Sukses


5 Pemain Paling Banyak Peluang Mencetak Gol di Liga Inggris, Mohamed Salah Bukan yang Paling Top

Bola.com, Jakarta - Daftar top scorer sementara Liga Inggris musim ini dikuasai oleh bintang Liverpool, Mohamed Salah. Namun, dalam urusan koleksi peluang terbanyak mencetak gol terbanyak di Liga Inggris 2020/2021, dia bukan yang berada teratas. Kok bisa?   

Mohamed Salah tercatat sudah mencetak 13 gol di Premier League sejauh ini.

Gol, secara matematis, hadir beriringan dengan banyaknya peluang yang didapat. Teorinya, semakin banyak peluang yang didapat, semakin besar pula peluang mencetak gol.

Namun, gol juga tak lepas dari kemampuan pemain untuk memanfaatkan peluang yang didapat. Ada pemain yang mampu memanfaatkan peluang -yang secara matematis terhitung kecil- untuk menjadi gol. Namun, sebaliknya, ada juga pemain yang gagal memanfaatkan peluang -yang secara matematis- terhitung besar sebagai gol.

Soal memiliki peluang, yang juga biasa dikenal dengan nama expected goals (xG), Mohamed Salah bukanlah yang paling tinggi. Masih ada pemain-pemain lain yang memiliki nilai xG lebih tinggi daripada dirinya.

Siapa saja pemain-pemain di Premier League 2021 yang memiliki peluang mencetak gol atau nilai xG paling besar? Simak daftar lima pemain yang memiliki nilai xG paling tinggi sejauh ini.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 6 halaman

5. Mohamed Salah

Mohamed Salah menempati peringkat kelima dalam daftar lima pemain yang memiliki peluang mencetak gol terbanyak pada ajang Premier League musim 2020/2021. Dalam catatan Understat, sejauh ini pemain asal Mesir tersebut memiliki nilai xG 9,33.

Ini berarti jika Salah memanfaatkan semua peluang yang dimilikinya, ia sudah mencetak 9,33 gol sejauh ini.

Sementara, Salah sudah mencetak 13 gol. Artinya, ia sangat bagus dalam menuntaskan peluang yang dimiliki. Bahkan, selisih nilai xG dengan gol yang sudah dicetaknya, sebesar 3,67, merupakan salah satu yang terbaik di Premier League musim ini.

 

3 dari 6 halaman

4. Harry Kane

Peringkat keempat dalam daftar lima pemain yang memiliki peluang mencetak gol terbanyak pada ajang Premier League musim 2020/2021 ditempati Harry Kane. Menurut catatan Understat, penyerang Tottenham Hotspur ini memiliki nilai xG 9,62.

Nilai itu artinya jika memanfaatkan semua peluang yang dimilikinya, secara matematis ia telah mengoleksi 9,62 gol.

Sejauh ini, Kane sudah mencetak sepuluh gol, jumlah yang lebih banyak dari nilai xG-nya. Artinya, penyerang asal Inggris ini bagus dalam menuntaskan peluang yang ia miliki.

 

4 dari 6 halaman

3. Dominic Calvert-Lewin

Calvert-Lewin menempati peringkat tiga dalam daftar lima pemain yang memiliki peluang mencetak gol terbanyak pada ajang Premier League musim 2020/2021. Dalam catatan Understat, sejauh ini penyerang Everton tersebut memiliki nilai xG 10,52.

Ini berarti jika Calvert-Lewin memanfaatkan semua peluang yang dimilikinya, ia sudah mencetak 10,52 gol sejauh ini.

Sementara, sejauh ini, pemain berusia 23 tahun tersebut sudah mencetak sebelas gol. Artinya, penyerang asal Inggris tersebut tergolong ciamik dalam menuntaskan peluang yang ia miliki.

 

5 dari 6 halaman

2. Patrick Bamford

Bamford berada di peringkat dua dalam daftar lima pemain yang memiliki peluang mencetak gol terbanyak pada ajang Premier League musim 2020/2021. Dalam catatan Understat, sejauh ini, penyerang Leeds United tersebut memiliki nilai xG sebesar 10,65.

Nilai ini berarti, jika Bamford mampu memanfaatkan semua peluang yang ia miliki, pemain berusia 27 tahun tersebut sudah mencetak 10,65 gol.

Sejauh ini, Bamford baru mencetak 10 gol. Artinya, ia masih harus mengasah lagi ketajamannya dalam menuntaskan peluang.

 

6 dari 6 halaman

1. Jamie Vardy

Pemain yang memuncaki daftar lima pemain yang memiliki peluang mencetak gol terbanyak pada ajang Premier League musim 2020/2021 adalah Jamie Vardy. Menurut catatan Understat, penyerang Leicester City tersebut memiliki nilai xG sebesar 11,64.

Artinya, jika pemain berusia 33 tahun tersebut mampu memanfaatkan semua peluang yang dimiliki sebagai gol, ia sudah mencetak 11,64 gol.

Sejauh ini, Vardy sudah mencetak 11 gol. Artinya, dengan peluang yang ia miliki, pemain kelahiran 11 Januari 1987 tersebut seharusnya bisa mencetak lebih banyak gol lagi.

Sumber: Understat

Disadur dari: Bola.net (Penulis Dendy Gandakusumah/Editor Serafin Unus Pasi, published 6/1/2021)

Video Populer

Foto Populer