Liga Inggris: Cerita Kesepakatan Transfer Rp2,5 Triliun Ansu Fati dan Manchester United yang Urung Terwujud

Oleh Yus Mei Sawitri pada 22 Nov 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 22 Nov 2020, 21:00 WIB
Top Skor Sementara Liga Spanyol, Suarez Produktif dan Lionel Messi Terpuruk
7. Ansu Fati (4 gol) - Bocah ajaib ini tampil memukau di setiap laganya bersama Barcelona. Namun nahas, Ansu Fati harus menepi selama empat bulan akibat cedera yang dialaminya pada laga Barcelona menghadapi Real Betis beberapa waktu lalu. (AFP/Lluis Gene)

Bola.com, Jakarta - Manchester United dikabarkan sudah mencapai kesepakatan dengan agen Ansu Fati, Jorge Mendes, untuk kepindahan dari Barcelona pada musim panas 2020. Kesepakatan transfer itu disebut-sebut senilai 133 juta pounds atau setara Rp2,5 triliun. 

Meskipun kesepakatan personal antara Manchester United dan Mendes sudah tercapai, transfer itu gagal terwujud. Barcelona tidak menyetujui transfer itu dan Ansu Fati tetap bertahan di Camp Nou. 

Setan Merah memang dikabarkan ngebet memboyong Fati yang dinilai sebagai salah satu youngster terbaik di kancah sepak bola dunia saat ini. Menurut Sport, yang dikutip Mirror, Minggu (22/11/2020), manajer MU Ole Gunnar Solskjaer ingin merekrut Fati setelah gagal mendapatkan tanda tangan Jadon Sancho dari Borussia Dortmund. 

Bahkan, MU rela merogoh kocek dalam-dalam meskipun tengah menghadapi kesulitan finansial. Red Devils melaporkan kerugian sekitar 200 juta pounds (Rp3,7 triliun) pada musim itu. 

Fati sebenarnya memiliki klausul pelepasan pada kontraknya. Namun, nilainya terlalu tinggi untuk ditebus MU, yaitu 357 juta pounds (Rp6,7 triliun). 

Bakat Ansu Fati memang sulit diabaikan. Pemain berusia 18 tahun itu sudah membukukan 43 laga bersama Barcelona. Selama periode itu, ia menyumbangkan 13 gol dan lima assist. 

Ansu Fati juga berhasil menembus skuad Timnas Spanyol dan telah mengantongi empat caps. Catatan-catatan fenomenal Ansu Fati benar-benar membuat Manchester United tergoda, tapi akhirnya gagal terwujud. 

2 dari 3 halaman

Segera Teken Kontrak Baru

Gerard Pique Kartu Merah, Barcelona Pesta Gol di Laga Pembuka Liga Champions 2020/2021
Penyerang Barcelona, Lionel Messi, merayakan gol yang dicetak Ansu Fati ke gawang Ferencvaros pada matchday 1 Grup G Liga Champions 2020/2021 di Camp Nou, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB. Barcelona menang 5-1 atas Ferencvaros. (AFP/Lluis Gene)

Di sisi lain, Barcelona dikabarkan berada di jalur yang tepat dalam upaya mereka memperpanjang kontrak Ansu Fati di Camp Nou.

Kontrak Fati di Barcelona akan berakhir pada musim panas 2022. Barcelona pun langsung memagari sang pemain dengan menaikkan klausul pelepasan menjadi 367 juta pounds (Rp6,9 triliun).

Menurut Marca, Barcelona ingin mengikat pemain Spanyol itu dengan kontrak jangka panjang yang baru. Sejauh ini, perkembangan negosiasi mereka lancar.

Laporan tersebut juga mengklaim bahwa pembicaraan antara kedua pihak tidak ada halangan. Barcelona dikabarkan akan mengumumkannya dalam waktu dekat.

Pemain Timnas Spanyol itu berusia 18 tahun pada akhir bulan lalu tetapi sudah menjadi pemain kunci Barcelona.

Sumber: Mirror, Marca 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓
5 Stadion Terbesar Liga Inggris, Old Trafford Nomor Satu