Liga Inggris: 6 Fakta Menarik Setelah Everton Vs Liverpool Imbang, Gol Spesial Mane dan Rekor Kartu Merah

Oleh Yus Mei Sawitri pada 17 Okt 2020, 22:30 WIB
Diperbarui 17 Okt 2020, 22:30 WIB
Sadio Mane, Liverpool
Pemain Liverpool, Sadio Mane (kanan), merayakan gol bersama rekan-rekannya pada laga melawan Everton di Liga Inggris, Sabtu (17/10/2020). (LAURENCE GRIFFITHS / POOL / AFP)

Bola.com, Liverpool - Liverpool hanya bermain imbang 2-2 melawan Everton pada Derby Merseyside di Stadion Goodison Park, Sabtu (17/0/2020). The Reds hampir saja memenangi pertandingan ini, tapi digagalkan VAR. 

Liverpool hanya butuh waktu tiga menit untuk meraih keunggulan lebih dulu di Goodison Park. Sadio Mane membawa The Reds unggul lewat gol yang diciptakannya setelah mendapatkan umpan silang mendatar dari Andy Robertson yang berada di sisi kiri.

Dalam waktu 11 menit, Liverpool harus melakukan pergantian pemain yang cepat. Virgil van Dijk harus ditarik keluar setelah mendapat tekel dari kiper Everton, Jordan Pickford. Joe Gomez masuk untuk menggantikan Van Dijk.

Everton berhasil bangkit dan menyamakan keddukan pada menit ke-20. Tim tuan rumah memanfaatkan lubang yang ditinggal Van Dijk dengan sebuah gol sundulan Michael Keane yang memaksimalkan umpan dari James Rodriguez.

Mohamed Salah membawa The Reds unggul lewat gol yang dicetaknya setelah memanfaatkan kesalahan Yerry Mina dalam melakukan clearance. Gol ini menjadi gol ke-100 yang dicetak oleh pemain asal Mesir itu bagi Liverpool, dan tercipta pada pertandingannya yang ke-159 bersama The Reds.

Namun, kegembiraan The Reds tidak berlangsung lama. Everton mampu kembali menyamakan kedudukan melalui Dominic Calvert-Lewin pada menit ke-81.

Everton harus kehilangan seorang pemain di akhir babak kedua. Richarlison mendapatkan kartu merah karena melanggar keras Thiago Alcantara.

Dalam kondisi unggul jumlah pemain, Liverpool terus menekan pertahanan Everton dan berbuah manis lewat gol Jordan Henderson pada masa injury time. Mendapatkan umpan dari Sadio Mane, kapten Liverpool itu menjebol gawang Everton. Sayangnya, gol tersebut dianulir wasit karena setelah melihat tayangan ulang melalui Video Assistance Referee (VAR), Sadio Mane dianggap sudah berada di posisi offside.  

Apa saja fakta menarik yang tersaji pada laga Liverpool kontra Everton? Berikut lima di antaranya, seperti dilansir Opta. 

 

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik

Liverpool, Everton, Mohamed Salah
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, tengah berusaha untuk mengontrol bola di tengah kepungan pemain Everton. Liverpool bermain imbang 2-2 dengan Everton di Goodison Park, Sabtu (17/10/2020). (AFP/PETER BYRNE)

1. Sadio Mane mencetak gol untuk Liverpool ketika pertandingan baru berjalan 2 menit 15 detik. Dia menjadi pencetak gol tercepat Liverpool di Merseyside Derby pada ajang Premier League, dan tercepat kedua di semua kompetisi (setelah Olivier Dacourt, pada menit pertama di April 1999)

2. Hanya duo Tottenham, Harry Kane (9) dan Son Heung-min yang lebih banyak terlibat dalam terciptanya gol di Premier League dibanding James Rodriguez (3 gol, 3 assist).

3. Mohammed Salah mencetak gol ke-100 dalam 159 laga bersama Liverpool di semua kompetisi. Hanya Roger Hunt dan Jack Parkison yang mencapai milestone tersebut dengan jumlah penampilan lebih sedikit untuk The Reds.

4. Dominic Calvert-Lewin menjadi pemain pertama yang selalu mencetak gol dalam lima pertandingan pertama di liga sejak Tommy Lawton pada 1938/1939.

5. Everton kontra Liverpool menjadi pertandingan yang paling banyak diwarnai kartu merah di era Premier League (22). Everton mendapat 15 kartu merah di antaranya.

6. Liverpool sudah tak terkalahkan dalam 23 pertandingan beruntun melawan Everton di semua kompetisi.

Sumber: Opta 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
Highlights Mola TV: Liverpool 2 vs 1 Sheffield United | Liga Inggris | (25/10/2020)