Sukses


5 Penyerang asal Belanda Paling Tajam di Pentas Liga Inggris, Sensasi 144 Gol Robin van Persie

Bola.com, Jakarta - Premier League yang menjadi kompetisi paling populer di Eropa menjadi destinasi bagi banyak pemain dari berbagai belahan dunia. Tidak terkecuali pesepak bola-pesepak bola asal Belanda.

Pemain Belanda banyak yang bermain di kasta teratas sepak bola Inggris tersebut. Tercatat ada 150 pemain asal negara kincir angin yang bermain di Premier League hingga saat ini.

Beberapa dari mereka mampu tampil menonjol dan menjadi andalan di tim yang mereka bela. Sebagai contoh adalah Virgil van Dijk.

Van Dijk saat ini bermain untuk Liverpool. Bek berusia 29 tahun tersebut sudah berhasil mengantarkan timnya meraih juara Premier League.

Pemain asal Negeri Kincir Angin doyan bertualang di Inggris agaknya karena kesamaan gaya bermain dengan negaranya. Kompetisi Inggris yang mendewakan pemainan ofensif surga bagi mereka yang bertumbuh dengan filosofi Total Football.

Lantas bagaimana dengan kiprah para penyerang asal Belanda di Premier League. Siapa saja di antara mereka yang mampu mencetak gol paling banyak di kompetisi ini?

Berikut lima pemain Belanda yang paling subur saat berkarier di Premier League hingga saat ini.  

Video

2 dari 6 halaman

Dirk Kuyt (51 gol)

Liverpool adalah satu-satunya klub Premier League yang pernah dibela Dirk Kuyt. Ia memperkuat The Reds antara tahun 2006 sampai 2012.

Selama enam tahun berseragam Liverpool, Kuyt hanya berhasil memenangkan Piala Liga. Namun, ia juga pernah mengantarkan The Reds tampil di final Liga Champions.

Kuyt mengumpulkan 51 gol dari 208 pertandingan Premier League bersama Liverpool. Selain itu, ia juga mencatatka 32 assist.

3 dari 6 halaman

Dennis Bergkamp (87 gol)

Dennis Bergkamp menjadi salah satu pemain asing yang tajam dalam sejarah Premier League. Mantan pemain Inter Milan itu sukses mencetak 87 gol di kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Jumlah itu dikumpulkan Bergkamp selama bermain untuk Arsenal. Ia tercatat membela The Gunners selama 11 musim antara tahun 1995 hingga 2006.

Bergkamp mampu memenangkan sejumlah gelar saat bermain bersama Arsenal. Itu termasuk tiga gelar Premier League dan tiga FA Cup.

4 dari 6 halaman

Ruud van Nistelrooy (95 gol)

Ruud van Nistelrooy dikenal dengan ketajamannnya saat memperkuat Manchester United. Bomber asal Belanda ini didatangkan Setan Merah dari PSV Eindhoven pada musim 2001/02.

Secara total, Nistelrooy memainkan 150 pertandingan dalam ajang Premier League. Dari jumlah itu, mantan pemain Heerenveen itu berhasil mencetak 95 gol.

Nistelrooy mampu membawa Manchester United meraih gelar juara Premier League pada musim 2002/03. Setelah lima musim di Inggris, Nistelrooy kemudian melanjutkan kariernya di Real Madrid.

5 dari 6 halaman

Jimmy Floyd Hasselbaink (127 gol)

Jimmy Floyd Hasselbaink berhasil mencetak 127 gol di Premier League. Pencapaian tersebut dicatatkan Hasselbaink bersama Leeds United, Chelsea, Middlesbrough, dan Cardiff City.

Namun, puncak kesuksesan Hasselbaink adalah ketika berseragam Chelsea pada 2000-2004. Penyerang asal Belanda itu sukses mencetak 70 gol di Premier League bersama The Blues.

Sayangnya, tak ada gelar liga yang berhasil dipersembahkannya. Hasselbaink hanya memenangkan FA Charity Shield selama bermain empat tahun di Stamford Bridge.

6 dari 6 halaman

Robin van Persie (144 gol)

Robin van Persie merupakan salah satu pemain Belanda terbaik yang pernah bermain di Premier League. Ia tercatat pernah membela dua klub Inggris berbeda, yaitu Arsenal (2004-2012) dan Manchester United (2012-2015).

Van Persie berhasil mencetak 144 gol dalam 280 pertandingan Premier League. Jumlah itu membuatnya menjadi pemain Belanda paling subur di kasta tertinggi sepak bola Inggris.

Secara pencapaian, Van Persie berhasil meraih satu gelar Premier League bersama Setan Merah. Sementara itu, ia mampu merengkuh gelar FA Cup bersama The Gunners.

Sumber asli: Premier League

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 25/1/2021)

Video Populer

Foto Populer