Sukses


BERITA INFOGRAFIS: Wayne Rooney dalam Angka, Legenda Timnas Inggris dan Manchester United

Bola.com, Jakarta Legenda Manchester United, Wayne Rooney, memutuskan untuk pensiun sebagai pemain profesional di usia 35 tahun usai ditunjuk menjadi manajer tetap klub Championship, Derby County.

Sejumlah aktor lapangan hijau memberikan respons terkait keputusan Wayne Rooney pensiun sebagai pemain sepak bola, di antara Jamie Carragher dan legenda Timnas Inggris, Gary Lineker.

Dalam program acara Match of the Day, Carragher mengatakan bahwa Rooney sudah tahu bahwa kariernya bakal melesat tajam. Ia kemudian mengikuti instingnya untuk hijrah ke klub rival Liverpool, Manchester United, setelah dua musim di Everton.

Legenda Timnas Inggris, Gary Lineker, juga memuji penampilan Rooney. Menurutnya, The Three Lions bisa juara Piala Eropa 2004 andai tak mengalami cedera.

Wayne Rooney telah mewarnai Premier League sejak pertama kali melakoni debutnya di Everton. Ia lantas mencetak 208 gol sepanjang membela The Toffees dan Manchester United.

Pemain yang dikenal tempramental itu memiliki karier luar biasa yang ia jalani sejak 2002 silam di beberapa klub, mulai dari Everton, Manchester United, DC United, hingga Derby County.

Di Derby County, ia sempat menjalani rangkap jabatan sebagai pemain dan manajer sepeninggal Phillip Cocu yang hengkang pada November 2020.

Hingga kini, Wayne Rooney masih memegang gelar sebagai pencetak gol terbanyak bagi Manchester United dan Timnas Inggris, masing-masing dengan catatan 253 gol dan 53 gol.

2 dari 2 halaman

Karier Wayne Rooney

Wayne Rooney pertama kali mencuri perhatian kala sukses menembus tim utama Everton dan kemudian menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah klub sebelum berkarier di Manchester United. Selama dua musim membela Everton, ia mengoleksi 15 gol.

Pada musim panas 2004, Rooney pun direkrut Manchester United dengan biaya transfer 25,6 juta poundsterling, angka termahal bagi pemain Timnas Inggris yang di bawah 20 tahun saat itu.

Keputusan Manchester United menggaet Rooney terbukti tepat. Rooney dengan cepat menjadi andalan Setan Merah di lini depan dan sukses mempersembahkan lima kali juara Premier League hingga sederet gelar bergengsi.

Usai meninggalkan Manchester United, Wayne Rooney sempat kembali ke Everton dan berpetualang ke Amerika Serikat memperkuat DC United sebelum balik ke Inggris bermain untuk Derby County. Rooney kini memutuskan untuk fokus sebagai manajer Derby County. Itu ditandai dengan keputusannya gantung sepatu sebagai pemain aktif.

Video Populer

Foto Populer