Liga Inggris: 9 Fakta Jelang Liverpool Vs West Bromwich, The Reds Kerap Ternyata Kerap Kerepotan

Oleh Yus Mei Sawitri pada 27 Des 2020, 18:30 WIB
Diperbarui 27 Des 2020, 18:30 WIB
Liverpool - Ilustrasi Jurgen Klopp dan Pemain
Liverpool - Ilustrasi Jurgen Klopp dan Pemain (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Liverpool diprediksi menang mudah saat meladeni West Browich Albion pada partai boxing day di Stadion Anfield, Minggu (27/12/2020) pukul 23.30 WIB. Tapi, benarkah The Reds tidak akan menghadapo kesulitan berarti? 

Semenjak pekan lalu, Liverpool berhasil naik ke puncak klasemen Liga Inggris. Mereka berhasil mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-1 dan kini kembali ke posisi teratas. Namun posisi Liverpool jauh dari kata aman, karena dikuntit sekitar lima poin. Jadi kemenangan menjadi harga mati bagi The Reds di laga ini.

Di boxing day tahun ini, The Reds bakal berhadapan dengan West Brom. Ini merupakan pertemuan pertama kedua tim semenjak 2018, sebelum The Baggies terdegradasi ke Championship.

Di masa lalu, West Brom merupakan lawan yang merepotkan bagi Liverpool. Dari enam pertemuan terakhir kedua tim, Liverpool hanya mampu menang dua kali, serta tiga laga berakhir imbang dan satu laga dimenangkan West Brom. Jadi tim promosi ini berpotensi jadi tamu yang menyebalkan bagi sang juara bertahan.

Jika Liverpool punya misi untuk mempertahankan singgasana mereka, The Baggies datang ke Anfield dengan tekad yang tidak kalah kuat. Mereka butuh tiga poin untuk menyelamatkan diri dari zona degradasi, di mana mereka kini menempati peringkat 19 klasemen sementara Liga Inggris.

Mampukah Big Sam dan The Baggies memberikan kado natal yang tidak menyenangkan untuk Liverpool?

 

2 dari 3 halaman

Fakta Menarik

  • Lima dari tujuh pertemuan terakhir di liga antara Liverpool dan West Bromwich berkesudahan dengan imbang.
  • Liverpool hanya menang empat kali dari 13 pertandingan terakhir di Liga Inggris melawan The Baggies (imbang 6, kalah 3). 
  • Liverpool memenangi seluruh tujuh pertandingan kandang di liga musim ini, setidaknya tiga pertandingan lebih banyak dibanding tim mana pun di Premier League.
  • Hasil 1-1 kontra Fulham bulan ini menyudahi rentetan 18 kali kemenangan beruntun Liverpool kontra lawan yang berstatus tim promosi, meskipun di bawah Jurgen Klopp mereka memenangi 14 laga semacam itu di Anfield. 
  • Kekalahan terakhir di kandang yang diderita Liverpool melawan tim promosi adalah saat keok 1-2 dari Blackpool pada 3 Oktober 2010. 
  • Mohamed Salah terlibat dalam langsung dalam 15 gol di 10 penampilannya di Premier League melawan tim promosi, scoring 9 gol dan mencatat enam assist. 
  • Roberto Firmino mencetak tiga gol dalam dua pertandingan terakhir Liverpool di Liga Inggris, jumlah yang sama dengan gol yang dicetaknya dalam 27 penampilan sebelumnya.  
  • The Baggies kalah 29 kali dalam 34 pertandingan di Liga Inggris melawan tim juara bertahan (menang 2, imbang 3). 
  • West Brom mendulang tujuh poin dari 14 pertandingan di musim ini. Tak ada tim yang meraih hasil kurang dari delapan poin setelah 15 laga berhasil menghindari degradasi. 

Sumber: BBC

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓