5 Rekrutan Terbaik Chelsea di Bursa Transfer Januari: Punya Kontribusi Besar bagi Prestasi The Blues

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 02 Feb 2021, 07:45 WIB
Diperbarui 02 Feb 2021, 07:45 WIB
Chelsea - Kurt Zouma, Fernando Torres, Olivier Giroud
Chelsea - Kurt Zouma, Fernando Torres, Olivier Giroud (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Chelsea telah berkembang menjadi raksasa di Premier League selama dua dekade terakhir dan dikenal karena eksploitasi luar biasa yang mereka lakukan di bursa transfer.

The Blues telah merekrut beberapa pemain paling berbakat di Eropa setelah kehadiran Roman Abramovich sebagai bos besar yang membawa klub tersebut meraih kesuksesan di Inggris dan Eropa.

Bursa transfer Januari menjadi cara yang sangat efektif bagi klub-klub di Premier League dan Chelsea kerap mendapatkan keuntungan dari bisnis luar biasa yang mereka lakukan di pertengahan musim.

Sejak bursa transfer Januari 2002, The Blues telah memenangkan lima gelar juara Premier League, lima trofi Piala FA, dan trofi Liga Champions pertama dalam sejarah klub.

Pesepak bola di Premier League sering meluangkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru setelah transfer pertengahan musim.

Chelsea menggunakan jendela transfer ini untuk merekrut pemain kela dunia dan superstar sepak bola yang meninggalkan jejak unik untuk penggemar The Blues.

Berikut lima pemain terbaik Chelsea yang diboyong ke Stamford Bridge dalam periode bursa transfer Januari seperti dilansir Sportskeeda.

 

2 dari 7 halaman

Kurt Zouma

Timo Werner Tak Berdaya, Chelsea Tertahan Sevilla di Liga Champions
Bek Chelsea, Kurt Zouma, berebut bola atas dengan bek Sevilla, Diego Carlos, pada laga Grup E Liga Champions 2020/2021 di Stamford Bridge, Rabu (21/10/2020) dini hari WIB. Chelsea bermain imbang 0-0 atas Sevilla. (AFP/Alastair Grant/pool)

Kurt Zouma didatangkan Chelsea dari klub Ligue 1, Saint-Etienne pada musim 2014/2015 dan berkembang menjadi seorang pemimpin di dalam tim.

Zouma adalah satu di antara bek paling komplet yang pernah ada di Premier League, dan kecepatan, skill, dan ketenangannya cukup membedakannya dari pemain berkarakter pengejar lainnya.

Bek tengah berusia 26 tahun itu berpotensi menjadi pewaris tahta legendaris John Terry di Chelsea dan kemudian dapat mengasah kemampuannya bersama Thiago Silva yang berpengalaman.

Kurt Zouma telah ebrmain di bawah asuhan beberapa manajer yang pernah singgah di Chelsea dan akan menjadi satu di antara bek terbaik di Premier League.

 

3 dari 7 halaman

Gary Cahill

7 Pemain Chelsea saat Raih Trofi Liga Champions 2012
Gary Cahill - Cahill menjadi tembok kokoh pertahan Chelsea saat melawan Bayern Munchen. Bersama David Luiz, Cahill membawa The Blues meraih trofi Liga Champions 2012. (AFP/Glyn Kirk)

Gary Cahill pindah ke Chelsea pada bursa transfer Januari 2012 dan menikmati karier yang luar biasa bersama The Blues.

Bek tengah kebangsaan Inggris itu berpartner kuat dengan legenda Chelsea, John Terry, dan mendapatkan kepercayaan dari manajer seperti Jose Mourinho dan Antonio Conte karena penampilannya yang keras.

Gary Cahill telah menjadi pemain yang matang dalam beberapa musim pertamanya bersama The Blues dan memainkan peran penting dalam kemenangan bersejarah Chelsea kala menghadapi Bayern Munchen di final Liga Champions pada 2012.

Cahill kemudian menjadi kapten The Blues di bawah asuhan Antonio Conte dan memimpin timnya meraih kemenangan Piala FA yang brilian pada 2018.

 

4 dari 7 halaman

Fernando Torres

Fernando Torres
7. Fernando Torres - Chelsea memboyong striker karismatik Spanyol ini dengan harga 50 juta poundsterling dari Liverpool. Produktivitasnya menurun bersama The Blues hingga akhirnya dipinjamkan ke AC Milan. (AFP/Olly Greenwood)

 

Fernando Torres menjadi sasaran ejekan selama bermain di Premier League, tapi terus mendapatkan tempat khusus di hati para penggemar Chelsea yang paling bersemangat.

Striker asal Spanyol ini kerap menjadi peran pendukung bagi The Blues dan dikenal karena kemampuannya dalam menampilkan yang terbaik dari rekan-rekan setimnya yang berbakat.

Torres mengamankan transfer yang dipublikasikan besar-besaran ke Chelsea pada 2011 dan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan di Stamford Bridge.

Pemain asal Spanyol itu menikmati musim 2012/2013 yang membuahkan hasil dan mencetak 22 gol untuk The Blues di semua kompetisi. Fernando Torres adalah favorit dari para penggemar di Premier League dan mendapatkan status sebagai satu di antara barisan striker paling berbakat yang pernah dimiliki Chelsea.

 

5 dari 7 halaman

Branislav Ivanovic

Branislav Ivanovic_(AFP/Glyn Kirk)
Branislav Ivanovic bisa meninggalkan Stamford Bridge dengan status bebas transfer. Pasalnya, sampai saat ini Ivanovic belum menandatangani kontrak baru dengan Chelsea. (AFP/Glyn Kirk)

Branislav Ivanovic merupakan penggerak kunci dalam tim paling tangguh yang pernah dimiliki Chelsea dalam sejarah sepak bola Inggris.

Bek asal Serbia ini bergabung dengan Chelsea pada Januari 2008 dan penampilannya yang sempurna membuatnya menjadi bagian tidak tergantikan dari pertahanan The Blues bersama John Terry dan Ashley Cole.

Branislav Ivanovic merupakan pemain paling serbaguna di lini pertahanan The Blues dan menghasilkan beberapa momen tidak terlupakan di lapangan.

Digambarkan sebagai binatang buas di lapangan oleh rekan setimnya, Frank Lampard, Branislav Ivanovic berhasil meraih trofi Liga Champions bersama Chelsea pada 2012 dan mencetak gol kemenangan di final Liga Europa pada tahun berikutnya.

Ivanovic adalah satu di antara bek kanan terbaik dalam sejarah Chelsea dan merupakan kontributor era keemasan klub yang paling bersahaja.

 

6 dari 7 halaman

Olivier Giroud

Manchester United, Chelsea, Wolverhampton Wanderers
Striker Chelsea, Olivier Giroud, saat melawan Wolverhampton Wanderers pada laga Premier League di Stadion Stamford Bridge, Minggu (26/7/2020). Chelsea menang dengan skor 2-0. (Daniel Leal-Olivas/Pool via AP)

 

Dikenal karena kemampuannya mencetak gol dengan cara yang lain, Olivier Giroud bergabung bersama Chelsea dari rival sekota mereka, Arsenal, pada dua tahun lalu dan sudah memberikan kontribusi penting bagi klub.

Kemampuan Giroud untuk memengaruhi permainan telah membawa Chelsea keluar dari sejumlah situasi sulit dan menjadikannya sebagai anggota terpenting dalam skuat.

Olivier Giroud mencatatkan namanya ke dalam buku sejarah dengan sebuah gol di final Liga Europa 2018/2019 yang penuh kemenangan bagi Chelsea. Giroud adalah seorang pemain paling sukses yang pernah dibawa Chelsea pada tengah musim dan merupakan bukti kecerdasan bisnis Chelsea yang sempurna di bursa transfer Januari.

Sumber: Sportskeeda

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓