Kai Havertz dan 4 Bintang Chelsea Berkinerja Cupu di Liga Inggris Musim Ini, Kebayang Pusingnya Frank Lampard

Oleh Ario Yosia pada 07 Jan 2021, 08:10 WIB
Diperbarui 07 Jan 2021, 08:10 WIB
Chelsea - Kai Havertz
Chelsea - Kai Havertz (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Chelsea melakukan perombakan besar-besaran di bursa transfer musim panas. The Blues mendatangkan banyak pemain demi mewujudkan target juara Premier League musim ini.

Setelah kalah 2-0 dari juara bertahan Liverpool, Chelsea sempat tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan di Premier League. Hal itu membuat mereka merangsek ke papan atas Namun, setelah itu performa Chelsea terlihat menurun drastis. Mereka menelan empat kekalahan dari enam pertandingan berikutnya di liga.

Terbaru, mereka takluk 1-3 dari Manchester City di Stamford Bridge. Alhasil, The Blues sekarang turun ke posisi kesembilan di Premier League 2020-21.

Penurunan performa Chelsea ini banyak kaitannya dengan penampilan para pemainnya. Sebagian dari mereka gagal menunjukkan performa yang konsisten.

Berikut ini lima pemain Chelsea yang sebagian besar gagal tampil mengesankan pada musim ini. Gara-gara mereka posisi Frank Lampard ada di ujung tanduk.

2 dari 7 halaman

Kai Havertz

Chelsea Berjaya di Kandang Brighton and Hove Albion
Pemain Chelsea, Kai Havertz, mengejar bola saat melawan Brighton and Hove Albion pada laga Premier League di Stadion Amex, Selasa (15/9/2020). The Blues menang dengan skor 3-1. (Glynn Kirk/Pool via AP)

Setelah tampil mengesankan di Bayer Leverkusen, Kai Havertz bergabung dengan Chelsea di musim panas. Namun, pemain asal Jerman itu belakangan ini sering mendapat kritik karena penampilannya.

Sama seperti rekan senegaranya Timo Werner, Havertz masih kesulitan untuk beradaptasi dengan sepak bola Inggris. Sang pemain baru mencetak empat gol dalam 21 pertandingan di semua kompetisi untuk Chelsea.

Frank Lampard selama ini memainkan Havertz tidak diposisi aslinya. Hal itulah mungkin yang membuat penggemar The Blues belum melihat yang terbaik dari Havertz.

3 dari 7 halaman

Timo Werner

Berita Foto: Potret Peristiwa Menarik Liga Inggris Pekan Ini
Timo Werner belum mampu memberikan dampak besar bagi lini depan Chelsea. Saat melawan Arsenal, Werner cuma melepaskan dua shots dan tidak satupun mengarah ke gawang. (Andrew Boyers/ Pool via AP)

Timo Werner mencetak banyak gol untuk RB Leipzig. Namun, ia kesulitan menunjukkan ketajamannya sejak pindah ke Chelsea di musim panas.

Striker berusia 24 tahun itu hanya mencatatkan empat gol dalam 17 pertandingan Premier League. Dia gagal mencetak gol dalam 12 pertandingan terakhirnya di kompetisi tersebut.

Ini adalah puasa gol terlama dalam sepanjang karier Werner. Hal tersebut bertepatan dengan penurunan performa Chelsea.

4 dari 7 halaman

Cesar Azpilicueta

FOTO: Olivier Giroud Borong 4 Gol, Chelsea Berpesta di Markas Sevilla
Bek Chelsea, Cesar Azpilicueta, menyundul bola saat melawan Sevilla pada laga Liga Champions di Stadion Ramon Sanchez Pijuan, Kamis (3/12/2020). Chelsea Menang dengan skor 4-0. (AP/Angel Fernandez)

Cesar Azpilicueta adalah pemain dengan servis terlama di tim Chelsea saat ini. Namun, dia tidak menunjukkan penampilan yang bagus di klub belakangan ini.

Azpilicueta hanya bermain delapan kali di Premier League musim ini setelah terlibat dalam 36 penampilan di musim lalu. Cedera dan penurunan performa membuat pemain berusia 31 tahun itu tidak lagi menjadi starter di Chelsea.

Pemain asal Spanyol itu masih menjadi kapten klub untuk saat ini. Namun, kemunculan pemain akademi Reece James membuat Azpilicueta harus berada di bangku cadangan.

5 dari 7 halaman

Mateo Kovacic

Foto Liga Inggris: Imbang 0-0, Tottenham Geser Liverpool
Gelandang Tottenham Hotspur, Steven Bergwijn (kiri), berebut bola dengan gelandang Chelsea, Mateo Kovacic dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 di Stamford Bridge, Minggu (29/11/2020) waktu setempat. Tottenham bermain imbang 1-1 dengan Chelsea. (AFP/Matthew Childs/Pool)

Mateo Kovacic sebagian besar gagal menerangi Stamford Bridge dengan penampilannya sejak kedatangannya dari Real Madrid dua tahun lalu.

Gelandang berusia 26 tahun itu hanya mencatatkan dua gol dan tujuh assist dalam lebih dari 100 pertandingan untuk Chelsea di semua kompetisi. Pada musim ini dia baru mengemas dua assist dalam 20 pertandingan.

Meski menjadi pemain terbaik Chelsea musim lalu, Kovacic kesulitan dalam formasi 4-3-3 ala Frank Lampard musim ini. Karena pemain internasional Kroasia itu bukan pemain nomor delapan klasik atau pemain bertahan nomor enam.

6 dari 7 halaman

N'Golo Kante

FOTO: Manchester City Permalukan Chelsea di Stamford Bridge
Pemain Chelsea N'Golo Kante (kiri) berebut bola dengan pemain Manchester City Ilkay Gundogan pada pertandingan Liga Inggris di Stamford Bridge, London, Inggris, Minggu (3/1/2021). Manchester City mempermalukan Chelsea dengan skor 3-1. (Andy Rain/Pool via AP)

N'Golo Kante telah menjadi salah satu pemain paling menonjol untuk Chelsea sejak tiba dari Leicester City empat tahun lalu.

Namun, pemain Prancis itu kesulitan untuk menunjukkan performa terbaiknya musim ini. Itu berdampak pada penampilan Chelsea, terutama di Premier League.

Kante sering terlihat tampil buruk pada musim ini. Salah satunya saat Chelsea menelan kekalahan dari Manchester City di Stamford Bridge.

Sumber asli: Sportskeeda

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 6/1/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓