Sukses


Liga Inggris Perbolehkan Tim Lakukan Pergantian Lima Pemain, Begini Syaratnya

Bola.com, Jakarta - Premier League memberikan lampu hijau terkait wacana pergantian lima pemain seperti yang didengung-dengungkan beberapa klub peserta Liga Inggris. Hanya saja, ada syarat dan ketentuannya.

Sebetulnya, Premier League menolak gagasan pergantian lima pemain. Dari voting yang dilakukan terhadap seluruh klub Liga Inggris, 10 di antaranya menolak.

Sementara, minimal suara yang dibutuhkan adalah 14 berbanding enam. Namun demikian, ada situasi tertentu yang membolehkan klub melakukan lima pergantian pemain.

Premier League tetap mengacu pada tiga pergantian pemain seperti yang sudah-sudah. Tim boleh melakukan dua pergantian pemain tanbahan jika ada pemain yang mengalami cedera kepala.

"Premier League berencana menggunakan dua pemain pengganti yang mengalami gegar otak permanen untuk masing-masing tim, dan untuk menjaga keadilan, tim lawan juga bisa melakukan perubahan pada waktu dan jumlah yang bersamaan," bunyi pernyataan resmi.

Aturan ini akan diterapkan per Januari 2021 dan akan dibahas ulang oleh Premier League pada rapat tahunan International Football Association Board (IFAB).

 

Video

2 dari 2 halaman

Tambah Pemain Cadangan

Namun, telah disepakati bahwa klub-klub sekarang akan diizinkan untuk menambah jumlah pemain cadangan yang menjadi sembilan, berbeda dari biasanya tujuh, meskipun mereka hanya akan diizinkan untuk tetap membuat tiga perubahan.

Premier League menjadi satu-satunya dari lima liga besar utama di Eropa yang melanjutkan dengan tiga pergantian pemain yang diizinkan.

La Liga, Serie A, Ligue 1 dan Bundesliga Jerman semuanya berlanjut dengan aturan lima pemain pengganti sejak diperkenalkan oleh IFAB per bulan Juli.

Sumber: Premier League, Manchester Evening News

Video Populer

Foto Populer