Sukses


Selain Kemenangan atas Southampton, Ini 5 Comeback Terbaik dalam Sejarah Manchester United

Bola.com, Jakarta - Manchester United kembali mencetak sebuah comeback yang luar biasa pada pekan ke-10 Premier League, Minggu (29/11/2020). Datang ke markas Southampton, The Red Devils yang tertinggal dua gol lebih dulu mampu bangkit dan memenangi pertandingan dengan skor 3-2.

Dalam laga yang dihelat di St. Mary's Stadium itu, Manchester United tertinggal dua gol setelah Jan Bednarek dan James Ward-Prowse berhasil membawa tim tuan rumah unggul 2-0 pada paruh pertama pertandingan. Namun, masuknya Edinson Cavani pada awal babak kedua membawa perubahan cukup signifikan bagi The Red Devils.

Edinson Cavani memberikan assist kepada Bruno Fernandes yang mencetak gol pertama Manchester United. Setelah itu, striker Uruguay itu berhasil mencetak dua gol yang menentukan kemenangan The Red Devils.

Tentu saja kemenangan ini menjadi sebuah comeback yang sangat bagus bagi Manchester United. Namun, dalam sejarahnya, tim yang kini diasuh oleh Ole Gunnar Solskjaer itu beberapa kali berhasil bangkit dari ketinggalan dan kemudian memenangi pertandingan.

Berikut daftar comeback yang pernah diraih oleh Manchester United seperti yang dilansir dari Bola.net.

Video

2 dari 6 halaman

Manchester United Vs Liverpool (Babak Keempat Piala FA 1998/1999)

Dalam laga yang dihelat di Old Trafford pada 24 Januari 1999, Manchester United menjamu Liverpool dalam babak keempat Piala FA 1998/1999. Namun, baru tiga menit pertandingan berjalan gawang Manchester United yang dikawal Peter Schmeichel dibobol oleh Michael Owen.

Terlepas dari gencarnya serangan Manchester United, keuntungan Liverpool bertahan sampai laga nyaris berakhir. Namun, harapan The Reds untuk membungkam Manchester United di depan para pendukungnya harus sirna ketika Dwight Yorke membobol gawang mereka pada menit ke-88.

Para pemain Liverpool sudah berpikir mengenai laga ulangan yang harus dilakukan di Anfield jika laga ini berakhir imbang. Sayang, hal itu tidak menjadi kenyataan.

Dua menit setelah Yorke mencetak gol, giliran Ole Gunnar Solskjaer yang membuat David James memungut bola dari dalam gawangnya. Manchester United melenggang ke babak selanjutnya dengan kemenangan 2-1.

3 dari 6 halaman

Tottenham Vs Manchester United (Pekan 8 Premier League 2001/2002)

Manchester United bertandang ke markas Tottenham Hotspur, White Hart Lane, pada pekan kedelapan Premier League 2001/2002. Saat pertandingan baru berlangsung 15 menit, Dean Richards membobol gawang Manchester United. Bahkan 10 menit berselang, Fabien Barthez harus kembali memungut bola dari gawangnya, di mana Les Ferdinand membawa Tottenham unggul 2-0 atas The Red Devils.

Ketika memasuki menit akhir babak pertama, giliran Christian Ziege yang membuat Manchester United akan sulit pulang dari White Hart Lane dengan membawa tiga poin. Tottenham Hotspur unggul 3-0 saat paruh pertama pertandingan berakhir.

Namun, Manchester United bangkit pada babak kedua. Hanya satu menit setelah babak kedua dimulai, Andy Cole mencetak gol pertama Manchester United. Laurent Blanck kemudian menambah pundi gol The Red Devils pada menit ke-58, dan Ruud van Nistelrooy mencetak gol ketiga Manchester United pada menit ke-72.

Berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan, Manchester United tidak mengendurkan serangannya. Sebastian Veron membuat The Red Devils berbalik unggul lewat gol yang dicetaknya pada menit ke-76. Tiga menit sebelum laga usai, David Beckham memastikan Manchester United pulang dengan tiga poin lewat kemenangan 4-2 atas Tottenham.

4 dari 6 halaman

Manchester City Vs Manchester United (Pekan 14 Premier League 1993/1994)

Manchester United bertandang ke markas sang tetangga, Manchester City, pada pekan ke-14 Premier League 1993/1994. Pertandingan ini dihelat di Maine Road pada 7 November 1993.

Dalam pertandingan ini, Manchester United tertinggal setelah Niall Quinn mencetak gol pada menit ke-21. Sebelas menit berselang, Peter Schmeichel kembali harus memungut bola dari dalam gawangnya. Niall Quinn berhasil mencetak gol keduanya ke gawang Manchester United dalam laga ini. 

Asa Manchester United meraih poin terjadi pada babak kedua. Eric Cantona mencetak gol pada menit ke-52 untuk memperkecil jarak. Tak puas hanya mencetak satu gol, pemain berjulukan The King itu mencetak gol kedua pada menit ke-77 untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Manchester United akhirnya berhasil meraih kemenangan. Roy Keane, yang saat itu masih berstatus bintang muda, berhasil mencetak gol pada menit ke-86. Keunggulan 3-2 untuk Manchester United bertahan hingga pertandingan berakhir.

5 dari 6 halaman

Juventus Vs Manchester United (Leg 2 Semifinal Liga Champions 1998/1999)

Manchester United bertandang ke markas Juventus pada leg kedua semifinal Liga Champions 1998/1999. Pertandingan ini dihelat di Stadion Delle Alpi pada 21 April 1999.

Dalam pertandingan ini, Manchester United berada dalam posisi yang tidak diuntungkan. Dalam leg pertama yang digelar di Old Trafford, Manchester United hanya bermain imbang 1-1, di mana gol tandang menjadi keuntungan bagi Juventus yang masih menjamu The Red Devils di Delle Alpi pada leg kedua.

Manchester United pun memulai pertandingan dengan tidak bagus. Baru berjalan 11 menit, The Red Devils tertinggal dua gol lewat brace Filippo Inzaghi, masing-masing pada menit keenam dan 11'.

Namun, Roy Keane mampu membalas dengan gol pada menit ke-24. Sepuluh menit berselang, Dwight Yorke berhasil membuat kedudukan menjadi imbang 2-2.

Saling serang terjadi dalam sepanjang pertandingan. Manchester United akhirnya mampu meraih tiket ke final setelah Andy Cole mampu menjebol gawang Angelo Peruzzi pada menit ke-83.

Kemenangan 3-2 ini membawa Manchester United lolos ke final Liga Champions dengan agregat 4-3.

6 dari 6 halaman

Bayern Munchen Vs Manchester United (Final Liga Champions 1998/1999)

Setelah menyingkirkan Juventus di semifinal dan melaju ke final, Manchester United menghadapi Bayern Munchen di partai puncak Liga Champions 1998/1999. Pertandingan tersebut digelar di Camp Nou pada 26 Mei 1999.

Dalam laga ini, Manchester United sudah tertinggal sejak menit kelima lewat tendangan bebas yang dilepaskan Mario Basler. Peter Schmeichel tak mampu menghalau bola yang akhirnya mengoyak jala gawangnya.

Setelah tertinggal lebih dulu, Manchester United tidak mendapatkan banyak kesempatan untuk berkembang. Bayern Munchen terus mendominasi permainan dan menekan The Red Devils.

Bahkan para pemain Bayern Munchen siap berpesta ketika Manchester United mendapatkan sepak pojok pada masa injury time. Namun, memanfaatkan kemelut di lini pertahanan Bayern Munchen setelah David Beckham melepaskan sepak pojok, Teddy Sheringham berhasil mencetak gol yang membuat kedudukan menjadi imbang 1-1.

Setelah berhasil menyamakan kedudukan, Manchester United kian semangat menyerang dan kembali mendapatkan sepak pojok. David Beckham kembali mengambil tempatnya untuk mengirimkan bola ke jantung pertahanan Bayern Munchen.

Bola yang sempat mengenai Sheringham kemudian diteruskan oleh Ole Gunnar Solskjaer menjadi gol kedua. Manchester United berbalik unggul dan membatalkan kemenangan di depan mata Bayern Munchen.

Sir Alex Ferguson bahkan tidak bisa menyembunyikan keterkejutannya melihat kemenangan yang diraih tim asuhannya itu.

Sumber: Bola.net (Dendy Gandakusumah/Gia Yuda Pradana, published 30/11/2020)

Video Populer

Foto Populer