Sukses


Liga Inggris: Mohamed Salah Cetak Gol Ke-100, Liverpool Gagal Bawa Pulang 3 Poin dari Markas Everton

Bola.com, Jakarta - Liverpool gagal membawa pulang tiga poin dari markas Everton, Goodison Park, setelah hanya bermain imbang 2-2 dalam laga bertajuk Derby Merseyside itu, Sabtu (17/10/2020). Kendati demikian Mohamed Salah mencatatkan rekor dengan mencetak gol ke-100 bersama The Reds.

Liverpool hanya butuh waktu tiga menit untuk meraih keunggulan lebih dulu di Goodison Park. Sadio Mane membawa The Reds unggul lewat gol yang diciptakannya setelah mendapatkan umpan silang mendatar dari Andy Robertson yang berada di sisi kiri.

Dalam waktu 11 menit, Liverpool harus melakukan pergantian pemain yang cepat. Virgil van Dijk harus ditarik keluar setelah mendapat tekel dari kiper Everton, Jordan Pickford. Joe Gomez masuk untuk menggantikan Van Dijk.

Everton berhasil bangkit dan menyamakan keddukan pada menit ke-20. Tim tuan rumah memanfaatkan lubang yang ditinggal Van Dijk dengan sebuah gol sundulan Michael Keane yang memaksimalkan umpan dari James Rodriguez.

The Toffees juga harus melakukan pergantian cepat. Tepatnya pada menit ke-31, Seamus Coleman harus ditarik keluar karena mengalami cedera hamstring. Ben Godrey masuk menggantikan bek sayap Everton itu.

Liverpool hampir saja membuat kedudukan menjadi 2-1 pada menit ke-35. Sebuah skema yang sama, di mana Robertson mengirimkan umpan kepada Sadio Mane. Namun, kali ini tidak didukung dengan sebuah penyelesaian akhir yang baik.

Kedudukan imbang 1-1 antara Everton dan Liverpool pun bertahan hingga peluit tanda babak pertama pertandingan ditiupkan oleh wasit Michael Oliver. Baik Everton maupun Liverpool juga kehilangan pemain kuncinya di lini pertahanan pada babak pertama.

Video

2 dari 3 halaman

Gol Ke-100 Mohamed Salah

Permainan di babak kedua makin menarik. Baik Everton maupun Liverpool mencoba untuk mengendalikan jalannya pertandingan. Setelah sejumlah upaya dilakukan oleh kedua tim tersebut, kedudukan berubah pada menit ke-72.

Mohamed Salah membawa The Reds unggul lewat gol yang dicetaknya setelah memanfaatkan kesalahan Yerry Mina dalam melakukan clearance. Gol ini menjadi gol ke-100 yang dicetak oleh pemain asal Mesir itu bagi Liverpool, dan tercipta pada pertandingannya yang ke-159 bersama The Reds.

Namun, kegembiraan The Reds tidak berlangsung lama. Everton mampu kembali menyamakan kedudukan melalui Dominic Calvert-Lewin pada menit ke-81.

Calvert-Lewin mencetak gol dengan cara yang menjadi ciri khasnya, yaitu melompat tinggi dan menyambut umpan silang Digne dengan sundulan yang mengoyak jala gawang Liverpool. Ini menjadi gol ke-10 yang dicetaknya pada musim ini.

Everton harus kehilangan seorang pemain di akhir babak kedua. Richarlison mendapatkan kartu merah karena melanggar keras Thiago Alcantara.

Dalam kondisi unggul jumlah pemain, Liverpool terus menekan pertahanan Everton dan berbuah manis lewat gol Jordan Henderson pada masa injury time. Mendapatkan umpan dari Sadio Mane, kapten Liverpool itu menjebol gawang Everton. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit karena setelah melihat tayangan ulang melalui Video Assistance Referee (VAR), Sadio Mane dianggap sudah berada di posisi offside.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Everton (4-3-3): Jordan Pickford (kiper); Seamus Coleman, Yerry Mina, Michael Keane, Lucas Digne (belakang); Andre Gomes, Allan, Abdoulaye Doucoure (tengah); James Rodriguez, Richarlison, Dominic Calvert-Lewin (depan)

Manajer: Carlo Ancelotti

Liverpool (4-3-3): Adrian (kiper) Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson (belakang); Jordan Henderson, Fabinho, Thiago Alcantara (tengah); Mohamed Salah, Roberto Firmino, Sadio Mane (depan)

Manajer: Jurgen Klopp

Video Populer

Foto Populer