Sukses


Dari Lily Allen hingga Chester Bennington, Ini 7 Musisi Dunia yang Mendukung Klub Anti-mainstream

Bola.com, Jakarta - Musik dan sepak bola adalah dua hal yang sulit untuk dilepaskan. Maka bukan hal yang aneh ketika banyak musisi atau artis di dunia permusikan memiliki klub favorit. Tapi bagaimana kalau yang didukung adalah klub-klub yang notabene bukan klub besar?

Musik seakan menjadi bagian integral dalam dunia sepak bola. Bahkan, nyaris setiap kompetisi besar, misalnya Piala Dunia, memiliki music theme yang berbeda tiap edisi.

Tercatat, sejak Piala Dunia 1962 di Chile, panitia kompetisi selalu memiliki lagu khusus. El Rock del Mundial yang dinyanyikan oleh Los Ramblers dan diciptakan oleh Jorge Rojas Astorga menjadi yang pertama.

Pada beberapa edisi Piala Dunia, ada lebih dari satu theme song. Piala Dunia 1986 di Meksiko misalnya, memiliki tiga lagu, yakni A Special Kind of Hero, Hot Hot Hot, dan El Mundo Unido por un Balon.

Makin ke sini, pengisi atau pembuat lagu tema Piala Dunia menjadi satu hal yang dinantikan oleh banyak orang. Lagu Ricky Martin yang berjudul La Copa de la Vida (The Cup of Life) pada PIala Dunia 1998 dan Waka Waka (Shakira, Piala Dunia 2010) diklaim sebagai yang tersukses, selain tentunya We Are the Champions karangan band legendaris asal Inggris, Queen.

Maka tidak heran kalau banyak sekali musisi dunia yang tidak sungkan untuk menunjukkan afiliasi dan kecintaannya terhadap klub sepak bola. Menariknya, prestasi klub tidak menjadi tolok ukur buat mereka.

Ada banyak musisi dunia yang secara terbuka mendeklarasikan dukungannya terhadap klub sepak bola anti-mainstream. Berikut ini Bola.com merangkumnya.

 

Video

2 dari 8 halaman

Dave Grohl - West Ham

Mantan drummer Nirvana yang sekarang menjadi gitaris dan penyanyi utama Foo Fighters adalah penggemar berat sepak bola Liga Inggris.

Dalam wawancara dengan VH1, ia menyebut West Ham sebagai klub pilihannya. West Ham tampaknya memang pilihan yang trendi untuk penggemar selebriti, dan Dave Grohl adalah satu di antaranya.

Penyanti Katy Perry juga kabarnya penggemar West Ham. Hanya saja, banyak yang mengklaim kalau ia sebenarnya ikut-ikutan bekas pacarnya, Russel Brand, yang sudah menjadi fans The Hammers sejak kecil.

Aktris dan penyanyi asal Inggris yang masuk nominasi Oscar Keira Knightley lain cerita. Setelah menyaksikan The Hammers mendapatkan promosi ke EPL pada tahun 2005, Knightley menyatakan dalam sebuah wawancara betapa ia jatuh cinta pada West Ham.

"Suasana di sana (Amerika Serikat) luar biasa. Permainan pada pukul 6 pagi, tapi pub selalu penuh," kata aktris pada film Pirates of Carribbean tersebut.

"Saya berencana untuk menonton semua pertandingan West Ham yang saya bisa musim ini. Kami kembali ke Premier League dan kami akan terus bertahan," ujarnya saat West Ham promosi ke Premier League musim 2005/2006.

3 dari 8 halaman

Rod Stewart - Celtic

Meskipun dia adalah selebritis lain yang juga disebut-sebut mendukung West Ham, klub yang dekat dengan hati penyanyi Skotlandia itu adalah Celtic.

Rod Stewart bahkan menyebutkan cintanya pada klub dalam lagu hitnya "You're in My Heart". Ia dulu juga dikenal sebagai pemain yang cukup berbakat saat berkarier di Brentford.

Setelah gagal menjadi pesepak bola profesional, Rod Stewart masih sering terlihat menyaksikan laga Celtic dan Timnas Skotlandia.

4 dari 8 halaman

Chester Bennington - Ipswich Town

Vokalis Linkin Park, band nu metal kenamaan dunia, Chester Bennington, diketahui sebagai penggemar berat Ipswich Town. Sosok yang meninggal dunia akibat bunuh diri itu dikabarkan selalu menyempatkan diri menyaksikan pertandingan Ipswich Town ketika ke Inggris.

Alan Howard, pensiunan polisi di Suffolk yang juga sahabat dari Lee Bennington, ayah Chester, dikutip dari eadt.co.uk, membenarkan hal tersebut.

"Rekan kerja Lee punya urusan bisnis dengan adik saya, dia dulu sering ke Inggris, lalu saya diperkenalkan dengan Lee, sejak itu kami menjadi teman juga," kata Alan Howard.

"Dia (Lee Bennington) saya ajak ke pertandingan sepakbola. Lama-lama dia mencintai Ipswich Town," sambungnya lagi.

5 dari 8 halaman

Brian Johnson - Newcastle United

Meskipun dianggap sebagai band Australia, penyanyi utama rocker ACDC, Brian Johnson, sebenarnya berasal dari Newcastle dan merupakan penggemar berat tim lokalnya. Johnson bahkan muncul dalam peran cameo sebagai penggemar berkemeja Newcastle United dalam film " Sasaran: Mimpi Dimulai ”.

6 dari 8 halaman

Lily Allen - Fulham

Penyanyi dan fashionista Lily Allen adalah penggemar Fulham. Ayahnya yang seorang aktor, Keith Allen, juga suporter Fulham.

Selain menyukai kriket, penyanyi cantik itu hadir pada kekalahan Fulham di final Liga Europa dari Atletico Madrid di Hamburg pada 2010.

Juga hadir pada pertandingan itu aktor Hugh Grant, penggemar berat Fulham lainnya. Fans Fulham lainnya yakni aktor Daniel Radcliffe dan Benicio Del Toro.

7 dari 8 halaman

Mick Jones - The Clash

Mick Jones, gitaris band punk Inggris, The Clash, adalah suporter Queens Park Rangers. Ia sampai membuatkan lagu berjudul "London Calling", yang kabarnya menggambarkan QPR.

Lagu tersebut sering diputar di Loftus Road, markas QPR sebelum pertandingan dimulai.

8 dari 8 halaman

Slash - Stoke City

Tumbuh di Stoke tetapi pindah ke Los Angeles ketika masih kecil, Slash ternyata tetap menjadi penggemar Stoke City.

Setelah Stoke menang di Semifinal Piala FA tahun ini, dia men-tweet, "Saya mengetahui bahwa saluran satelit tempat pertandingan itu ditayangkan, saya tidak berlangganan! Tapi saya dengar Stoke menang! Selamat Stoke City!"

Penggemar lainnya termasuk mantan pemain tenis Jeremy Bates, pembawa acara TV Nick Hancock dan komedian Julian Clarey.

Video Populer

Foto Populer