Raut Wajah Jadi Sorotan Saat Manchester United Hadapi West Ham United di Piala FA, Ada Apa Donny van de Beek?

Oleh Benediktus Gerendo Pradigdo pada 10 Feb 2021, 16:00 WIB
Diperbarui 10 Feb 2021, 16:00 WIB
Manchester United Dipermalukan Crystal Palace di Old Trafford
Pemain Manchester United, Donny van de Beek, membawa bola usai mencetak gol ke gawang Crystal Palace pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Sabtu (19/9/2020). Setan Merah takluk dengan skor 1-3. (Richard Heathcote/Pool via AP)

Bola.com, Jakarta - Manchester United memang berhasil meraih kemenangan 1-0 atas West Ham United dalam putaran kelima Piala FA, Rabu (10/2/2021) dini hari WIB. Namun, sorotan negatif diberikan oleh pandit sepak bola Inggris, Jermaine Jenas, terhadap gelandang The Red Devils, Donny van de Beek.

Manchester United meraih kemenangan dengan susah payah. Mereka harus bermain sampai ke babak tambahan hingga akhirnya Scott McTominay memecah kebuntuan pada menit ke-97 dengan memaksimalkan umpan dari Marcus Rashford.

Dalam pertandingan tersebut, Ole Gunnar Solskjaer memainkan Donny van de Beek sebagai playmaker sejak awal pertandingan. Namun, pemain asal Belanda itu akhirnya digantikan oleh Bruno Fernandes pada menit ke-73.

Jermaine Jenas mengkritik performa Donny van de Beek yang sudah dipercaya bermain sejak awal pertandingan yang dijalani Manchester United. Jenas menilai ada rasa tidak percaya diri yang tergambar dari raut wajah Van de Beek.

"Raut wajahnya, yang baru saja saya lihat, merangkum cara dia bermain. Ada sedikit rasa takut dan kurangnya ritme," ujar Jermaine Jenas kepada BBC Sport.

"Sejujurnya saya tidak merasa itu salah Van de Beek. Ia adalah seorang profesional yang melakukan segalanya. Tapi, ketika Anda tidak bermain pada sistem yang diinginkan, itu tidak akan memperlihatkan siapa Anda," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Bukan Bruno Fernandes

Donny van de Beek dan 5 Pemain Asal Belanda di Manchester United
6. Donny van de Beek - Donny van de Beek adalah satu-satunya pemain Belanda yang ada di skuad Manchester United pada musim ini. Gelandang berusia 23 tahun ini didatangkan dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas. (AFP/Matt Dunham/pool)

Jermaine Jenas meminta suporter Manchester United tidak menaruh harapan terlalu tinggi kepada Donny van de Beek. Menurutnya, eks pemain Ajax itu tidak bisa dibandingkan dengan sosok Bruno Fernandes.

"Saya rasa, Van de Beek masih memikirkan apa yang bisa dilakukan di Manchester United," kata Jenas.

"Saya ingin melihat dia meminta bola. Mungkin, dia bisa melepas tendangan, alih-alih mengumpan kembali atau ke samping. Itu bukan yang United inginkan darinya, ini masalah," kata eks pemain Tottenham itu.

Sumber: BBC Sport

Disadur dari: Bola.net (Asad Arifin, published 10/2/2021)

3 dari 3 halaman

Video

Lanjutkan Membaca ↓