Sukses


Mengupas Project Big Picture, Proposal Kontroversial yang Ditolak Klub-klub Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Klub-klub Premier League atau Liga Inggris telah resmi menolak Project Big Picture. Tetapi mereka setuju membuat paket keuangan darurat untuk klub di League One dan League Two.

Seperti dilansir Sky Sports, pada pertemuan virtual, Rabu (15/10/2020), sebanyak 20 klub dengan suara bulat menyetujui Premier League maupun FA tidak akan mendukung atau mendorong proposal Proposal Project Big Picture.

Proposal itu antara lain berisi perubahan struktur pemungutan suara di Liga Inggris, serta model pendanaan untuk  English Football League (EFL) dan Footbal Association (FA).

Klub-klub juga telah sepakat untuk bekerja secara kolektif dan dengan transparansi tentang rencana masa depan yang melibatkan struktur atau keuangan sepak bola Inggris.

Proposal yang telah ditolak ini awalnya diinisiasi oleh Liverpool, dengan dukungan Manchester United. 

"Semua 20 klub Liga Premier hari ini dengan suara bulat setuju bahwa Project Big Picture tidak akan didukung atau didorong oleh Premier League atau FA," tulis klub-klub Premier League dalam pernyataan bersama. 

Apa sebenarnya Project Big Picture itu? Berikut penjelasan singkatnya. 

 

2 dari 3 halaman

Isi Project Big Picture

Salah satu yang paling menarik perhatian dalam proposal ini adalah pengajuan perubahan tim peserta Premier League. Dalam Project Big Picture tercantum usulan mengurangi jumlah peserta dari 20 tim menjadi 18.

Hanya ada dua tim yang bakalan turun ke divisi Championship setiap tahunnya, dan digantikan dua tim dari divisi tersebut. Lalu tim ketiga terbawah di Premier League akan bertarung dengan tim peringkat ketiga, keempat dan kelima divisi Championship dalam babak play-off.

Proposal tersebut juga mengajukan penghapusan Community Shield. Carabao Cup juga disebutkan di dalamnya. Namun belum jelas apakah Carabao Cup diusulkan untuk dihapuskan atau hanya diikuti oleh tim yang tidak berpartisipasi di ajang Eropa.

Lebih lanjut, proposal itu juga menginginkan Premier League digelar di akhir bulan Agustus agar tim bisa menggelar lebih banyak partai uji coba. Untuk mengisi jeda waktu yang cukup panjang, setiap lima tahun sekali akan diadakan turnamen musim panas.

 

3 dari 3 halaman

Beberapa Regulasi Diperketat

Bukan cuma soal kompetisi, regulasi peminjaman pemain juga diperketat. Klub hanya dibolehkan mengirim 15 pemain ke klub lain dengan status pinjaman dengan maksimal empat pemain untuk satu klub.

Berikutnya ada soal regulasi pemasukan yang diterima oleh Premier League. Enam persen dari pemasukan dialokasikan untuk pengembangan stadion yang digunakan dalam empat divisi berbeda dan tiket penonton dari tim tandang dipatok sebesar 20 pounds saja (setara Rp380 ribu).

Pihak yang menolak proposal ini beranggapan Project Big Picture hanya akan menguntungkan buat klub besar. Dengan begitu, mereka bisa menjadi lebih kuat dibanding sekarang.

Perlu diketahui bahwa 'Project Big Picture' ini sebenarnya sudah disusun sejak lama, tepatnya pada 2017. Tapi sehubungan dengan adanya pandemi, diskusi mengenai proposal tersebut dipercepat.

Diketahui juga bahwa FA akan menerima hadiah jika proposal ini terlaksana dengan nilai 100 juta pounds (hampir mencapai Rp2 Triliun).

Sumber: Sky Sports, BBC 

Disadur dari: Bola.net (published 15/11/2020)

Video Populer

Foto Populer