Liga Inggris: Gara-gara Kritik Kinerja Wasit, Manajer Wolverhampton Didenda Rp473 Juta

Oleh Zulfirdaus Harahap pada 07 Jan 2021, 18:30 WIB
Diperbarui 07 Jan 2021, 18:30 WIB
Foto Liga Inggris: Wolves Takluk 1-2 Dari Burnley di Turf Moor
Manajer Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo, tidak puas dengan penampilan pemainnya saat melawan Burnley dalam laga lanjutan Liga Inggris pekan ke-14 di Turf Moor Stadium, Senin (21/12/2020). Wolverhampton kalah 1-2 dari Burnley. (AFP/Peter Powell/Pool)

Bola.com, London - Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menjatuhkan sanksi denda sebesar 25 ribu paun (Rp473 juta) kepada manajer Wolverhampton Wanderers, Nuno Espirito Santo. Sanksi itu diberikan setelah Nuno Espirito Santo mengkritik kinerja wasit dalam pertandingan Premier League.

Kejadian itu terjadi pada 21 Desember 2020 dalam laga pkan ke-14 Premier League 2020/2021 antara Burnley melawan Wolverhampton Wanderers. Nuno Espirito Santo mengkritik kinerja wasit Lee Mason setelah timnya kalah 1-2.

"Wasit tidak memiliki kualitas untuk memimpin pertandingan Premier League. Ini bukan tentang kesalahan atau keputusan penting, namun tentang cara dia menangani pertandingan," ucap Nuno Espirito Santo kepada media ketika itu.

FA menganggap komentar Nuno Espirito Santo sebagai sesuatu yang tidak pantas. Manajer asal Portugal itu didakwa melanggar peraturan FA E3. 1.

"Pelatih kepala Wolverhampton Wanderers mengakui komentar yang dibuat pada wawancara setelah pertandingan merupakan prilaku yang tidak pantas. Dia secara pribadi menyinggung perangkat pertandingan dan membawa permainan ke dalam reputasi buruk yang bertentangan dengan Peraturan FA E3. 1.," tegas pernyataan FA.

Nuno Espirito Santo sudah meminfa maaf atas komentar tidak pantas yang dikeluarkan dalam pertandingan Premier League. Nuno Espirito Santo menerima dengan lapang dada sanksi denda yang diberikan FA kepadanya.

2 dari 3 halaman

Aturan Tegas

Arsenal Vs Manchester City
Wasit Anthony Taylor, memberikan kartu merah kepada bek Arsenal, David Luiz, saat pertandingan melawan Manchester City pada laga Premier League di Stadion Etihad, Rabu (17/6/2020). Manchester City menang 3-0 atas Arsenal. (AFP/Peter Powell)

FA memberikan perlindungan yang maksimal terhadap wasit dalam memimpin pertandingan Premier League. Hal itulah yang membuat banyak manajer pernah mendapatkan sanksi denda karena mengkritik kinerja wasit.

Manajer sekaliber Jose Mourinho pernah merasakan sanksi denda karena mengkritik wasit. Adanya sanksi tegas ini membuat wasit semakin terlindungi dalam melakukan tugasnya.

Bahkan, sanksi tersebut tak hanya berlaku untuk pelatih kepala. Melainkan semua pihak yang terlibat dalam pertandingan seperti pemain hingga asisten pelatih.

 

Sumber: FA

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
Prediksi Liga Inggris, Chelsea Bisa Cetak Lebih Banyak Gol Melawan Liverpool