5 Pemain Kesayangan Mikel Arteta di Arsenal, Hhhm... Bagaimana Rapor Mereka?

Oleh Ario Yosia pada 04 Feb 2021, 10:10 WIB
Diperbarui 04 Feb 2021, 10:10 WIB
Arsenal - Bukayo Saka, Mikel Arteta, Granit Xhaka
Arsenal - Bukayo Saka, Mikel Arteta, Granit Xhaka (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Mikel Arteta diangkat menjadi juru taktik The Gunners pada tahun 2019. Nakhoda asal Spanyol itu hadir di Arsenal setelah pihak klub memecat Unai Emery. Mantan pelatih PSG itu dianggap gagal mengangkat performa The Gunners di Premier League.

Kehadiran Arteta kemudian memberi hasil positif dalam waktu singkat. Ia berhasil mempersembahkan dua trofi bergengsi, seperti Piala FA dan Community Shield.

Sejauh ini Arteta sudah memimpin Arsenal dalam 62 pertandingan. Dari jumlah itu, ia berhasil meraih 35 kemenangan, 10 hasil imbang dan 17 kekalahan.

Selama menangani Arsenal, Arteta sudah bekerja dengan sejumlah pemain. Lantas, siapa saja pemain yang paling sering dimainkannya

Berikut ini lima pemain yang paling sering dimainkan Arteta selama melatih Arsenal.

2 dari 7 halaman

David Luiz (44 Penampilan)

FOTO: Reaksi David Luiz Saat Mendapat Kartu Merah pada Laga Arsenal Kontra Wolverhampton Wanderers
Bek Arsenal, David Luiz, tampak kecewa usai mendapat kartu merah saat melawan Wolverhampton Wanderers pada laga Liga Inggris di Stadion Molineux, Selasa (2/2/2021). Arsenal takluk dengan skor 2-1. (Shaun Botterill/Pool/AFP)

David Luiz merupakan salah satu pemain senior yang ada di skuad Arsenal saat ini. Ia memperkuat The Gunners sejak tahun 2019 setelah didatangkan dari Chelsea.

Pemain asal Brasil ini diekenal sebagai bek yang cukup ceroboh. Meski begitu, Luiz masih terus mendapat kepercayaan dari Mikel Arteta.

Di bawah Arteta, bek berusia 33 tahun itu sudah memainkan 44 pertandingan di lima kompetisi berbeda. Dari jumlah itu, ia berhasil mencetak satu gol dan satu assist.

3 dari 7 halaman

Pierre-Emerick Aubameyang (43 Penampilan)

Old Trafford Tak Lagi Angker, Manchester United Digilas Arsenal
Striker Arsenal, Pierre-Emerick Aubameyang, melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Manchester United pada laga Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Minggu (1/11/2020). Arsenal menang dengan skor 1-0. (Shaun Botterill/Pool via AP)

Pierre-Emerick Aubameyang menjadi andalan di lini depan Arsenal. Mikel Arteta mempercayakan pemain berusia 31 tahun untuk menjebol gawang lawan.

Ketajaman Aubameyang pada musim ini terlihat menurun drastis. Meski begitu, pemain Gabon itu sudah menyumbang banyak gol untuk Arteta.

Aubameyang sudah mencetak 24 gol dari 43 penampilan di bawah Arteta. Mantan pemain Borussia Dortmund itu juga mencatatkan tiga assist.

4 dari 7 halaman

Bernd Leno (42 Penampilan)

FOTO: Tertahan di Markas Arsenal, Manchester United Semakin Menjauh dari Manchester City di Puncak Klasemen
Striker Manchester United, Marcus Rashford, berusaha melewati kiper Arsenal, Bernd Leno, pada laga Liga Inggris di Stadion Emirates, Sabtu (30/1/2021). Kedua tim bermain imbang 0-0. (Andy Rain/Pool via AP)

Bernd Leno merupakan kiper utama Arsenal. Ia diboyong dari Bayer Leverkusen pada musim 2018/2019 dengan biaya 25 juta euro.

Performa Leno bersama Arsenal bisa dibilang tidak buruk. Meski kerap melakukan blunder, Leno juga sering membuat penyelamatan penting saat mengawal gawang The Gunners.

Leno juga menjadi andalan Mikel Arteta di bawah mistar. Kiper asal Jerman itu sejauh ini sudah mencatakan 42 penampilan di bawah pria asal Spanyol tersebut.

5 dari 7 halaman

Bukayo Saka (49 Penampilan)

Wolves vs Arsenal di Liga Inggris
Gelandang Arsenal, Bukayo Saka (kanan) berebut bola dengan bek Wolverhampton Wanderers, Max Kilman pada pekan ke-22 Liga Inggris di stadion Mollineux, Rabu (3/2/2021) dini hari WIB. Arsenal harus pulang dengan tangan hampa usai kalah 1-2 atas Wolverhampton. (Cath Ivill/Pool via AP)

Bukayo Saka merupakan salah satu pemain muda Arsenal. Meski baru berusia 19 tahun, ia sekarang menjadi pemain reguler di skuad The Gunners.

Saka mampu menunjukkan performa gemilang ketika berada di lapangan. Saka bisa dibilang sebagai salah satu pemain andalan Mikel Arteta sejauh ini.

Di bawah asuhan Arteta, Saka tampil dalam 49 pertandingan di lima kompetisi berbeda. Dari jumlah itu, pemain berkebangsaan Inggris itu sudah mencetak tujuh gol dan 10 assist.

6 dari 7 halaman

Granit Xhaka (51 Penampilan)

FOTO: Nafsu Menjegal Lawan di Pertandingan
Pemain Arsenal Granit Xhaka (kiri) dan David Luiz (kanan) menghadang laju pemain Newcastle United dalam lanjutan pertandingan Liga Inggris. (Foto: AFP/Pool/Adam Davy)

Pemain Arsenal yang paling sering dimainkan Mikel Arteta adalah Granit Xhaka. Pemain asal Swiss itu menjadi andalan di lini tengah The Gunners.

Di bawah kepemimpinan Arteta, Xhaka sudah tampil dalam 51 pertandingan di lima kompetisi berbeda. Sebagai gelandang, Xhaka mengemas dua gol serta dua assist.

Mantan pemain Basel itu sudah memperkuat Arsenal sejak tahun 2016. Xhaka merupakan salah satu pemain The Gunners yang penampilannya meningkat pesat di bawah Arteta.

Sumber asli: Transfermarkt

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 3/2/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Ada Fernando Torres, Ini 4 Pemain Mahal Tapi Gagal Total di Chelsea