Sukses


Liga Inggris: Arsene Wenger Berharap Thierry Henry Melatih Arsenal di Masa Depan

Bola.com, Jakarta - Mantan manajer Arsenal, Arsene Wenger, menginginkan Thierry Henry meneruskan tongkat estafet kursi pelatih jika suatu saat Mikel Arteta pergi meninggalkan klub asal London tersebut.

Wenger, pelatih asal Prancis, menghabiskan masa bakti sebagai manajer The Gunners pada akhir musim 2017/2018. Selama 22 tahun melatih Arsenal, Wenger mempersembahkan tiga trofi Liga Inggris, tujuh trofi Piala FA, dan tujuh trofi Community Shield.

Sang profesor pernah membawa The Gunners menjuarai Liga Inggris 2003/2004 tanpa terkalahkan dalam satu musim. Nama bintang seperti Thierry Henry dan Dennis Bergkamp menjadi pemain kunci dalam permainan Arsenal.

Saat berada di bawah asuhan Wenger, Henry bermain sangat cemerlang. Penyerang Prancis itu membuat 229 gol dari 376 penampilan bersama klub London Utara. Usai 19 tahun bermain sebagai pemain profesional, Henry memutuskan pensiun pada Desember 2014.

Selepas pensiun, Henry menggeluti karier baru di dunia kepelatihan. Pria berusia 43 tahun itu pernah menjadi asisten pelatih Timnas Belgia pada 2016-2018. Setelah itu, dia mengambil tantangan yang lebih besar dengan melatih AS Monaco pada 2018.

 

Saksikan Video Berikut

2 dari 2 halaman

Identitas Arsenal

Setelah setengah musim melatih Monaco, Henry kemudian dipecat dari jabatan pada Januari 2019. Kini, Henry dipercaya menangani klub Major League Soccer, Montreal Impact sejak November 2019. Dia meraih lima kemenangan dari 14 laga. Hal yang sebenarnya tidak cukup membuat Henry masuk menjadi pesaing untuk kursi pelatih di Arsenal.

"Saya berharap Thierry Henry sukses dalam karirnya sebagai pelatih. Jika dia sukses, mungkin suatu hari akan kembali ke Arsenal. Namun, secara khusus Arsenal harus memenangkan Liga Inggris dulu," ujar Wenger.

Mantan manajer Arsenal itu tampak yakin Meriam London bisa meraih gelar Liga Inggris bersama Mikel Arteta. Wenger menilai Arteta memiliki identitas yang kuat untuk memimpin klub.

"Sekarang Arsenal punya Mikel Arteta. Klub memiliki identitas tentang nilai-nilai. Arteta menguasai identitas tersebut. Jadi penting bahwa ada kesinambungan antara mereka berdua," kata Wenger.

Arteta membawa performa apik bagi Arsenal sejak menggantikan Unai Emery pada Desember 2019. The Gunners finis di posisi delapan klasemen Liga Inggris 2019/2020, tetapi berhasil memenangkan trofi Piala FA di akhir musim.

Musim ini, pria asal Spanyol itu mulai menemukan komposisi yang pas di lapangan. Di awal musim, Arteta berhasil membawa The Gunners mengangkat trofi Community Shield setelah mengalahkan Liverpool lewat adu penalti. Arsenal juga berada di urutan keempat Liga Inggris 2020/2021 dengan meraih tiga kemenangan dari empat laga awal. (Reinaldo Ortensio)

Sumber: Sportskeeda 

Video Populer

Foto Populer