Deretan Klub dan Pemain yang Nanggok di Bursa Transfer Paruh Musim Liga Inggris 2020-2021

Oleh Ario Yosia pada 05 Feb 2021, 11:50 WIB
Diperbarui 05 Feb 2021, 11:50 WIB
Premier League - Ilustrasi Piala Premier League
Premier League - Ilustrasi Piala Premier League (Bola.com/Adreanus Titus)

Bola.com, Jakarta - Bursa transfer musim dingin Januari 2021 di Premier League telah ditutup dengan mencuatkan sejumlah transaksi. Bursa transfer musim dingin kali ini tak terlalu aktif seperti biasanya. Hal ini bisa dimaklumi karena adanya pandemi virus corona.

Namun demikian masih ada sejumlah pergerakan yang dilakukan beberapa klub Liga Inggris yang cukup besar. Meskipun, tak melibatkan pembelian secara permanen.

Beberapa klub memilih untuk mengambil opsi meminjam pemain saja ketimbang membeli secara permanen. Di antaranya perekrutan Ozan Kabak di Liverpool. Lalu perekrutan Martin Odegaard di Arsenal.

Namun tak cuma membeli, beberapa klub juga menggunakan kesempatan di bulan Januari ini untuk melepas beberapa pemain yang tak mereka inginkan. Sebut saja Shkodran Mustafi di Arsenal juga.

Jadi, dari bursa transfer Januari 2021 ini, siapa saja pihak-pihak yang bisa disebut sebagai pemenang?

2 dari 7 halaman

Arsenal

Martin Odegaard
Arsenal resmi meminjam Martin Odegaard dari Real Madrid sampai akhir musim 2020-2021. (dok. Arsenal)

Arsenal akhirnya bisa bernafas dengan lega pada Januari ini. Sebab beban berat terlepas dari pundak mereka.

Mikel Arteta berhasil melepas pemain yang tak masuk dalam rencananya. Mereka adalah Mesut Ozil, Sead Kolasinac, Shkodran Mustafi, dan Sokratis Papastathopoulos. Khusus Ozil, kepergiannya tentu meringankan beban gaji klub.

Beberapa pemain muda juga ia lepas dengan status pinjaman. Seperti William Saliba, Joe Willock, dan Ainsley Maitland-Niles.

Namun mereka juga berhasil mendapat pengganti yang bagus. Arsenal berhasil memboyong Martin Odegaard dari Real Madrid meski cuma dengan status pinjaman. Lalu mereka juga mendapat kiper anyar yakni Mat Ryan.

Dengan demikian, Mikel Arteta kini tentu makin senang. Sebab Arsenal mulai terbentuk sesuai visinya.

3 dari 7 halaman

Ben Davies

Ben Davies
Ben Davies, rekrutan anyar Liverpool. (Dok. Liverpool)

Di sepanjang kariernya ia cuma berkutat di tim gurem. Dan pada pertengahan musim ini kontrak Ben Davies di Preston North End segera berakhir.

Ia sebenarnya sudah nyaris pindah ke Skotlandia. Di sana sudah ada tim besar Celtic yang menunggunya.

Namun nasib mujur menghinggapi pemain 25 tahun tersebut. Liverpool meminatinya di hari-hari terakhir bursa transfer musim dingin Januari 2021.

Sebab Liverpool sedang krisis bek tengah. Pada akhirnya Davies merapat ke Anfield dengan biaya sekitar dua juta pounds.

Kini alih-alih bermain di Liga Skotlandia, Davies bisa bermain dengan Liverpool di level tertinggi sepak bola Inggris. Ia bisa dianggap sangat beruntung.

4 dari 7 halaman

West Brom

Laga Keras, West Brom Tumbang oleh Brentford di Piala Inggris
Striker West Brom, Robson-Kanu, berebut bola dengan bek Brentford, Charlie Goode, dalam laga Piala Inggris di venue The Hawthorns, Rabu (23/9/2020) dini hari WIB. West Brom kalah 6-7 atas Brentford lewat adu penalti. (AFP/Carl Recine/pool)

West Brom sekarang berada di jurang degradasi. Mereka kini berada di posisi 19 klasemen sementara

Premier League dengan raihan 12 poin saja dari 22 laga. Mereka terpaut dua angka saja dari Fulham yang ada di posisi 18 dan 10 angka dari Burnley yang ada di posisi 17.

The Baggies tentu enggan terdegradasi. Mereka akan berusaha untuk bangkit dan oleh karena itu mereka butuh tambahan amunisi baru.

Tim asuhan Sam Allardyce itu pun berhasil memboyong pemain baru. Tak cuma satu tapi lima sekaligus pada bursa transfer Januari 2021 ini.

Mereka berhasil memboyong Robert Snordgrass dari West Ham. Mereka juga memboyong Mbaye Diagne (Galatasaray) dengan status pinjaman.

Lalu ada Okay Yokuslu (Celta Vigo) dan Ainsley Maitland-Niles yang dipinjam dari Arsenal. Demikian juga di sektor kiper mereka berhasil memboyong Andy Lonergan.

Sekarang tinggal tergantung pada Sam Allardyce untuk meracik taktik terbaik bagi West Brom agar bisa meloloskan diri dari jerat degradasi.

5 dari 7 halaman

Josh King

Josh King, pemain Bournemouth yang sempat memperkuat Manchester United
Josh King, pemain Bournemouth yang sempat memperkuat Manchester United (excesssport.com)

Sebelumnya Josh King sempat dikaitkan dengan Manchester United. Akan tetapi ia akhirnya tetap bertahan di Burnemouth.

King pun akhirnya gagal membawa Bournemouth bertahan di Premier League. Penderitaannya makin bertambah, pasalnya di divisi Championship ia gagal menunjukkan tajinya.

Ia sempat menjalani 12 laga tanpa bisa mencetak satu gol sekalipun. Pada akhirnya Bournemouth memutuskan untuk menjualnya. Mereka tak ingin kehilangan servisnya secara gratis karena kontraknya dengan The Cherries akan berakhir enam bulan lagi.

Dan ternyata pemain berusia 29 tahun tersebut masih memiliki banyak peminat. Pada akhirnya ia memilih gabung dengan Everton dan bermain di bawah asuhan manajer sekaliber Carlo Ancelotti.

6 dari 7 halaman

Ozan Kabak

FOTO: Aksi Memukau Ozan Kabak, Bek Muda Potensial Harapan Baru Lini Pertahanan Liverpool
Manajemen The Reds menyatakan semua proses transfer Kabak sudah selesai dan sang pemain akan tiba di Liverpool pada akhir pekan ini. (AFP/Leon Kuegeler)

Ozan Kabak merupakan salah satu bek muda terbaik di Eropa saat ini. Namun ia berada dalam situasi yang sangat sulit.

Sebab musim ini Schalke begitu ambyar. Tim Bundesliga tersebut mengalami kesulitan finansial.

Hal tersebut berujung pada performa para pemain di lapangan. Schalke sekarang merupakan tim terburuk di Bundesliga dan menempati posisi paling buncit di klasemen liga Jerman.

Schalke hampir pasti akan terdegradasi pada musim depan. Namun karir Kabak terselamatkan oleh Liverpool.

The Reds butuh defender tengah baru. Pemain Turki itu masuk kriteria dan akhirnya diboyong dengan status pinjaman dengan opsi permanen.

Sekarang, alih-alih pasrah bermain untuk tim yang bakal terdegaradasi, Ozan Kabak sekarang bermain dengan para pemain kelas dunia di Liverpool. Ia akan membantu The Reds bersaing mempertahankan tempat di zona empat besar Premier League.

Sumber asli: Transfermarkt, PA News Agency

Disadur dari: Bola.net (Dimas Ardi Prasetya, Published 4/2/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓