Sukses


Nostalgia 9 Pemain Kroasia di AC Milan sebelum Mandzukic, dari Simic hingga Rebic

Bola.com, Jakarta - Hadirnya Mario Mandzukic menambah panjang deretan pemain asal Kroasia yang merumput di AC Milan. Zvonimir Boban dan Dario Simic adalah dua di antaranya yang pernah berseragam Rossoneri.

Mario Mandzukic dikontrak AC Milan sampai akhir musim 2020/21. Namun, klub asuhan Stefano Pioli itu punya opsi untuk memperpanjang kontraknya semusim.

Di Milan, Mandzukic dipastikan akan mengenakan nomor punggung 9. Nomor keramat tersebut sebelumnya dipakai Krzysztof Piatek.

Mario Mandzukic sudah tidak asing dengan kompetisi Serie A. Sebelumnya, Mandzukic pernah bermain untuk Juventus dan meraih gelar di sana.

Kedatangan Mandzukic menambah panjang daftar pemain asal Kroasia yang bermain di AC Milan. Lantas siapa saja pendahulu Mandzukic di Rossoneri? Simak selengkapnya di bawah ini.

Video

2 dari 10 halaman

Zvonimir Boban

Zvonimir Boban dididatangkan AC Milan pada tahun 1992 dari Bari. Bersama Rossoneri, ia menjelma menjadi salah seorang playmaker yang disegani di Serie A.

Boban menghabiskan sembilan musim bersama AC Milan dan meraih kesuksesan. Ia mencatatkan 251 pertandingan dengan mencetak 30 gol dan 35 assist di semua kompetisi.

Mantan pemain Dinamo Zagreb itu meraih empat gelar Serie A, tiga gelar Piala Super Italia, dan satu gelar Liga Champions selama berada di San Siro.

3 dari 10 halaman

Dario Smoje

Setelah dua tahun di tim senior di Rijeka, Dario Smoje pindah ke AC Milan pada 1997. Nilai transfer bek Kroasia itu mendekati satu juta euro.

Smoje kalah bersaing dengan pemain-pemain seperti Paolo Maldini, Alessandro Costacurta dan Marcel Desailly. Alhasil, ia tak mendapatkan banyak peluang selama berada di San Siro

Smoje hanya tampil sembilan kali di semua kompetisi pada musim pertamanya bersama Milan. Ia kemudian pindah ke tim Serie B Monza pada musim berikutnya.

4 dari 10 halaman

Drazen Brncic

Drazen Brncic memulai kariernya di Italia bersama Monza. Gelandang asal Kroasia itu kemudian pindah ke AC Milan pada tahun 2000.

Di Milan, Brncic tidak banyak mendapatkan kesempatan bermain. Sang pemain tercatat hanya tampil lima kali dengan seragam Rossoneri.

Setelah sempat dipinjamkan ke Vicenza, Brncic akhirnya dilepas ke Inter Milan pada 2001. Brncic menjadi bagian transfer Andrea Pirlo ke Milan.

5 dari 10 halaman

Dario Simic

Dario Simic datang ke Italia dengan memperkuat Inter Milan. Namun, Nerazzurri akhirnya melepas Simic ke AC Milan pada 2002.

Simic mempunyai karier yang sukses selama membela Milan. Ia memenangi dua trofi Liga Champions, satu Coppa Italia, dan satu scudetto dengan Rossoneri.

Selama enam tahun membela Milan, mantan bek Dinamo Zagreb itu mencatatkan 129 penampilan dengan mencetak satu gol. Ia meninggalkan Milan pada 2008 dengan bergabung AS Monaco.

6 dari 10 halaman

Mario Pasalic

AC Milan mendatangkan Mario Pasalic dengan status pinjaman dari Chelsea pada musim panas 2016. Pemain asal Kroasia itu mampu beradaptasi dengan baik di Italia

Pasalic menjelma menjadi andalan lini tengah Rossoneri. Mantang gelandang Hajduk Split itu mengemas 27 penampilan dengan torehan lima gol serta satu assist.

Meski tampil gemilang, karier Pasalic bersama Milan cuma berlangsung satu musim. Rossoneri tidak mempermanenkan statusnya sehingga sang pemain harus kembali ke Stamford Bridge pada akhir musim.

7 dari 10 halaman

Nikola Kalinic

Nikola Kalinic bergabung AC Milan pada bursa transfer musim panas 2017. Ia datang ke klub dari Fiorentina dengan status pinjaman.

Karier Kalinic bersama Milan terbilang gagal. Dari 41 penampilan, striker asal Kroasia itu hanya mampu mencetak enam gol saja.

Catatan itu membuat Milan enggan mempermanenkan sang pemain pada akhir musim. Setelah itu, sang pemain melanjutkan kariernya di Atletico Madrid.

8 dari 10 halaman

Ivan Strinic

Ivan Strinic digaet AC Milan dari Sampdoria pada musim panas tahun 2018. Mantan pemain Napoli itu meneken kontrak selama dua tahun di San Siro.

Namun belum sempat tampil, bek asal Kroasia itu lebih dulu terkena masalah jantung. Keberadaan Strinic di Milan juga semakin terdesak setelah kedatangan Theo Hernandez.

Milan akhirnya melepas Strinic pada tahun 2019. Kedua belah pihak sepakat untuk mengakhiri kontraknya lebih cepat.

9 dari 10 halaman

Alen Halilovic

Alen Halihovic sempat mendapat julukan The Next Lionel Messi. Gelandang 24 tahun itu datang ke AC Milan pada Juli 2018 dengan status bebas transfer.

Setelah datang ke San Siro, Halihovic hanya mendapat kesempatan bermain tiga kali. Milan kemudian meminjamkan Hallihovic ke Standard Liege pada Januari 2019.

Milan akhirnya memutus kontrak sang pemain yang sebenarnya masih menyisakan satu tahun lagi. Kini, Hallihovic bermain untuk Birmingham City di Championship.

10 dari 10 halaman

Ante Rebic

Ante Rebic datang ke AC Milan di bursa transfer musim panas 2019. Striker Kroasia itu didatangkan dengan status pinjaman dari Eintracht Frankfurt.

Rebic tampil cukup bagus pada musim pertamanya di San Siro. Hal itulah yang membuat Rossoneri memutuskan untuk mempermanenkan statusnya pada awal musim ini.

Sejauh ini, Rebic sudah mencatatkan 44 penampilan di semua kompetisi bersama Milan. Dari jumlah itu, pemain 27 tahun tersebut mampu mencetak 13 gol dan 12 assist.

Sumber: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, published 22/1/2021)

Video Populer

Foto Populer