Sukses


Liga Inggris: Blunder di Bramall Lane yang Tak Boleh Diulangi Manchester United Dini Hari Nanti

Bola.com, Jakarta - Dengan hanya berbekal satu kemenangan dari empat pertandingan di Liga Inggris 2020/2021, Manchester United akan menghadapi Sheffield United, lawan yang gampang-gampang susah. Berkaca pada pertemuan pertama musim lalu, The Red Devils seharusnya bisa belajar banyak.

Beruntung buat Manchester United, Sheffield United musim ini berbeda dengan musim lalu. Anak asuh Chris Wilder itu untuk sementara menjadi juru kunci dan belum sekalipun meraih kemenangan.

Namun demikian, markas mereka, Bramall Lane, adalah saksi bisu keseruan yang terjadi musim lalu. Kejar mengejar gol terjadi hingga akhirnya kedua kesebelasan bermain imbang 3-3.

Manchester United sempat tertinggal 0-2, lalu berbalik unggul 3-2. Konsentrasi yang pecah membuat anak asuh Ole Gunnar Solskjaer itu kembali kebobolan beberapa saat jelang laga berakhir.

Dini hari nanti, Kamis (18/12/2020), Manchester United kembali ke Bramall Lane dalam kondisi haus akan kemenangan. Sebaliknya, tuan rumah Sheffield United juga butuh tiga poin guna mengangkat posisi tim dari zona degradasi.

 

Video

2 dari 3 halaman

Taktik Solskjaer

Satu di antara sorotan yang patut disimak adalah keputusan Ole Gunnar Solskjaer menerapkan formasi tiga bek pada skema 3-4-3. Saat itu, trio Phil Jones, Harry Maguire, dan Victor Lindelof diplot sebagai bek tengah.

Dasar Solskjaer, ia tampaknya cuma 'iseng-iseng' saja menggunakan formasi tersebut. Setelah laga itu, Phil Jones cuma bermain satu kali hingga akhir musim.

Itu terlihat ketika Jones ditarik keluar pada kick off babak kedua. United sedang tertinggal 0-1, dan mereka kalah statistik shot 1-7 dari Sheffield.

Catatan minor itu menjadi bukti bahwa Solskjaer tak boleh bermain-main lagi. Memainkan susunan pemain terbaik adalah langkah paling bijaksana saat kembali ke Bramall Lane musim ini.

Jones tak bisa disalahkan begitu saja, toh pada beberapa laga, musim ini misalnya, Solskjaer pernah menggunakan formasi 3-4-3 saat berhadapan dengan RB Leipzig. Hasilnya sama-sama kita tahu, Manchester United kandas dan gagal lolos ke fase 16 besar Liga Champions.

Solskjaer jarang menerapkan formasi 3-4-3 musim ini. Menghadapi Sheffield dini hari nanti, jelas pakem 4-2-3-1 bakal kembali digunakan, apalagi Bruno Fernandes akan diandalkan di lini tengah.

Sumber: Manchester Evening News

3 dari 3 halaman

Prakiraan Susunan Pemain

Sheffield United (3-5-2): Ramsdale; Basham, Egan, Jagielka; Baldock, Berge, Ampadu, Fleck, Lowe; Mousset, Burke.

Pelatih: Chris Wilder.

 

Manchester United (4-2-3-1): Henderson; Telles, Maguire, Lindelof, Wan-Bissaka; Pogba, Matic; Rashford, Bruno Fernandes, Mata; Martial.

Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer.

Video Populer

Foto Populer