Sukses


5 Gelandang Angkut Air Termahal yang Dimiliki Chelsea, Aset Berharga The Blues Sejak Jose Mourinho Mendarat

Bola.com, Jakarta - Gelandang bertahan memiliki peran yang sangat penting dalam sepak bola. Mereka mempunyai tugas utama memutus serangan lawan dan kemudian membangun transisi permainan dari bertahan ke menyerang.

Chelsea adalah klub Premier League yang sangat memperhatikan gelandang bertahan. Mereka banyak mendatangkan gelandang bertahan yang berkualitas.

Kehadiran gelandang tukang angkut air menjadi sangat penting bagi Chelsea, semenjak Jose Mourinho tiba medio 2000-an. Dengan formasi 4-2-3-1 Chelsea meraih banyak gelar, dengan menghadirkan sosok gelandang bertahan sebagai objek vital di lini tengah mereka.

Salah satu gelandang bertahan terbaik di Premier League saat ini adalah Declan Rice. Chelsea dikabarkan sangat berminat mendatangkan gelandang asal West Ham tersebut.

Untuk memboyong Rice ke Stamford Bridge tentu saja tidak mudah. Chelsea tentu perlu merogoh kocek yang cukup dalam.

Namun, harga mahal sepertinya bukan masalah buat Chelsea. Pasalnya, The Blues sebelumnya sudah sering mengeluarkan dana yang besar untuk mendatangkan gelandang bertahan.

Siapa saja gelandang bertahan paling mahal yang pernah dibeli Chelsea? Berikut ini lima pemain yang berada di posisi teratas.

2 dari 7 halaman

Claude Makelele

Chelsea memboyong Claude Makelele pada musim 2000/2001. Gelandang Prancis itu didatangkan dari Real Madrid dengan harga sebesar 20 juta euro.

Makelele membela Chelsea selama delapan musim. Mantan pemain Marseille itu mampu meraih kesuksesan selama berada di Stamford Bridge.

Makelele berhasil memenangkan dua gelar Premier League. Ia mencatatkan 217 penampilan bersama The Blues sebelum melanjutkan kariernya di PSG.

3 dari 7 halaman

Nemanja Matic

Setelah dilepas ke Benfica, Chelsea memulangkan Nemanja Matic pada musim 2013/2014. Ketika itu gelandang asal Serbia tersebut ditebus sebesar 25 juta euro.

Matic berhasil meraih kesuksesan pada kesempatan kedua bersama klub London tersebut. Ia menjuarai dua gelar Premier League, satu FA Cup dan satu Piala Liga bersama The Blues.

Mantan pemain Vitesse ini bertahan di Stamford Bridge hingga 2016/2017 sebelum hengkang ke Manchester United. Bersama Chelsea, Matic tampil dalam 154 pertandingan.

4 dari 7 halaman

Michael Essien

Michael Essien pindah ke Chelsea dengan biaya 38 juta euro pada musim 2005/2006. Jose Mourinho menjadi orang yang membawa pemain asal Ghana itu ke Stamford Bridge.

Essien mampu menunjukkan performa yang mengesankan saat di Chelsea. Ia berhasil mengantarkan The Blues meraih sembilan gelar.

Mantan pemain Lyon itu memperkuat Chelsea sampai tahun 2013/2014. Ia mencatatkan 256 penampilan dengan torehan 25 gol dan 18 assist sebelum meninggalkan The Blues.

5 dari 7 halaman

Tiemoue Bakayoko

Chelsea membeli Tiemoue Bakayoko dari AS Monaco pada musim 2017/2018. Saat itu The Blues harus mengeluarkan 40 juta euro untuk memboyong sang pemain ke Stamford Bridge.

Meski sudah ditebus dengan harga mahal, Bakayoko tak berhasil menembus tim inti Chelsea. Dalam tiga musim terakhir, Bakayoko selalu dipinjamkan ke berbagai klub.

Bakayoko saat ini bermain di Serie A bersama Napoli. Pemain berusia 26 tahun tersebut sudah mencatatkan 25 pertandingan untuk Partenopei musim ini.

6 dari 7 halaman

Jorginho

Jorginho didatangkan Maurizio Sarri ke Chelsea pada musim 2018/2019. Ia diboyong The Blues dari Napoli dengan biaya 57 juta euro.

Jorginho sukses membawa Chelsea meraih juara Liga Europa pada musim pertamanya di Stamford Bridge. Ia juga berhasil mengantarkan The Blues tampil di final FA Cup dan Piala Liga.

Meski Sarri sudah meninggalkan Chelsea, gelandang 28 tahun ini masih menjadi pemain penting di klub. Sampai sejauh ini Jorginho sudah mencatatkan 119 penampilan dengan torehan 14 gol dan tiga assist.

Sumber asli: Berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Aga deta, Published 5/2/2021)

7 dari 7 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer