Sukses


Liga Inggris: Roberto Firmino Batal Jadi Tumbal, Liverpool Berencana Patenkan Format 4 Striker

Bola.com, Jakarta - Alih-alih menjadikan Roberto Firmino sebagai tumbal Diogo Jota, manajer Liverpool, Jurgen Klopp jusru memainkan keduanya langsung pada laga kontra Manchester City. Pakem ini sepertinya akan terus dimainkan pada laga-laga berikutnya.

Liverpool berjumpa Man City pada pekan ke-8 Premier League, Minggu (8/11/2020) malam WIB. Pada duel di Stadion Etihad itu, kedua tim bermain imbang 1-1.

Liverpool unggul lebih dulu dari gol yang dicetak Mohamed Salah. Setelah itu, Man City membuat skor imbang dari gol Gabriel Jesus. Man City mendapat penalti, tetapi gagal menjadi gol.

Jelang duel lawan Man City, Jurgen Klopp dipusingkan dengan pilihan Roberto Firmino atau Diogo Jota sebagai penyerang tengah. Di luar dugaan, Klopp memainkan keduanya sekaligus.

Termasuk Diogo Jota dan Roberto Firmino, Jurgen Klopp memakai empat penyerang di laga kontra Man City. Sebab, Mohamed Salah dan Sadio Mane juga bermain. Klopp memakai empat penyerang pada formasi 4-2-3-1.

Mohamed Salah dimainkan sebagai penyerang tengah. Firmino berada di belakangnya. Lalu, Sadio Mane dan Diogo Jota bermain di sebelah kiri dan kanan.

"Ketika Anda bisa melakukannya [bermain dengan 4 penyerang] di laga melawan Man City, maka Anda juga bisa melakukannya melawan tim lain," ucap Jurgen Klopp dikutip dari situs resmi Liverpool.

"Ini tidak akan menjadi formasi baru secara permanen, tetapi ada momen ketika kami akan memakainya. Ini sangat membantu kami. Biasanya orang tahu formasi yang kami pakai, sekarang tidak," katanya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Punya Banyak Alternatif

Jurgen Klopp tidak akan bermain dengan empat penyerang terus menerus. Sebab, formasi ini hanya efektif dipakai melawan tim dengan karakter tertentu seperti Man City yang punya build-up bagus di lini belakang.

"Mulai sekarang kami bisa memainkan tiga atau empat sistem berbeda, itu bagus, dan malam ini bekerja dengan sangat baik," kata Jurgen Klopp.

"Kami ingin memakai keterampilan dan kekuatan empat pemain depan pada saat-saat tertentu untuk menyebabkan masalah bagi City. Kami tidak akan memakai format ini setiap saat," tutup manajer asal Jerman.

Sumber: Liverpool

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 9/11/2020)

Video Populer

Foto Populer