Sukses


Gebuk Burnley, Thomas Tuchel Persembahkan Kemenangan Perdana buat Chelsea

Bola.com, Jakarta - Chelsea sukses meraih tiga poin saat menjamu Burnley dalam lanjutan Liga Inggris 2020/2021, Minggu (31/1/2021) malam. Ini adalah kemenangan pertama Thomas Tuchel sebagai manajer anyar The Blues.

Gol dicetak oleh bek kanan Cesar Azpilicueta pada babak pertama. Permainan Chelsea cukup impresif dengan formasi 3-4-2-1, dan hasilnya, dua gol dicetak Thiago Silva dkk.

Adapun satu gol lagi dicetak oleh bek sayap Marcos Alonso pada menit 84'. Memanfaatkan umpan terukur Christian Pulisic, pemain asal Spanyol itu menggenapkan kemenangan Chelsea atas Burnley menjadi 2-0.

Babak I

Pola permainan baru diperagakan Chelsea. Dengan memasang tiga bek tengah, Matteo Kovacic cs berhasil menguasai jalannya pertandingan dan memaksa Burnley tak bisa mengkreasi serangan.

Pada menit ke-8, Mason Mount melepaskan tembakan yang sayangnya melambung di atas gawang Burnley.

Gelombang serangan dari the Blues tidak berhenti sampai di situ saja. Pada menit ke-16, mereka kembali melepas sebuah tembakan yang berasal dari kaki Mateo Kovacic. Kali ini, bola berhasil diselamatkan oleh kiper Burnley, Nick Pope.

Peluang kembali tercipta pada menit ke-29. Umpan silang dari Callum Hudson-Odoi menuju ke arah Timo Werner yang bebas dari pengawalan. Sialnya, ia gagal mengubah operan tersebut menjadi gol buat the Blues.

Dan setelah dinantikan, gol pertama Chelsea akhirnya tiba jelang babak pertama usai. Lima menit sebelum jeda, Cesar Azpilicueta berhasil menghujam jala gawang Burnley lewat tembakan kerasnya usai menerima umpan dari Hudson-Odoi.

Video

2 dari 3 halaman

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Tuchel melakukan pergantian pemain. Tammy Abraham yang tak efektif ditarik keluar dan digantikan oleh Christian Pulisic. Hasilnya cukup baik karena serangan Chelsea yang bertumpu pada Timo Werner sebagai penyelesai akhir jadi lebih intens.

Menit 52' misalnya, skor nyaris berubah jadi 2-0 andai tandukan Werner tidak diadang oleh kiper Burnley, Nick Pope.

Tak lama berselang, Hudson-Odoi juga berpeluang menambah gol buat Chelsea. Sayang, tendangannya hanya menerpa tiang gawang.

Hudson-Odoi sedang apes pada laga ini. Menit 69', ia kembali menyia-nyiakan peluang emas yang didapatnya karena tendangannya diblok oleh Ben Mee.

Chelsea akhirnya bisa menambah gol menit 85'. Bukan barisan gelandang atau penyerang, melainkan bek Marcos Alonso yang sukses memanfaatkan umpan Pulisic menjadi gol.

Hingga akhir laga, skor 2-0 tak berubah. Chelsea pun meraih kemenangan dari tiga pertandingan terakhir, dan ini jadi tiga poin perdana buat Thomas Tuchel.

3 dari 3 halaman

Susunan Pemain

Chelsea (4-2-3-1): Edouard Mendy; Cesar Azpilicueta, Antonio Rudiger, Thiago Silva, Marcos Alonso; Jorginho, Mateo Kovacic, Mason Mount; Callum Hudson-Odoi, Tammy Abraham, Timo Werner.

Burnley (4-4-2): Nick Pope; Matthew Lowton, James Tarkowski, Ben Mee, Erik Pieters; Dwight McNeil, Ashley Westwood, Jack Cork, Robbie Brady, Matej Vydra, Chris Wood.

Video Populer

Foto Populer