Ternyata Ada Peran Ryan Giggs dan Roy Keane di Balik Kebangkitan Manchester United

Oleh Yus Mei Sawitri pada 05 Jan 2021, 21:15 WIB
Diperbarui 05 Jan 2021, 21:15 WIB
Ryan Giggs, Legenda Manchester United yang Bakatnya Ditemukan Tukang Susu
Pada 2014, Ryan Giggs memutuskan pensiun dari sepak bola dan melanjutkan karier sebagai asisten Louis van Gaal yang menjadi pelatih Manchester United saat itu. (AFP/Paul Ellis)

Bola.com, Manchester - Manchester United menunjukkan kebangkitan hingga kini mulai dianggap sebagai penantang gelar Liga Inggris musim ini. Di balik kebangkitan Setan Merah, ternyata ada andil dua legenda klub, Ryan Giggs dan Roy Keane. 

Tiga bulan lalu, Manchester United menelan kekalahan memalukan 1-6 dari Tottenham Hotspur di Premier League. Pada November, MU dipermalukan Istanbul Basaksehir dan tersingkir dari Liga Champions. 

Namun, Setan Merah kini tak terkalahkan dalam tujuh laga beruntun di semua kompetisi menjelang duel semifinal Carabao Cup menghadapi Manchester City, Kamis (7/1/2021) dini hari WIB.  

Di Liga Inggris, MU mengantongi poin yang sama dengan sang pemuncak, Liverpool, serta memiliki satu laga di tangan. Red Devils mulai digadang-gadang menjadi pesaing serius dalam pacuan juara Premier League 2020/2021. 

Apa resep kebangkitan MU? Menurut The Athetic, yang dikutip The Sun, Selasa (5/1/2021), kebangkitan itu dimulai dari perubahan di kompleks latihan MU, di Carrington. Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer, dikabarkan mengundang Giggs dan Keane ke Carrington.  

Mereka diminta menginspirasi para pemain untuk lebih termotivasi mengejar gelar dan mengungkapkan bagaimana menciptakan suasana kekeluargaan di klub.

Keane, yang kini menjadi pundit di Sky Sports, membukukan 480 penampilan untuk Red Devils serta memenangi 12 trofi bergengsi. Adapun Giggs mengoleksi 22 gelar prestisius selama karier gemilangnya bersama Manchester United

 

2 dari 3 halaman

Darren Fletcher Bantu Solskjaer

Mimpi 9 Legenda Sepak Bola yang Gagal Cicipi Piala Dunia
Darren Fletcher. (AFP/Andrew Yates)

Yang terbaru, mantan gelandang Manchester United, Darren Fletcher, mendapat tugas baru dari klub raksasa Inggris itu. Dia resmi didapuk sebagai staf pelatih di tim utama, alias bertugas membantu Ole Gunnar Solskjaer. 

Darren Fletcher bukan sosok asing bagi Manchester United. Ia mencatatkan 300 pertandingan bersama tim utama saat memperkuat Setan Merah. 

Pemain asal Skotlandia itu juga berperan penting membantu MU meraih banyak gelar. Saat itu, dia ikut mengantar Red Devils memenangi berbagai gelar, antara lain lima gelar Premier League, satu trofi Piala FA, dan satu titel Liga Champions. 

Dia pindah ke West Bromwich Albion pada 2015, untuk sementara menyudahi 20 tahun petualangannya di MU. Fletcher kemudian menyudahi kariernya sebagai pemain di Stoke City. 

Fletcher kembali ke Old Trafford pada Oktober 2020 untuk menangani tim Manchester United U-16.  Tak sampai tiga bulan, ia sudah dapat promosi ke tim utama. 

"Darren memiliki DNA United yang mengalir di nadinya dan dia tahu persis apa yang diperlukan untuk menjadi pemain Manchester United," kata Solskjaer, melalui situs resmi klub. 

"Dia berada di awal karier kepelatihannya dan pengalamannya baik di dalam maupun di luar lapangan bersama dengan mentalitas juara, komitmen dan kerja kerasnya akan menjadi tambahan yang bagus untuk staf," imbuh Solskjaer. 

Sumber: Manchester United, The Sun 

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓