Sukses


Nasib Eks Bintang Liga Inggris, Robinho: Pernah Digaji Rp 3 Miliar per Pekan di Manchester City, Kini Cuma Rp 3 Juta per Bulan

Bola.com, Sao Paulo - Robson de Souza atau Robinho telah membuat publik heboh. Dia baru saja sepakat bermain untuk klub lamanya, Santos. Menariknya, Robinho hanya digaji Rp3 juta per bulan oleh Santos.

Saat Barcelona mulai berjalan dengan Lionel Messi-nya, pada awal 2000-an, Real Madrid bersaing dengan membeli Robinho. Real Madrid membelinya dari Santos pada 2005 lalu.

Real Madrid harus membayar 24 juta euro untuk mendapatkan jasa Robinho. Pada tahun itu, harga jual Robinho sangat mahal. Sang pemain pun tampil cukup baik dan mampu menembus tim utama Madrid.

Namun, Robinho hanya tiga musim membela Real Madrid. Pemain yang sempat dijuluki 'The New Pele' itu kemudian pindah ke Manchester City pada awal musim 2008/2009 dengan harga 42 juta euro.

Transfer Robinho ke Man City saat itu cukup mengejutkan. Sebab, kubu Real Madrid sempat diyakini tidak ingin melepasnya. Man City yang punya sumber dana besar membeli Robinho pada hari terakhir bursa transfer.

Robinho kemudian menjadi bagian dari awal ambisi besar Man City. Pemain asal Brasil menikmati gelimang uang yang digelontor Sheikh Mansour kepada Man City. Dia mendapat gaji yang besar.

Man City membayar Robinho dengan nilai 160 ribu pounds per pekan. Jika memakai kurs saat ini, maka gaji yang didapat Robinho mencapai Rp3 miliar per pekan. Gaji yang luar bisa pada musim 2008/2009.

Namun, Robinho gagal bersinar di Man City. Karirnya menurun dan kemudian kembali ke Santos. Pada 2010, Robinho pindah ke AC Milan dan berupaya keras mendapatkan kembali performa terbaiknya.

Saksikan Video Pilihan Kami:

2 dari 2 halaman

Di Santos

Robinho bermain untuk klub Turki dalam empat musim terakhir. Dua musim di Sivaspor dan dua musim di Istanbul Basaksehir. Pada akhir musim 2019/2020, Basaksehir memilih untuk tidak memberikan kontrak baru pada Robinho.

Klub yang terafiliasi dengan pemerintah Turki tersebut menilai Robinho minim kontribusi. Pada usia 36 tahun, Robinho bukan lagi pemain yang lincah dan berbahaya di depan gawang seperti saat bermain di Man City.

Baru-baru ini, Robinho pindah ke Santos. Ini adalah kali keempat bagi Robinho bermain di Santos. Hanya saja, kali ini situasinya berbeda. Pandemi COVID-19 membuat Santos memberi tawaran minimal pada Robinho.

Dia hanya mendapatkan gaji 1.500 real Brasil atau 207 pounds per bulan. Nilai itu berada pada kisaran Rp3.9 juta.

Hanya saja, ini adalah gaji awal yang didapat Robinho. Andai pemain yang pernah membela Guangzhou Evergrande itu mampu tampil reguler, maka gajinya akan naik sesuai dengan klausul yang sudah diatur.

 

Sumber: talkSPORT

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, Published 13/10/2020)

Video Populer

Foto Populer