5 Pesepak Bola asal Spanyol yang Sukses Menaklukkan Liga Inggris: Mulai David De Gea hingga Adama Traore

Oleh Ario Yosia pada 27 Nov 2020, 09:10 WIB
Diperbarui 27 Nov 2020, 09:10 WIB
Premier League - David De Gea, Sergio Reguilon, Adama Traore
Premier League - David De Gea, Sergio Reguilon, Adama Traore (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Liga Inggris yang populer dengan nama Premier League menjadi salah satu liga yang paling kompetitif dan tentunya menarik perhatian pemain-pemain dari luar Inggris. Pemain dari Spanyol yang memiliki skill permainan yang baik pun kerap memilih hijrah ke Inggris untuk merasakan ketatnya persaingan kompetisi satu ini.

Banyak dari pemain Spanyol yang tidak sulit beradaptasi di Inggris, dengan cepat mereka mengukuhkan dirinya sebagai pemain kunci dan mengangkat performa klubnya. Wolverhampton merasakan betul dihuni bintang asal Spanyol dan meledak dalam beberapa musim ke belakang.

Meskipun Wolverhampton kental dengan pemain asal Portugal namun tidak pungkiri ada satu pilar tak tergantikan asal Spanyol yakni Adama Traore. Pemain tersebut menjadi kunci di setiap musimnya sejak kedatangannya dari Middlesbrough, dan dua kali Wolves dibawanya finish posisi tujuh.

Musim ini, ada Tottenham yang mendapatkan kepingan emas dari Spanyol di sektor bek kiri. Sergio Reguilon dengan cepat beradaptasi dan baru saja menampilkan permainan yang stabil. Di laga melawan Manchester City, pelatih Jose Mourinho pun dibuat kagum berkat kemampuan Reguilon mematikan gerak dari Riyad Mahrez.

Bukan hanya dua nama tersebut masih ada pemain asal Spanyol lain yang sukses mengecap diri sebagai pemain kunci dari timnya. Siapa saja berikut lima nama disadur dari Sportskeeda.

2 dari 7 halaman

Sergio Reguilon

Gol Son Heung-min dan Lo Celso Antar Tottenham Tekuk Manchester City
Gelandang Tottenham Hotspur, Sergio Reguilon berebut bola dengan bek Manchester City, Kyle Walker pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di Stadion Tottenham Hotspur di London, Inggris, Sabtu (21/11/2020). Tottenham menang atas City 2-0. (Neil Hall/Pool via AP)

Sergio Reguilon langsung memainkan peran penting sejak awal kedatangannya di musim ini. Reguilon langsung menjadi pilihan utama Jose Mourinho, dan kini Spurs pun sukses bertengger di papan atas Premier League di kala tim lainnya tampil inkonsisten.

Musim ini Reguilon telah main di sembilan laga Tottenham di berbagai ajang, dari kesempatannya tersebut Reguilon telah mengoleksi tiga assists. Reguilon juga aktif di lapangan dan bisa bertahan dengan baik serta membantu penyerangan dengan baik.

Reguilon baru-baru ini pun dikabarkan baru saja menang taruhan atas pelatihnya Mourinho yang berjanji akan membelikannya ham jika berhasil menjaga Riyad Mahrez. Reguilon akhirnya berhasil melakukannya dan tak sekalipun Mahrez sukses melewati Reguilon.

3 dari 7 halaman

Adama Traore

Spanyol Menyerah di Markas Ukraina
Penyerang Spanyol, Adama Traore, berusaha melewati pemain Ukraina, Ruslan Malinovskiy, pada laga UEFA Nations League di Stadion Olimpiyskiy, Rabu (14/10/2020). Ukraina menang dengan skor 1-0. (AP/Efrem Lukatsky)

Adama Traore bukanlah siapa-siapa sebelumnya, tidak terpakai di Barcelona, dan tidak terlalu menarik perhatian di Aston Villa maupun Middlesbrough. Nasibnya berubah ketika dia dibayar 20 juta euro oleh Wolverhampton.

Sejak kedatangannya performa Wolverhampton melesat dan menjadi klub yang bisa menakutkan untuk lawannya di Premier League. Satu laga paling menonjol untuk Adama Traore ketika dia menjadi aktor utama comeback timnya atas Manchester City musim lalu dengan kecepatan dan fisiknya yang kokoh.

Hingga kini, Adama Traore pun menjadi salah satu winger yang diperhitungkan dan dianggap sebagai pemain yang licin dan sangat cepat. Musim ini Adama Traore masih menjadi andalan untuk tim asuhan Nuno Santo.

4 dari 7 halaman

Ferran Torres

Manchester City Hajar Olympiakos Tiga Gol Tanpa Balas
Penyerang Manchester City, Ferran Torres, berebut bola dengan pemain Olympiakos, Pape Abou Cisse, pada laga Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu (4/11/2020). Manchester City menang dengan skor 3-0. (AP/Dave Thompson)

Manchester City menutup lubang yang ditinggalkan Leroy Sane dengan tambalan pemain asal Spanyol, Ferran Torres yang ditebus dari Valencia. Permainannya yang apik selama di Valencia pun berhasil dilanjutkannya dalam seragam City.

Meskipun baru berseragam City musim ini, Ferran Torres tidak canggung dan telah terlibat dalam enam gol Manchester City di semua ajang. Rinciannya empat gol dan dua assists telah diberikan dari 11 penampilannya.

Pelatih Pep Guardiola pun kini dengan cepat dibuat lupa akan peran Leroy Sane yang sukses diemban Ferran Torres. Pep Guardiola juga menyukai kemampuan finishing yang dimiliki Torres, dan tidak terlalu pusing dengan striker tengahnya jika sulit mencetak gol.

5 dari 7 halaman

David De Gea

Son Heung-Min
Winger Tottenham Hotspur striker Son Heung-Min (tengah) menaklukkan kiper Manchester United (MU) David de Gea pada laga Liga Inggris di Old Trafford, Minggu (4/10/2020). (AFP/Oli Scarff)

Meskipun beberapa musim ke belakang kerap dikritik karena performanya dianggap menurun, De Gea pantas disebut sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Catatan kiper berusai 30 tahun tersebut juga baik, De Gea memiliki 146 clean sheets, 116 di antaranya dibuat di Premier League.

David De Gea juga merupakan salah satu warisan Alex Ferguson yang masih bertahan hingga kini. De Gea selalu menjadi pilihan utama dan telah tampil sebanyak 416 kali di semua kompetisi bersama Manchester United.

Kedatangan Dean Henderson yang tampil apik selama masa peminjaman pun belum cukup untuk menyingkirkan De Gea sebagai kiper utama United. Kiper ini pun jauh dari kata kontroversi dan selalu terlihat tenang dengan keberadaanya di United.

  

6 dari 7 halaman

Thiago Alcantara

Timo Werner, Thiago Alcantara
Penampilan pemain anyar Liverpool, Thiago Alcantara (kanan), dan gelandang Chelsea, Timo Werner, pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, Minggu (20/9/2020). (AFP/Michael Regan)

Salah satu maestro lini tengah baru di Premier League yang menarik perhatian adalah Thiago Alcantara yang sukses mempertahankan performa apiknya selama karirnya. Setelah meraih treble winners bersama Bayern, Thiago pun merasa perlu mencari tantangan baru karena telah memiliki segalanya di Jerman.

Thiago Alcantara mampu mengontrol tempo permainan Liverpool dengan baik serta memiliki anugerah dari umpan-umpan magisnya. Awal musim ini memang tidak berjalan lancar untuk Thiago karena terhambat cedera dan virus COVID-19, sehingga Thiago baru bisa tampil di dua laga Premier League.

Namun, di dua laga tersebut Thiago telah memberikan kesan yang sangat baik untuk Liverpool dan jika fit dirinya pun tidak akan sulit menampilkan kepiawaiannya.

Sumber asli: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Muhamad Raka Saputra, Published 26/11/2020)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓