Liga Inggris: 5 Ksatria Liverpool yang Bisa Bikin Tottenham Hotspur Terkapar di Kandang

Oleh Rizki Hidayat pada 28 Jan 2021, 10:45 WIB
Diperbarui 28 Jan 2021, 11:45 WIB
Liverpool - Ilustrasi Jurgen Klopp dan Pemain
Liverpool - Ilustrasi Jurgen Klopp dan Pemain (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Liverpool - Liverpool akan melawat ke markas Tottenham Hotspur di Tottenham Hotspur Stadium pada laga pekan ke-20 Premier League, Jumat (28/1/2020) dini hari WIB. Bermain di kandang lawan, The Reds memiliki sejumlah pemain yang bisa membuat Spurs terkapar.

Sama dengan pertandingan sebelumnya, Liverpool belum bisa bermain dengan komposisi terbaik akibat badai cedera. Virgil van Dijk, Naby Keita, Diogo Jota, dan Joe Gomez belum bisa tampil karena masih dalam pemulihan cedera.

Jordan Henderson juga diragukan tampil setelah ada masalah pada ototnya. Tetapi, Liverpool masih punya sejumlah pemain berkualitas untuk melanjutkan catatan kemenangan kontra Tottenham.

Andai berhasil meraih kemenangan atas The Lilywhites, The Reds bakal kembali ke peringkat empat klasemen sementara Premier League. Saat ini, Liverpool menghuni posisi lima dengan nilai 34, unggul satu angka atas Tottenham Hotspur yang menempati urutan keenam.

Setidaknya ada lima pemain yang diyakini bisa menjadi kunci kemenangan Liverpool di markas Tottenham. Mereka tersebar dari lini serang hingga belakang. Siapa saja pemain tersebut? Berikut ini adalah perinciannya.

 

 

2 dari 7 halaman

Roberto Firmino

FOTO: Liverpool Kudeta Tottenham Hotspur dari Puncak Klasemen Liga Inggris
Pemain Liverpool Roberto Firmino merayakan setelah mencetak gol gawang Tottenham Hotspur pada pertandingan Liga Inggris di Anfield, Liverpool, Inggris, Rabu (16/12/2020). Liverpool mengudeta Tottenham dari puncak klasemen usai menang 2-1. (Peter Powell/ Pool via AP)

Firmino bisa diandalkan sebagai ujung tombak Liverpool kontra Tottenham Hotspur. Pemain asal Brasil itu punya catatan apik ketika berjumpa The Lilywhites.

Firmino turut menjadi pemain kunci dari lima kemenangan terakhir Liverpool kontra Tottenham. Dia mencetak tiga gol dalam tiga pertandingan.

Pada musim ini, Roberto Firmino sudah terlibat dalam tujuh gol The Reds. Dia mencetak empat gol dan tiga assist dari 17 kali penampilannya di Premier League.

3 dari 7 halaman

Mohamed Salah

Foto Liga Inggris: Bungkam Spurs 2-1, Liverpool Kudeta Posisi Puncak
Gelandang Liverpool, Mohamed Salah (kiri) melakukan selebrasi bersama Curtis Jones, usai mencetak gol pertama timnya ke gawang Tottenham Hotspur dalam laga lanjutan Liga Inggris 2020/21 pekan ke-13 di Anfield Stadium, Rabu (16/12/2020). Liverpool menang 2-1 atas Tottenham. (AFP/Peter Powell/Pool)

Mohamed Salah masih terus menjadi mesin gol Liverpool. Musim ini, pemain asal Mesir itu sudah mengemas 13 gol dan tiga assist di Premier League dan menjadikannya pemain The Reds paling produktif.

Terbaru, Salah mencetak brace ke gawang Manchester United pada putaraan keempat Piala FA. Sayangnya, Liverpool belum bisa meraih kemenangan pada pertandingan tersebut.

Dalam lima laga terakhir kontra Tottenham, Salah juga banyak berkontribusi. Dia mencetak tiga gol dan satu assist dalam empat pertandingan berbeda.

 

4 dari 7 halaman

Thiago Alcantara

Liverpool - Thiago Alcantara
Liverpool - Thiago Alcantara (Bola.com/Adreanus Titus)

Setelah kembali dari ruang perawatan, Thiago Alcantara terus menjadi pilihan Jurgen Klopp di lini tengah Liverpool. Dia selalu tampil dalam enam pertandingan terakhir The Reds.

Thiago Alcantara juga langsung nyetel dengan rekan-rekannya meski absen cukup lama karena cedera. Penampilan paling memukau terjadi pada laga kontra Manchester United di Premier League.

Thiago diyakini akan tampil bagus kontra Tottenham dan membungkam kritik yang dialamatkan kepadanya, menyusul hasil negatif Liverpool dalam beberapa laga terakhir.

5 dari 7 halaman

Fabinho

5 Pemain Liverpool yang Bakal Hancurkan Arsenal di Community Shield
4. Fabinho - Gelandang asal Brasil ini memiliki kemampuan untuk memutus serangan lawan dan memecah kebuntuan tim lewat lini tengah. Fabinho dipastikan akan menjadi tumpuan utama di lini tengah Liverpool saat berhadapan dengan Arsenal nanti. (AP/jon Super)

Menggantikan peran Virgil van Dijk di lini belakang, penampilan Fabinho tidak terlalu mengecewakan. Dia menjadi alasan di balik solidnya pertahanan Liverpool.

Berposisi sebagai gelandang, Fabinho memang lebih sering dimainkan sebagai stoper oleh Jurgen Klopp. Dia kuat dalam melakukan tekel, duel area dan bermain penuh konsentrasi.

Pada laga kontra Tottenham, Fabinho kemungkinan besar masih tetap dipercaya untuk mengisi posisi bek tengah. Dia akan diduetkan dengan Joel Matip.

6 dari 7 halaman

Alisson Becker

6 Bintang Liverpool saat Meraih Trofi Juara Liga Champions 2018/2019
Alisson Becker - Kiper asal Brasil ini memberikan dampak luar biasa bagi Liverpool sejak bergabung pada 2018. Alisson Becker mampu bekerja sama dengan para bek Liverpool dalam menahan setiap serangan lawan. (AFP/Karim Jaafar)

Meski nyaris selalu kebobolan dalam beberapa laga terakhir, Alisson Becker bisa diandalkan di bawah mistar gawang. Dia kerap menjadi kunci kemenangan The Reds melalui penyelamatannya.

Tampil sebanyak 16 kali di Premier League, Alisson berhasil membukukan lima cleansheet. Dia juga tercatat melakukan 35 penyelamatan penting.

Alisson turut mampu menggagalkan penalti Jorginho ketika Liverpool menang 2-0 di markas Chelsea pada pekan kedua Premier League 2020/21.

Disadur dari: Bola.net (Penulis: Mustopa El Abdy/Editor: Dimas Ardi Prasetya/Published: 27/01/2021)

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓