Sukses


Trent Alexander-Arnold dan 4 Bek Sayap Kanan Terbaik di Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Bola.com, Jakarta - Sejak mulai bergulir pada 1992 silam, Liga Inggris dengan nama baru Premier Legue telah memunculkan banyak bek kanan berkualitas. Banyak di antaranya telah memainkan peran penting dalam kesuksesan tim yang dibelanya.

Trent Alexander-Arnold, contohnya. Usai memenangkan trofi Liga Champions, pemain berusia 22 tahun tersebut membantu Liverpool meraih gelar juara Liga Inggris musim lalu.

Sepak bola modern sudah membuat tugas menyerang bek kanan sering melampaui tanggung jawabnya dalam bertahan. Pemain di posisi itu harus punya kemampuan berlari cepat, memberikan umpan silang, dan kemudian kembali ke posisi semula.

Karena itu, tugasnya tidak hanya bertahan. Tapi, juga menjadi pelayan untuk penyerang mencetak gol. Bahkan, dia juga bisa mencetak gol sendiri. Berikut 5 bek kanan terbaik dalam sejarah Liga Inggris seperti dikutip dari Sportskeeda.

Video

2 dari 6 halaman

Gary Neville

Gary Neville tampil konstan di posisi bek kanan Manchester United (MU). Kehadiran salah satu anggota dari Manchester United's legendary Class of 92 itu menciptakan hegemoni di Liga Inggris dan juga menikmati kesuksesan besar di Eropa.

Neville lincah, pekerja keras, dan ulet sebagai bek sayap. Dia membentuk kemitraan yang hebat di sisi kanan dengan David Beckham saat keduanya membangun serangan.

Seorang kapten MU, anggota PFA Team of the Century, dan salah satu pelayan klub terhebat, Neville memenangkan 20 trofi yang luar biasa selama kariernya bersama MU.

3 dari 6 halaman

Branislav Ivanovic

Branislav Ivanovic masih bermain di Liga Inggris bersama West Bromwich Albion. Namun, kariernya cemerlang saat bermain untuk Chelsea.

Ivanovic menjadi andalan Chelsea selama sembilan musim di posisi bek kanan. Bersama The Blues, dia memenangkan tiga gelar Liga Inggris, sejumlah trofi Eropa, dan domestik lainnya setelah bergabung pada 2009.

Tinggi, secara fisik mengesankan dan kuat, Ivanovic juga seorang finisher yang hebat serta mencetak banyak gol penting untuk Chelsea. Bisa dibilang sebagai bek paling menakutkan dalam daftar ini.

Dia mampu bermain di berbagai posisi di belakang. Bagi banyak orang, Ivanovic adalah penandatanganan terbaik yang dibuat oleh Chelsea selama era kesuksesan mereka.

 

4 dari 6 halaman

Lee Dixon

Legenda Arsenal, Lee Dixon masuk dalam daftar bek kanan terbaik sepanjang sejarah Liga Inggris. Dia mulai bermain untuk Arsenal pada 1988 sampai 2002 dan memenangkan gelar juara Divisi Pertama serta Liga Inggris dua kali berturut-turut.

Bek kanan yang solid, Dixon lebih berpikiran defensif daripada menyerang. Dari 459 kali penampilan untuk Arsenal, dia sangat bagus dalam melakukan overlap, mencetak 17 gol, dan membuat sembilan assist.

5 dari 6 halaman

Kyle Walker

Di usia 30 tahun, Kyle Walker belum kehilangan kecepatan tinggi yang membuatnya menjadi salah satu yang terbaik di posisinya.

Walker, yang pernah disebut sebagai bek kanan terbaik di dunia oleh Manajer Manchester City Pep Guardiola, pertama kali dikenal di Tottenham Hotspur. Ia kemudian pindah ke City untuk menjadi bagian dari salah satu tim Liga Inggris terhebat saat memenangkan dua gelar berturut-turut.

Meski tidak mencetak banyak gol, kemampuan Walker untuk menyatu dengan permainan menyerang indah City telah membuatnya mendapatkan 14 assist selama waktunya di Etihad.

6 dari 6 halaman

Trent Alexander-Arnold

Sulit dipercaya Trent Alexander-Arnold baru berusia 22 tahun. Bek kanan Liverpool itu telah menjadi pusat kebangkitan klub di bawah asuhan Jurgen Klopp setelah memenangkan gelar juara Liga Inggris, Piala Dunia Antarklub, dan trofi Liga Champions.

Cemerlang dalam memberikan operan dan impresif melancarkan serangan balik. Selain itu, Trend Alexander-Arnold juga salah satu pengambil tendangan bebas terbaik di Liga Inggris.

Kemitraannya dengan Andy Robertson di sayap lain telah berperan penting dalam sepak bola ajaib yang dimainkan Liverpool belakangan ini, terutama di Liga Inggris. Hubungan mereka dengan tiga penyerang Liverpool terus tumbuh lebih kuat seiring waktu.

Sumber: Sportskeeda

Video Populer

Foto Populer