Liga Inggris: 5 Fakta Menarik Setelah Liverpool Ditahan West Bromwich Albion

Oleh Rizki Hidayat pada 28 Des 2020, 08:45 WIB
Diperbarui 28 Des 2020, 08:45 WIB
Main di Anfield, Liverpool Ditahan Imbang West Bromwich Albion
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah membawa bola saat melawan West Bromwich Albion pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Anfield, Inggris, Senin (28/12/2020). Dengan hasil seri melawan West Bromwich Albion, Liverpool masih kokoh di puncak klasemen. (Clive Brunskill/Pool via AP)

Bola.com, Liverpool - Liverpool gagal meraih tiga poin saat bersua West Bromwich Albion pada pertandingan pekan ke-15 Premier League, Minggu (27/12/2020) malam WIB. The Reds harus puas bermain imbang 1-1 kontra The Baggies.

Bermain di hadapan 200 suporternya yang hadir di Stadion Anfield, Liverpool tampil menekan sejak bola digulirkan. Berdasarkan statistik di situs resmi Premier League, Liverpool mencatatkan 78,1 persen penguasaan bola, berbanding 21,9 persen milik West Brom.

Meski tampil dominan, The Reds kesulitan menembus rapatnya barisan belakang The Baggies. Mohamed Salah dkk. hanya memperoleh dua peluang bagus dari 17 kesempatan.

Di sisi lain, West Bromwich Albion melepaskan lima tembakan yang tiga di antaranya mengarah ke gawang. Minim mendapatkan peluang mencetak gol, Liverpool akhirnya harus puas bermain imbang 1-1.

Gol tunggal The Reds disarangkan Sadio Mane pada menit ke-12. Sementara itu, gol The Baggies tercipta atas nama Semi Ajayi menit ke-82.

Tambahan satu angka ini membuat Liverpool masih nyaman berada di puncak klasemen sementara Premier League dengan nilai 32. The Reds unggul tiga poin atas Everton yang menempati posisi kedua. Adapun West Brom di peringkat ke-19 dengan delapan poin.

Sejumlah data dan fakta menarik tersaji pasca-duel Liverpool versus West Bromwich Albion. Berikut ini adalah perinciannya.

 

2 dari 7 halaman

1. Menelan 6 Kekalahan

Main di Anfield, Liverpool Ditahan Imbang West Bromwich Albion
Gelandang Liverpool, Alex Oxlade-Chamberlain berusaha melewati pemain West Bromwich Albion pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Anfield, Inggris, Senin (28/12/2020). (Stu Forster/Pool via AP)

Liverpool gagal meraih kemenangan dalam enam dari 15 pertandingan di Premier League musim ini. Jumlah tersebut sama seperti yang The Reds dapatkan pada musim 2019/2020.

3 dari 7 halaman

2. Meraih 2 Poin

Main di Anfield, Liverpool Ditahan Imbang West Bromwich Albion
Bek West Bromwich Albion, Semi Ajayi (kanan) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Liverpool menit ke 82 pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Anfield, Inggris, Senin (28/12/2020). (Clive Brunskill/Pool via AP)

Setelah hanya meraih satu poin dari enam pertandingan pembuka pada laga tandang di Premier League musim ini, West Brom sejak saat itu meraih dua poin dari dua pertandingan terakhir di markas lawan, yakni kontra Manchester City dan Liverpool.

4 dari 7 halaman

3. Gagal Menang Kontra Tim Zona Degradasi

Main di Anfield, Liverpool Ditahan Imbang West Bromwich Albion
Bek Liverpool, Joel Matip berusaha mengontrol bola saat melawan West Bromwich Albion pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Anfield, Inggris, Senin (28/12/2020). (Clive Brunskill/Pool via AP)

Ini adalah untuk pertama kalinya Liverpool gagal meraih kemenangan pada laga kandang di Liga Inggris kontra klub yang berada di zona degradasi. Terakhir kali hal serupa terjadi pada saat bersua West Ham United (imbang 2-2), Desember 2016.

5 dari 7 halaman

4. Cetak Gol Lewat Sundulan

Liverpool
Semi Ajayi dari West Bromwich Albion mencetak gol pertama pada pertandingan sepak bola Liga Inggris melawan Liverpool di stadion Anfield di Liverpool, Inggris, Minggu 27 Desember 2020. (Clive Brunskill / Pool via AP)

Di antara para pemain bertahan sejak awal musim 2018/2019, hanya Virgil van Dijk dan Aaron Pierre (sembilan gol) yang mencetak lebih banyak gol melalui sundulan di empat level teratas Liga Inggris, dibandingkan Semi Ajayi dari West Brom (delapan gol).

6 dari 7 halaman

5. Sadio Mane Cetak Gol ke-69

Main di Anfield, Liverpool Ditahan Imbang West Bromwich Albion
Penyerang Liverpool, Sadio Mane (tengah) berselebrasi usai mencetak gol ke gawang West Bromwich Albion pada pertandingan lanjutan Liga Inggris di stadion Anfield di Liverpool, Inggris, Senin (28/12/2020). Liverpool bermain imbang atas West Bromwich Albion 1-1. (Clive Brunskill/Pool via AP)

Sadio Mane mencetak gol ke-69 di Premier League bersama Liverpool. Torehan tersebut membuat Mane sejajar dengan Luis Suarez, dan hanya terpaut dari Robbie Fowler (128), Steven Gerrard (120), Michael Owen (118), dan Mohamed Salah (86) sebagai pencetak gol terbanyak di Liga Inggris.

Sumber: BBC

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓