Moises Caicedo, Kombinasi Paul Pogba dan N'Golo Kante yang Jadi Incaran Manchester United

Oleh Gregah Nurikhsani pada 24 Des 2020, 11:45 WIB
Diperbarui 24 Des 2020, 11:45 WIB
Moises Caicedo diincar MU
Moises Caicedo diincar MU (Ist)

Bola.com, Jakarta - Manchester United adalah salah satu dari beberapa klub Liga Inggris yang dikabarkan tertarik dengan jasa wonderkid Ekuador, Moises Caicedo.

Setelah sang pemain remaja tersebut mengungkapkan keinginannya untuk bergabung dengan klub top Eropa dan menyatakan bahwa Manchester United adalah klub favoritnya. Sehingga raksasa Inggris tersebut muncul ada di barisan terdepan untuk mendaratkannya.

Manchester United dilaporkan telah membuka diskusi dengan sang gelandang tengah, yang juga bisa bermain sebagai gelandang box-to-box atau sebagai gelandang bertahan.

Jika dia tiba di Old Trafford, Caicedo hanya akan menjadi orang Ekuador kedua, yang pertama adalah Antonio Valencia mantan kapten United dua musim lalu.

Mempertimbangkan bakat pemain dan hype di sekitarnya, Caicedo bisa berkembang menjadi pemain kelas dunia di klub Inggris tersebut.

Moises Caicedo dicap sebagai pemain dengan perpaduan antara N'Golo Kante dan Paul Pogba. Manchester United kepincut dengan aksinya. Siapakah pemain ini dan mengapa Manchester United menginginkannya?

2 dari 6 halaman

Siapa Moises Caicedo?

Lahir di Santo Domingo pada November 2001, Caicedo bergabung dengan Independiente del Valle pada usia 13 tahun dan melakukan debut seniornya pada usia 17 tahun.

Sang gelandang dianggap sangat penting bagi klub sehingga ia berulang kali sering dimainkan meski usianya masih muda. Saking pentingnya, ia bermain untuk dua tim, yakni tim utama dan U-20 Independiente di Copa Libertadores.

Penampilannya yang mengesankan membuatnya mendapatkan panggilan internasional pertamanya awal tahun ini. Pemandu bakat dari Eropa pun berbondong-bondong memantaunya.

Caicedo bermain di empat pertandingan kualifikasi Piala Dunia, mencetak gol melawan Uruguay dan membuat dua assist melawan Bolivia. Golnya menjadikannya pemain pertama kelahiran abad ke-21 yang mencetak gol di Kualifikasi Piala Dunia CONMEBOL.

3 dari 6 halaman

Gaya Bermain

Anak muda yang serba bisa ini nyaman beroperasi sebagai gelandang bertahan atau box-to-box.

Dia percaya diri dengan bola dan memiliki akurasi passing yang luar biasa. Dalam dua pertandingan pertamanya di tim senior, Caicedo menyelesaikan 63 dari 64 percobaan operannya.

Sang gelandang juga membaca permainan dengan baik dan menempatkan dirinya di posisi yang tepat untuk melakukan intersepsi dan jarak bebas yang penting.

Ketika Caicedo bermain lebih jauh ke depan, dia memiliki energi dan atletis untuk menekan lawan agar melakukan kesalahan.

Ada perbandingan yang jelas antara dua idolanya, Kante dan Pogba, karena atributnya yang mirip.

Gol profesional pertamanya adalah tembakan sensasional dari jarak jauh, mengingatkan pada beberapa serangan yang telah dicetak Pogba selama waktunya di United.

4 dari 6 halaman

Mengapa Manchester United Menginginkannya?

Manchester United menargetkan pemain yang bisa mereka tambahkan ke akademi mereka dan maju ke tim utama. Mereka telah menambahkan Facuno Pellistri dan Willy Kambwala, yang keduanya masuk pada musim panas.

Amad Diallo akan bergabung dengan mereka pada Januari setelah mendapat izin kerja. United menyetujui kesepakatan dengan Atalanta untuk pemain berusia 18 tahun itu pada Oktober, tetapi dia tetap bersama klub Serie A itu selama paruh pertama musim.

United juga merekrut Alejandro Garnacho yang berusia 16 tahun dari Atletico Madrid pada musim panas.

Manchester Evening News melaporkan bahwa klub ingin menyelesaikan kesepakatan untuk Caicedo pada bulan Januari sehingga dia dapat pindah ke Manchester pada Tahun Baru karena peraturan izin kerja.

RB Leipzig dan AC Milan juga tertarik pada gelandang tersebut tetapi United tampaknya telah memenangkan perlombaan untuk mendapatkan tanda tangannya.

5 dari 6 halaman

Ingin Bermain untuk Manchester United

Caicedo tidak merahasiakan keinginannya untuk bergabung dengan United. Dalam sebuah wawancara dengan ECDF di musim panas bahwa mimpinya adalah untuk bermain untuk klub Inggris tersebut.

"Impian saya adalah bermain untuk Manchester United, ada contoh seperti Antonio Valencia yang dengan usaha dan dedikasi bisa sampai ke sana," katanya.

Seperti diketahui, Antonio Valencia adalah pemain pertama dari Ekuador yang bermain untuk United dan menikmati 10 tahun kariernya di Old Trafford, memenangkan sembilan trofi. Menurut The Athletic, mantan kapten United itu dimintai pendapatnya tentang sang gelandang.

Valencia mengatakan kepada klub bahwa dia yakin anak muda itu memiliki potensi besar setelah menyaksikan penampilannya di level internasional.

Independiente juga tampaknya pasrah kehilangan bintang baru mereka, dengan manajer Santiago Morales mengakui ada minat dari Eropa.

"Kami telah menerima tawaran dari klub Eropa untuk Moises Caicedo, kami sedang merundingkan proposal tersebut," katanya awal bulan ini.

"Kemungkinan besar dia tidak akan berada di tim kami pada 2021 karena proposal yang kami terima, sangat sulit untuk mempertahankannya," ujarnya lagi.

Sumber: Berbagai sumber

6 dari 6 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓