6 Pemain Top Eropa yang Lagi Nganggur, Beneran Nih Klub Liga Inggris Enggak Ada yang Mau?

Oleh Gregah Nurikhsani pada 14 Okt 2020, 10:15 WIB
Diperbarui 14 Okt 2020, 10:15 WIB
Ilustrasi - Alexandre Pato, Daniel Sturridge, Danny Welbeck, Mario Mandzukic, Jack Wilshere
Ilustrasi - Alexandre Pato, Daniel Sturridge, Danny Welbeck, Mario Mandzukic, Jack Wilshere (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Bintang-bintang dunia masih berstatus bebas transfer. Kontrak mereka tidak diperpanjang atau diputus sehingga saat ini menganggur alias tanpa klub dan masih bisa bergabung dengan klub Liga Inggris.

Setelah mayoritas jendela transfer liga-liga top Eropa ditutup pada 5 Oktober, tim-tim dari Liga Inggris masih bisa merekrut pemain lagi sampai 16 Oktober.

Peraturan 'spesial' itu tentu saja ada ketentuannya. Tim-tim di Inggris boleh mendaftarkan pemain lagi asalkan berstatus tanpa klub.

Ini dinamakan domestic-only window. Tentu ini menjadi kesempatan buat klub-klub Premier League untuk mendapatkan pemain baru lagi sebelum 16 Oktober.

Berikut ini Bola.com merangkum lima pemain top Eropa yang nganggur dan bisa didatangkan secara gratis oleh tim-tim Liga Inggris sebelum 16 Oktober.

 

2 dari 9 halaman

Jack Wilshere

Jack Wilshere
Jack Wilshere akan bermain untuk West Ham United. (doc. West Ham United)

Jack Wilshere sepakat untuk menyudahi kariernya bersama West Ham United per musim panas ini meski masih menyisakan sembilan bulan kontrak. Ia memainkan 19 laga dalam dua tahun.

Cedera membuat ia jarang dimainkan. Padahal, musim ini ia menegaskan bahwa eks Arsenal itu 'bugar, kuat, dan siap bertanding.'

Kabar terakhir menyebutkan bahwa Wilshere akan bergabung dengan Steven Gerrard di Glasgow Rangers. Ia juga didukung penuh oleh Xavi Hernandez untuk melanjutkan kariernya di Liga Skotlandia.

 

3 dari 9 halaman

Danny Welbeck

Gol Danny Welbeck Tenggelamkan Norwich City ke Zona Dasar Degradasi
Striker Watford, Danny Welbeck, merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Norwich City pada laga lanjutan ke-34 di Stadion Vicarage Road, Rabu (8/7/2020) dini hari WIB. Watford menang 2-1 atas Norwich City. (AFP/Matt Dunham/pool)

Berpengalaman, pernah menjadi langganan Timnas Inggris, dan masih berusia 29 tahun membuat Danny Welbeck seharusnya layak mentas di Premier League,

Pada Senin (12/10/2020), Watford secara mengejutkan memutuskan untuk memutus kontraknya. Musim lalu, ia gagal mencegah Watford terhindar dari degradasi.

Kini, ia berstatus tanpa klub dan bisa diboyong klub Liga Inggris yang butuh suntikan di lini depan. Beneran nih enggak ada yang tertarik?

 

4 dari 9 halaman

Daniel Sturridge

Daniel Sturridge
Penyerang Liverpool, Daniel Sturridge, kabarnya lebih memilih pindah ke Sevilla ketimbang Inter Milan pada bursa transfer Januari 2018 ini. (AFP/Paul Ellis)

Mantan pemain Manchester CIty, Chelsea, dan Liverpool ini sudah nganggur sejak Maret lalu. Kontraknya diputus oleh klub asal Turki, Trabzonspor, karena terlibat judi.

Musim lalu sebenarnya bukanlah musim yang buruk buatnya. Daniel Sturridge mencetak tujuh gol dari 16 penampilan. Lumayan, kan?

Laporan di Inggris menyebut bahwa Daniel Sturridge aktif mengikuti latihan di Kidsgrove Athletic, klub kasta kedelapan Liga Inggris, untuk menjaga kebugaran.

 

5 dari 9 halaman

Alexandre Pato

Alexander Pato
Alexandre Pato merayakan golnya saat melawan South Hyundai Jeonbuk Korea di Liga Champions AFC di Tianjin (14/3). Poster tersebut bertuliskan memohon Pato bermain bagus karena "Dilraba menonton siaran langsung". (AFP Photo)

Mantan pemain AC Milan, Alexandre Pato, juga nganggur setelah Sao Paulo memutus kontraknya pada Agustus. Performanya dinilai kurang memuaskan karena hanya mencetak sembilan gol dari 35 kali bertanding.

Baru berusia 31 tahun, Pato bisa jadi alternatif buat tim-tim Liga Inggris yang butuh tambahan di lini depan. Apalagi ketika membela Tianjin Quanjian, ia mencatatkan 36 gol dari 60 laga.

Pada 2016, ia sempat dipinjam Chelsea. Mungkin ada kesempatan kedua buatnya musim ini?

 

6 dari 9 halaman

Mario Mandzukic

Liga Champions, Juventus, Real Madrid
Pemain Juventus, Mario Mandzukic dan Sami Khedira, saat latihan jelang laga Liga Champions di Vinovo, Turin, Senin (2/4/2018). Juventus akan berhadapan dengan Real Madrid. (AFP/Marco Bertorello)

Telah berusia 34 tahun, mungkin Mario Mandzukic sudah memikirkan untuk pensiun. Tapi apapun bisa terjadi kalau ternyata ia tertarik bermain di Liga Inggris.

Mandzukic meninggalkan Juventus jelang dimulainya Serie A 2019/2020. Ia membela tim Qatar, Al-Duhail. Tapi baru 10 pertandingan, kontraknya diputus.

Soal pengalaman, pemain satu ini tak perlu diragukan lagi. Mandzukic meraih empat titel Serie A bersama Juventus.

 

7 dari 9 halaman

Samir Nasri

samir nasri
Gelandang Manchester City asal Prancis, Samir Nasri. (AFP/Oli Scarff)

Samir Nasri memainkan 220 penampilan bersama Arsenal sebelum hijrah ke Manchester City pada 2011/2012. Ia lantas bergabung dengan klub Turki, Antalyaspor.

Kariernya sempat terhambat karena terbukti melakukan doping pada 2016. Nasri kemudian mencoba menjahit ulang kariernya dengan bergabung ke West Ham United.

Sayang, baru semusim, West Ham melepasnya cuma-cuma. Musim lalu, ia bermain untuk Anderlecht, klub raksasa asal Belgia.

8 dari 9 halaman

Pemain-Pemain Lainnya

Manchester United, Tottenham Hostpurs, Piala FA
Duel kiper Tottenham, Michel Vorm (kiri) dengan pemain Manchester United, Romelu Lukaku pada semifinal Piala FA di Wembley stadium, London, (21/4/2018). MU menang 2-1. (AP/Kirsty Wigglesworth)

Kiper: Orjan Nyland, Danijel Subasic, Michel Vorm

Bek: Gael Clichy, Nathaniel Clyne, Ezequiel Gayar, Adrian Mariappa, Ryan Shotton, Danny Simpson, Jozo Simunovic, Pape Souare, Ivan Strinic, Antonio Valencia

Gelandang: Yohan Cabaye, Steven Defour, Shinji Kagawa, Andy King

Striker: Fabio Borini, Oumar Niasse, Diafra Sakho, Yaya Sanogo

 

Sumber: BBC

9 dari 9 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓