5 Pencetak Gol Tertua di Manchester United, Usia Hanya Sebatas Angka

Oleh Ario Yosia pada 04 Feb 2021, 11:10 WIB
Diperbarui 04 Feb 2021, 11:10 WIB
Manchester United - Paul Scholes, Ryan Giggs, Bryan Robson
Manchester United - Paul Scholes, Ryan Giggs, Bryan Robson (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Manchester United merupakan merupakan tim tersukses dalam sejarah Premier League. Hegemoni United tentunya tak lepas dari deretan pemain top yang mereka miliki dari masa ke masa.

Di era sekarang, sosok Marcus Rashford menjadi tulang punggung Setan Merah. Ia sangat diandalkan timnya dalam urusan mencetak gol. Rashford sampai sejauh ini sudah mencetak 83 gol untuk Manchester United. Torehan itu dicatatkannya dari 248 pertandingan di semua kompetisi.

Rashford hanyalah satu di antara banyaknya pemain muda yang mampu mencetak gol untuk MU. Bahkan, ia termasuk dalam jajaran pemain muda tersubur United.

Menengok ke belakang sejenak, ada beberapa pemain Setan Merah yang sudah tidak muda lagi, tetapi masih mampu menciptakan gol.

Berikut ini lima pencetak gol tertua dalam sejarah Manchester United.

2 dari 7 halaman

Bill Foulkes

Bill Foulkes adalah salah satu pemain Manchester United yang selamat dalam Tragedi Munich tahun 1958. Ia memperkuat Setan Merah antara 1951 sampai 1970.

Foulkes berhasil mencatatkan 688 penampilan besama Manchester United di semua kompetisi. Ia juga memenangkan empat gelar First Division, satu Piala FA, dan satu Piala Eropa.

Meskipun tidak produktif dalam urusan mencetak gol, Foulkes menjadi salah satu pemain tertua yang mampu mencetak gol untuk Setan Merah. Saat itu, ia mencetak gol ke gawang Real Madrid di ajang Piala Eropa dalam usia 36 tahun 4 bulan 10 hari.

3 dari 7 halaman

Laurent Blanc

Bek Hebat Manchester United
Laurent Blanc, pemain asal Prancis ini memperkuat lini pertahanan Old Trafford pada tahun 2001-2003.(AFP/Robin Parker)

Laurent Blanc dikenal sebagai bek yang tangguh di lini belakang. Ia kerap mencetak gol untuk timnya, termasuk Manchester United .

Saat membela Setan Merah, Blanc mencetak gol melalui sundulan saat menghadapi Olympiakos di ajang Liga Champions 2002/2003. Gol tersebut membantu United menang 3-2.

Blanc mencetak gol tersebut saat berusia 36 tahun 11 bulan 4 hari. Total selama membela Setan Merah, Blanc mencetak empat gol dari 75 penampilan di semua kompetisi.

4 dari 7 halaman

Bryan Robson

Kapten Manchester United
1. Bryan Robson (1982-1994), mungkin banyak pemain MU lain yang meraih gelar lebih banyak dari yang dihasilkan gelandang asal Inggris ini. Namun dirinya merupakan simbol inspirasi kebangkitan Setan Merah. (www.whoateallthepies.tv)

Bryan Robson dikenal sebagai gelandang yang cukup produktif. Ia berhasil mencetak banyak gol selama bermain untuk Manchester United.

Salah satu gol Robson tercipta saat MU menghadapi Oldham Athletic di ajang Piala FA 1993/1994. Gol tersebut membantu United menang 4-1.

Robson mencetak gol ketiga Setan Merah dalam pertandingan yang berlangsung di Maine Road tersebut. Ketika itu, Robson berusia 37 tahun 3 bulan 2 hari.

5 dari 7 halaman

Paul Scholes

Paul Scholes
Paul Scholes (Andrew Yates/AFP)

Paul Scholes merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Manchester United. Ia juga tercatat sebagai salah satu pencetak gol tertua Setan Merah.

Situasi itu terjadi saat Manchester United menghadapi Wigan pada ajang Premier League musim 2012/2013. Saat itu, Setan Merah menang dengan skor 4-0.

Dalam pertandingan itu, Scholes mencetak gol pertama Setan Merah pada menit ke-51 setelah memanfaatkan umpan Nani. Menariknya, Scholes mencetak gol tersebut saat berusia 37 tahun 9 bulan 30 hari.

6 dari 7 halaman

Ryan Giggs

FOTO: 10 Besar Para Loyalis Penampil Terbanyak di Liga Champions
Ryan Giggs, total penampilan di Manchester United sebanyak 141 laga. Setelah pensiun sebagai pemain pada 2014, pada tahun yang sama menjadi asisten pelatih Louis van Gaal di Tim Setan Merah hingga 2016. (AP Photo/Adam Butler)

Berbicara Manchester United, tak lengkap rasanya jika tidak membicarakan Ryan Giggs. Pemain yang berposisi sebagai winger itu memperkuat Setan Merah hingga usia 40 tahun.

Selama bermain di Old Trafford, Giggs mampu mencetak banyak gol. Ia tercatat mengoleksi 162 gol dari 930 pertandingan di semua kompetisi.

Salah satu gol Giggs tercipta saat menghadapi Queen Park Rangers pada ajang Premier League musim 2012-2013. Saat itu, Giggs mencetak gol pada usia 39 tahun 2 bulan 25 hari.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga Deta, Published 3/2/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓
Manchester City Incar Jack Grealish