Liga Inggris: 5 Fakta Penting Kala Manchester United Menang di Markas Newcastle United

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 18 Okt 2020, 15:30 WIB
Diperbarui 18 Okt 2020, 15:52 WIB
Newcastle United Vs Manchester United
Harry Maguire ketika mencetak gol ke gawang Newcastle United. Manchester United menang dengan skor 4-1, Minggu (18/10/2020) dini hari WIB. (AFP)

Bola.com, Jakarta - Manchester United bangkit dari keterpurukan dan meraih kemenangan telak 4-1 atas Newcastle United dalam laga pekan kelima Premier League, Minggu (18/10/2020) dini hari WIB.

Manchester United sempat tertinggal lebih dulu karena gol bunuh diri Luke Shaw. Namun, Harry Maguire berhasil menyamakan kedudukan.

The Red Devils kemudian menambah pundi-pundi gol pada babak kedua. Tiga gol tercipta, masing-masing oleh Bruno Fernandes, Aaron Wan-Bissaka, dan Marcus Rashford.

Kemenangan ini memang belum membawa Manchester United naik ke paruh atas klasemen Premier League. The Red Devils masih berada di peringkat ke-14 dengan enam poin.

Namun, ada sejumlah fakta menarik yang tersaji sepanjang pertandingan antara Manchester United dan Newcastle United. Apa saja fakta menarik tersebut?

2 dari 7 halaman

Perubahan Besar Manchester United

MU
Para pemain Manchester United merayakan gol Aaron Wan-Bissaka pada pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Newcastle United dan MU di St.James 'Park di Newcastle, Inggris, Sabtu, 17 Oktober 2020. (Owen Humphreys / PA melalui AP)

Setelah menelan kekalahan telak 1-6 dari Tottenham Hotspur, Ole Gunnar Solskjaer melakukan perubahan besar terhadap The Red Devils. Manchester United turun ke lapangan melawan Newcastle United dengan tampilan baru, baik dari segi personel maupun formasi.

Absennya Anthony Martial mengharuskan perubahan di lini depan. Solskjaer juga menurunkan Fred dan Scott McTominay di lini tengah. Daniel James, Bruno Fernandes, dan Juan Mata bermain sebagai tiga pemain di belakang Marcus Rashford.

Paul Pogba tidak ada di starting XI saat melawan The Magpies. Pemain asal Prancis tersebut duduk di bangku cadangan bersama gelandang Donny van de Beek.

3 dari 7 halaman

Allan Jadi Ancaman Besar

Manchester United Buat Kejutan di Kandang Newcastle United
Para pemain Newcastle United merayakan gol ke gawang Manchester United pada laga Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Minggu (18/10/2020). MU menang telak dengan skor 4-1. (Owen Humpreys/PA via AP)

Allan Saint-Maximin memiliki pengaruh besar bagi tim Newcastle. Itulah yang membuat The Magpies memutuskan untuk mengikatnya dengan kontrak baru hingga 2026.

Saint-Maximin tampil di sayap kiri Newcastle saat menghadapi Manchester United. Pemain Prancis itu dalam kondisi bagus selama pertandingan dan tak takut menghadapi tantangan.

Scott McTominay tampaknya diberi tugas untuk menjaga Saint-Maximin. Namun, pemain asal Skotlandia itu terlihat kerepotan.

Jika The Magpies ingin finis lebih baik dari posisi ke-13 di liga musim lalu, Saint-Maximin pasti akan menjadi pemain kunci bagi mereka.

4 dari 7 halaman

Harry Maguire Bisa Tampil Lebih Baik

Manchester United, Premier League, Leicester City
Bek Manchester United, Harry Maguire, saat melawan Leicester City pada laga Premier League di Stadion King Power, Minggu (26/7/2020). Manchester United menang dengan dua gol tanpa balas. (Oli Scarff/Pool via AP)

Kapten Manchester United ini mendapat banyak masalah baik di dalam maupun di luar lapangan musim ini. Penampilannya yang buruk untuk Inggris di jeda internasional kemarin juga semakin mencoreng namanya.

Namun, melawan Newcastle, Maguire bisa melupakan masalahnya. Dia menunjukkan performa yang bagus. Tidak hanya mencetak gol, tapi juga mendominasi duel melawan penyerang The Magpies.

Bahkan, Maguire nyaris menambah koleksi golnya di babak kedua karena ia merupakan ancaman saat situasi bola mati.

Manchester United berharap kapten mereka mendapatkan kepercayaan diri dari penampilannya kali ini dan menginspirasi timnya untuk bergerak ke arah yang benar di masa depan.

5 dari 7 halaman

Kiper Newcastle United Mengkhawatirkan

Manchester United Buat Kejutan di Kandang Newcastle United
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford, berebut bola dengan kiper Newcastle United, Karl Darlow, pada laga Liga Inggris di Stadion St. James' Park, Minggu (18/10/2020). MU menang telak dengan skor 4-1. (Owen Humpreys/PA via AP)

Cedera panjang yang dialami Martin Dubravka menjadi kabar buruk buat Newcastle. Sebab, pemain Slovakia itu sudah menjadi pemain favorit di St James ’Park.

Absennya Dubravka membuka pintu bagi Karl Darlow untuk tampil, dan pemain Inggris itu menerima kesempatan itu dengan gembira. Pemain berusia 30 tahun itu tampil cukup bagus melawan Manchester United meski gawangnya kemasukan empat gol.

Darlow berhasil menggagalkan penalti Bruno Fernandes. Selain itu sang kiper juga berhasil membuat delapan penyelamatan sepanjang pertandingan.

Menariknya, Darlow tampil dalam kondisi cedera pada babak kedua sehingga penampilannya merosot tajam. Steve Bruce tentu berharap kondisi sang kiper tidak cedera parah.

6 dari 7 halaman

Rekor Penalti Bruno Fernandes Ternoda

Gelandang MU Bruno Fernandes
Tendangan pemain MU Bruno Fernandes pada pertandingan melawan Newcastle United dan Manchester United di St.James 'Park di Newcastle, Inggris, Sabtu, 17 Oktober 2020. (Owen Humphreys / PA via AP)

Bruno Fernandes sebelumnya memiliki rekor penalti yang sempurna. Gelandang asal Portugal itu tidak pernah gagal melakukan tugasnya mencetak gol dari titik putih.

Namun, rekor tersebut akhirnya terhenti saat Manchester United berhadapan dengan Newcastle. Penalti Fernandes berhasil digagalkan kiper The Magpies, Karl Darlow.

Arah sepakan kaki kanan Fernandes mampu terbaca Darlow. Sejak didatangkan Manchester United pada Januari lalu, ini pertama kalinya Fernandes mengalami kegagalan mencetak gol dari titik putih.

Sumber: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 18/10/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Selain James Rodriguez, 4 Pemain Pendulang Poin ini Juga Berpotensi Absen Akibat Cedera