Sukses


12 Pemain yang Digaet Manchester United dengan Status Bebas Transfer dan Perfomanya, Edinson Cavani Jadi Anggota Terbaru

Bola.com, Jakarta - Manchester United kerap menghabur-hamburkan uang untuk membayar biaya transfer pemain. Lihat saja bayaran yang harus dikeluarkan MU untuk memboyong pemain seperti Harry Maguire hingga Donny van de Beek. 

Namun, Manchester United juga terkadang mencari yang benar-benar murah. Bahkan, bukan satu atau dua kali Setan Merah memboyong pemain gratisan, alias yang berstatus bebas transfer. 

Pemain teranyar yang diboyong dengan gratis oleh MU adalah Edinson Cavani. Striker asal Uruguay itu berstatus bebas transfer setelah kontraknya di Paris Saint-Germain habis pada musim panas ini. 

Di PSG, Cavani membuktikan ketajaman dengan menjadi top scorer klub raksasa Ligue 1 itu. Namun, Premier League adalah liga yang berbeda. Selain itu, usia Edinson Cavani sudah tak muda lagi. 

Jadi, mampukah Edinson Cavani sukses bersama MU dan menaklukkan Liga Inggris? 

Sebelum Edinson Cavani, Manchester United juga sudah sering mendatangkan pemain berstatus bebas transfer. Inilah 12 pemain tersebut dan performanya selama di Old Trafford, seperti dilansir Planet Football.  

2 dari 13 halaman

1. Paul Woolston

Paul Woolston dilepas Newcastle United pada 2018 dan gabung Manchester United dengan status bebas transfer setelah masa percobaan yang sukses. 

Sang kiper mencatatkan dua penampilan di Premier League 2 bersama tim U-23 pada 2019/2020, tapi tidak pernah menjalani debut bersama tim utama. 

 

3 dari 13 halaman

2. Zlatan Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic gabung MU pada usia 34 tahun dengan status bebas transfer. Ada yang meragukan Zlatan bisa memberi pengaruh besar di Premier League. 

Striker asal Swedia itu berhasil membungkam kitikan, dengan mencetak 28 gol di semua kompetisi bersama Setan Merah, serta membantu tim menjuarai Piala Liga Inggris dan Liga Europa pada 2016/2017. 

Namun, musim debutnya diganggu dengan cedera lutut, sehingga kesulitan kembali ke performa terbaiknya. Ibra kemudian gabung LA Galaxy. 

"Saya minta maaf kepada fans. Jika mereka melihat saya lebih muda, mereka akan melihat singa yang berbeda," kata Zlatan di situs resmi MU pada 2018. 

 

4 dari 13 halaman

3. Sergio Romero

Sergio Romero selalu menjadi cadangan David de Gea sejak tiba di Old Trafford pada 2015. Ia hanya membukukan tujuh kali laga di Premier League bersama Manchester United.

Namun, Romero selalu tampil meyakinkan setiap diturunkan dan berhasil mencatat clean sheet pada kemenangan di final Liga Europa 2017 kontra Ajax.  

5 dari 13 halaman

4. Victor Valdes

Setelah merumput selama 12 tahun di tim utama Barcelona, Valdes menikmati tantangan baru dan gabung United dengan bebas transfer pada Januari 2015. 

Sang kiper hanya tampil dalam 2 laga untuk Red Devils, sebelum dibaikan oleh Louis van Gaal karena menolak bermain untuk tim U-21. 

 

6 dari 13 halaman

5. Frederic Veseli

 

Frederic Veseli digaet dari klub rival, Manchester City, pada Januari 2012. Ia tidak pernah tampil untuk tim utama Manchester United dan dilepas 18 bulan kemudian. 

 

7 dari 13 halaman

6. Michael Owen

Setelah meninggalkan Newcastle United pada 2009, Owen merasa perlu membuat brosur agar klub tertarik padanya. Namun, trik itu tak jadi dilakukannya. Sir Alex Ferguson membuat kejutan dengan memutuskan membawa mantan pemain Liverpool itu ke Old Trafford. 

"Saya tak percaya dengan keberuntungan saya ketika Manchester United datang," kata Owen kepada BBC Radio Five Live pada 2020. 

“Inilah saya, yang mengalami kemunduran sebagai pemain dalam pikiran saya sendiri dan tetap saja klub juara Premier League ingin merekrut saya. Saya benar-benar bersemangat ketika mereka menginginkan saya. "

Meskipun direcoki berderet cedera, Owen masih menyumbangkan 17 gol dalam 52 laga. Gol penentu kemenangannya atas Manchester City pada menit ke-96 masih tersimpan rapi di memori fans MU. 

 

8 dari 13 halaman

7. Liam Miller

Miller bergabung dengan United setelah kontraknya di Celtic berakhir pada 2004, tetapi gelandang itu hanya tampil sembilan kali di Premier League.

Setelah dipinjamkan ke Leeds United, ia pindah permanen ke Sunderland pada 2006. Miller meninggal dunia pada usia 36 tahun pada 2018 karena kanker pankreas.  

 

9 dari 13 halaman

8. Laurent Blanc

Laurent Blanc direkrut untuk pengganti Jaap Stam pada 2001. Tapi, dia mengalami musim debut yang sulit dan susah menggantikan peran Stam.  

Performanya perlahan menunjukkan kemajuan dan sang bek tengah membantu MU menjuarai Premier League pada musim 2002/2003 sebelum gantung sepatu. 

 

10 dari 13 halaman

9. Mark Bosnich

Setelah dilepas oleh United pada 1991, Bosnich kembali dibawa ke Old Trafford untuk menggantikan Peter Schmeichel pada 1999 dan membukukan 23 penampilan di liga, serta memenangi titel pada musim 2000/2001. 

Sang kiper tergeser ke bangku cadangan ketika MU membeli Fabien Barthez. Bosnich kemudian gabung Chelsea dengan bebas transfer pada Januari 2001. 

 

11 dari 13 halaman

10. Russell Best

Russell Best tidak ada hubungan keluarga dengan legenda MU, George Best. Sang penjaga gawang diboyong dari Nottingham County pada 1998, tapi gagal menembus tim utama MU. 

 

12 dari 13 halaman

11. Raymond van der Gouw

Manchester United membutuhkan kiper senior untuk melapisi Peter Schmeichel ketika Tony Coton pindah ke Sunderland pada 1996 dan membeli Van der Gouw. 

Ia hanya tampil 60 kali selama enam tahun di Old Trafford, tapi punya peran dalam kesuksesan MU, baik sebagai penjaga gawang maupun pelatih kiper. 

 

13 dari 13 halaman

12. Les Sealey

Setelah pindah dari United ke Aston Villa pada 1991, Sealey kembali ke Old Trafford dengan bebas transfer pada Januari 1993. 

Dia direkrut untuk menjadi cadangan Peter Schmeichel dan hanya dua kali diturunkan di tim utama selama bersama MU. 

Sumber: Planet Football 

Video Populer

Foto Populer