Liga Inggris: Ryan Giggs Mulai Meragukan Manchester United, Butuh 15 Tahun untuk Juara?

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 30 Okt 2020, 16:00 WIB
Diperbarui 30 Okt 2020, 16:00 WIB
Penyerang Manchester United, Marcus Rashford.
Manchester United meraih kemenangan 5-0 atas RB Leipzig pada laga kedua Grup H Liga Champions di Old Trafford, Kamis (29/10/2020) dini hari WIB. (AFP/Anthony Devlin)

Bola.com, Jakarta - Mantan gelandang kiri Manchester United, Ryan Giggs, memperlihatkan keraguannya melihat The Red Devils bisa menjadi juara Premier League dalam waktu dekat. Baginya, klub berjulukan The Red Devils itu butuh waktu 15 tahun lagi untuk bisa kembali berjaya.

Manchester United selalu menjadi kandidat terkuat juara Premier League pada setiap musimnya. Namun, situasinya seketika berubah ketika manajer legendaris, Sir Alex Ferguson, memilih pensiun dari dunia sepak bola.

Harus ditinggal manajer yang sudah menemani tim selama 27 tahun jelas bukan hal mudah. Manchester United harus melalui transisi dan bukan menjadi hal yang mengejutkan kalau mereka kerap menerima hasil-hasil buruk pada akhir setiap musim.

Bisa dikatakan masa transisi itu masih terus berlanjut hingga sekarang. Ole Gunnar Solskjaer sebagai manajer terkini sedang membimbing Marcus Rashford dkk. di jalur yang tepat. Namun, belum ada jaminan bahwa Manchester United akan sukses dalam waktu dekat.

2 dari 4 halaman

Menunggu Sampai 15 Tahun Lagi

Ryan Giggs, Legenda Manchester United yang Bakatnya Ditemukan Tukang Susu
Pada 2014, Ryan Giggs memutuskan pensiun dari sepak bola dan melanjutkan karier sebagai asisten Louis van Gaal yang menjadi pelatih Manchester United saat itu. (AFP/Paul Ellis)

Saat Manchester United terpuruk, klub-klub besar lainnya bersinar. Dalam dua musim terakhir, perebutan gelar juara Premier League hanya dikuasai oleh dua tim saja, Liverpool dan Manchester City.

Pada musim ini, Manchester City goyah dan Liverpool tengah dihantam badai cedera. Namun, selama Jurgen Klopp dan Pep Guardiola masih menukangi kedua klub tersebut, Giggs ragu Manchester United bisa berjaya.

Lebih parahnya lagi, Giggs yakin Manchester United membutuhkan waktu satu dekade untuk menjuarai Premier League.

"100 persen bisa terjadi. Mungkin 15 atau 20 tahun sampai Anda tersadarkan," ucap Giggs di Greatest Game podcast.

"Terutama apabila Klopp dan Guardiola masih berada di sana, mereka punya sumber daya dan tentu saja pemain yang dibutuhkan," lanjut pria asal Wales yang juga sempat menangani Manchester United itu.

3 dari 4 halaman

Butuh Waktu yang Lama

Pengganti Solskjaer di Manchester United
5. Ryan Giggs - Pelatih Timnas Wales ini bisa mengikuti jejak Solskjaer untuk menahkodai United. Legenda Setan Merah ini sangat paham karakter MU karena telah berada di Old Trafford sejak 1990 hingga 2014. (AFP/Geof Caddick)

Ryan Giggs menjadikan Jurgen Klopp dan Liverpool sebagai bukti bahwa menjuarai Premier League dibutuhkan proses yang panjang dan tidak mudah. Memang, Klopp butuh waktu empat tahun untuk bisa meraih gelar Premier League pertamanya bersama The Reds.

"Bahkan Klopp, butuh waktu empat setengah tahun untuk bisa memenangkannya, butuh waktu yang sangat lama," kata Giggs yang sekarang menukangi Timnas Wales.

"Saya pikir apa yang telah Klopp lakukan, dia berkembang setiap musimnya atau memenangkan trofi, menjuarai Liga Champions, Anda melihat perkembangan, jadi tekanannya mulai berkurang sedikit demi sedikit."

"Sementara setiap pelatih lain, setiap pembelian terlihat seperti 'Dia akan memenangkan liga buat kami', tapi tidak begitu kenyataannya," pungkas mantan gelandang Manchester United itu.

Sumber: Liverpool Echo

Disadur dari: Bola.net (Yaumil Azis, published 30/10/2020)

4 dari 4 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓