman

Kritik Keras

Rencana radikal itu langsung dikritik oleh Premier League, pemerintah, dan kelompok suporter.

"Sepak bola Inggris adalah kompetisi sepak bola paling banyak ditonton, paling menarik, dinamis, dan kompetitif, yang menarik perhatian dunia," bunyi pernyataan Premier League.

"Untuk menjaganya tetap seperti itu, penting sekali ditegaskan bahwa kita semua harus sejalan. Premier League dan FA sepakat untuk menggelar segala macam diskusi mengenai masa depan, termasuk struktur kompetisi, kalender kompetisi, dan perihal finansial menyusul dampak COVID-19."

"Banyak pemangku jabatan dalam sepak bola, makanya, hal ini harus benar-benar dicermati betul. Menurut pandangan Premier League, proposal dari beberapa klub yang rilis hari ini akan berdampak buruk. Kami kecewa terhadap Rick Parry, ketua English Football League, yang terang-terangan mendukung wacana ini."

"Premier League akan terus bekerja keras mencari solusi untuk keberlangsungan English Football League karena imbas dari COVID-19 yang mengganggu kestabilan keuangan para anggotanya."

Sumber: BBC

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.
    Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Premier League

  • Bola.com

Video Populer

Foto Populer