Sukses


6 Pemain Asal Klub Gurem yang Cemerlang di Liverpool, Ben Davies Bisa Menyusul Enggak Nih?

Bola.com, Jakarta - Liverpool mengambil langkah strategis pada hari terakhir bursa transfer Januari 2021 untuk mengatasi krisis bek. The Reds memboyong tengah baru bernama Ben Davies.

Selain mendatangkan Ben Davies dari Preston North End, Liverpool juga meminjam Ozan Kabak dari Schalke.

Perekrutan Ben Davies banyak menimbulkan tanda tanya di kalangan penggemar Liverpool. Sang bek belum pernah bermain di Premier League, sehingga dinilai bakal flop di Anfield.

Namun Davies tidak perlu berkecil hati. Dalam sejarah Liverpool, ada beberapa pemain yang berasal dari klub kecil justru bersinar di skuat The Reds.

Siapa saja mereka? Berikut ini lima di antaranya. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 7 halaman

1. Joe Gomez

Nama pemain asal klub kecil berikutnya yang bersinar di Liverpool adalah Joe Gomez. Gomez direkrut Liverpool dari Chalton Athletic pada 2015.

Pada saat itu ia disebut-sebut sebagai salah satu bek muda potensial yang dimiliki Chalton.

Meski dua musim perdananya di Liverpool tidak berjalan mulus karena kerap mengalami cedera, sang bek berkembang menjadi salah satu bek tengah terbaik The Reds dan tandem yang apik bagi Virgil van Dijk.

 

3 dari 7 halaman

2. Andrew Robertson

Pemain yang bersinar di Liverpool meski berasal dari klub kecil adalah Andy Robertson. Sang bek direkrut Liverpool dari Hull City pada tahun 2017. The Tigers saat itu bermain di Championship.

Pada awalnya banyak yang meragukan kemampuan Robertson, namun bek asal Skotlandia itu sukses membuktikan bahwa ia adalah salah satu bek kiri terbaik EPL dalam tiga tahun terakhir.

 

4 dari 7 halaman

3. Daniel Agger

Pada 2006, Liverpool sempat membuat kejutan. Mereka mendatangkan seorang bek yang berasal dari klub Denmark, Brondby, yaitu Daniel Agger.

Agger yang pada saat itu berusia 21 tahun hanya tampil empat kali di musim perdananya bersama Liverpool. Jadi banyak yang meragukan Agger akan sukses di The Reds.

Namun nyatanya sang bek menghabiskan sembilan tahun kariernya bersama Liverpool dan menjadi salah satu bek tengah andalan The Reds pada masa itu. Ia juga menjadi salah satu pemain kesayangan para fans Liverpool.

 

5 dari 7 halaman

4. Sami Hyypia

Salah satu pemain terbaik dalam sejarah Liverpool yang berasal dari klub kecil adalah Sami Hyypia.

Hyppia direkrut Liverpool dari klub Belanda, Willem II pada 2009. Pada saat itu ia direkomendasikan ke Liverpool oleh seorang kameramen TV, bukan seorang pemandu bakat.

Sempat dikira bakal jadi pemain flop, Hyppia malah tumbuh menjadi bek yang tangguh bagi The Reds. Ia langsung menjadi starter reguler sejak musim perdananya dan menghabiskan 10 tahun kariernya bersama The Reds.

 

6 dari 7 halaman

5. Danny Murphy

Salah satu pemain yang berasal dari klub kecil namun bersinar di Liverpool adalah Danny Murphy. Murphy direkrut Liverpool pada 1997. Ia diboyong dari Crewe Alexandra, tim yang bermain di divisi tiga Inggris.

Pada awalnya tidak ada banyak ekspektasi pada Murphy. Namun perlahan tapi pasti ia berhasil menjadi salah satu pemain kunci di posisi gelandang tengah The Reds.

 

7 dari 7 halaman

6. Rob Jones

Danny Murphy bukan satu-satunya pemain Crewe yang dicaplok Liverpool. Ada pemain lainnya yaitu Rob Jones.

Jones sendiri direkrut Liverpool dari Crewe pada 1991. Pada saat itu Crewe masih bermain di divisi empat Liga Inggris, setelah Graeme Souness tidak sengaja melihatnya tampil apik bersama Crewe.

Meski sempat banyak Kopites meragukan kemampuannya, Jones tampil cukup apik selama sembilan musim bersama The Reds.

Sumber asli: berbagai sumber

Disadur dari: Bola.net (Penulis Serafin Unus Pasi, published 9/2/2021)

Video Populer

Foto Populer