Sukses


James Milner dan Deretan Pemilik Nomor 7 di Liverpool

Bola.com, Jakarta - James Milner merupakan satu di antara senior dalam skuad Liverpool yang kini bernomor punggung 7. Meskipun bukan merupakan pilihan utama, James Milner memiliki dedikasi yang tinggi untuk The Reds dan membuatnya dianggap sebagai salah satu pemimpin di skuad Liverpool.

Jika sebelumnya Liverpool memiliki pemain-pemain bernomor punggung 7 yang mumpuni dalam mencetak gol. James Milner hadir memberikan warna baru untuk pengguna nomor 7 di Liverpool.

James Milner memiliki kemampuan yang spesial sebagai pesepak bola, dia bisa dimainkan di belakang, tengah maupun depan. Sepanjang karirnya hanya posisi bek tengah yang belum pernah dimainkan oleh Milner.

Hal yang disukai oleh pelatih Jurgen Klopp dalam diri James Milner yang siap tempur dimana pun dan kapan pun dibutuhkan. Pengalaman James Milner berada di Premier League juga membuatnya dianggap sebagai sosok pemimpin yang bisa membangun semangat rekan-rekannya.

Bersama Liverpool, James Milner yang tiba di Anfield sejak tahun 2015 telah tampil di 225 laga The Reds dengan raihan 26 gol dan 40 assists. Catatan tampil yang tidak sedikit dan membuatnya pantas dianggap sebagai pemain yang pantas mengenakan nomor 7 di Liverpool.

Sebelumnya nomor punggung 7 di Liverpool juga dipakai oleh pemain-pemain kelas dunia. Siapa saja? Berikut empat namanya sebelum James Milner.

Video

2 dari 5 halaman

Luis Suarez

Luis Suarez menjadi bukti nyata, bahwa nomor punggung 7 merupakan nomor yang sudah sepantasnya dimiliki pemain penting untuk Liverpool. Datang dari Ajax di tahun 2011, Luis Suarez di awal kedatangannya tidak terlalu menonjol penampilannya.

Namun, seiring musim berjalan Luis Suarez tampil semakin matang dan berkembang. Luis Suarez pun membawa Liverpool menjadi salah satu penantang di Premier League, puncaknya di musim 2013/14 ketika Suarez menjadi top skor dengan 31 golnya.

Bersama Liverpool, Luis Suarez semakin mematenkan dirinya sebagai striker mematikan dan akhirnya dilego ke Barcelona dengan harga 81,72 juta euro. Luis Suarez meninggalkan Liverpool setelah tampil di 133 laga dengan raihan 82 gol dan 47 assists.

3 dari 5 halaman

Robbie Keane

Robbie Keane sempat berada di Anfield Stadium dengan nomor punggung 7 dan dikenal sebagai striker cepat yang mematikan. Musim sebelumnya di Tottenham, Robbie Keane mencetak 15 gol di Premier League, hal yang diharapkan bisa diulanginya di Liverpool.

Namun, di Liverpool Robbie Keane hanya seumur jagung dan hanya digunakan selama setengah musim sebelum akhirnya dipinjamkan kembali ke Tottenham. Akhirnya, Robbie Keane pun dijual permanen kembali ke Tottenham untuk musim selanjutnya.

Di Liverpool, Robbie Keane tampil 28 kali di semua kompetisi dengan raihan tujuh gol serta lima assist.

4 dari 5 halaman

Harry Kewell

Harry Kewell merupakan pemain Australia yang pernah berkostum Liverpool selama lima musim dengan nomor punggung 7. Kewell didatangkan dari Leeds United, setelah berhasil tampil cemerlang dengan 57 gol dan 10 assists di 225 laga Leeds.

Kedatangan Kewell kemudian diiringi ekspektasi besar ketika datang ke Liverpool tahun 2003. Namun sayang cedera banyak menghambat karirnya bersama Liverpool, sehingga Kewell hanya mampu berkontribusi lewat 16 gol dan sembilan assists dari 139 kali kesempatannya.

Harry Kewell kemudian dilepas dengan gratis ke Galatasaray untuk musim 2008/09.

5 dari 5 halaman

Vladimir Smicer

Smicer sempat menggunakan nomor punggung 7 Liverpool sebelum kedatangan Harry Kewell di 2003. Bersama Liverpool Smicer sukses mendapatkan memori indah dalam karirnya ketika menjadi salah satu pencetak gol dalam kebangkitan di final Liga Champions 2005 kontra AC Milan.

Pemain asal Republik Ceko ini selama enam musim membela Liverpool tampil sebanyak 184 kali dengan raihan 19 gol serta 25 assists. Vladimir Smicer juga dikenal dengan kemampuannya tampil di berbagai posisi gelandang.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Muhamad Raka Saputra/Serafin Unus Pasi)

Video Populer

Foto Populer